Media Pembelajaran benda asli

Pembelajaran dengan media benda asli.

Pentingnya Perangkat pembelajaran

pentingnya perangkat pembelajaran.

Awas!sesi belajar ini membuat 90% siswa bernafsu

awas!! sesi belajar ini membuat siswa semakin bernafsu.

Mengatasi tekanan sebaya (peer presure)

cara mengatasi tekanan sebaya (peer presure) sebagai sebuah langkah penunjang proses belajar.

Penggunaan public speaking dalam pembelajaran

walaupun tidak seluruh guru melupakan public speaking tetapi mayoritas guru tidak mengindahkannya.

Sunday, August 31, 2014

Bagaimana Cara membuat skripsi dalam bahasa inggris

Membuat skripsi dalam bahasa inggris sebenarnya mudah. Tapi itu hanya berlaku bagi mahasiswa yang pintar bahasa inggris.
Sementara bagi yang tidak menguasai bahasa inggris hal tersebut tentu terasa sulit. Tapi tak perlu khawatir, dimana ada kemauan disitu ada jalan. 

Nah, kali ini penulis akan mencoba share cara membuat skripsi dalam bahasa inggris khusus nya bagi rekan-rekan mahasiswa yang yang memiliki kemampuan terbatas dalam berbahasa inggris.

 1. Siap kan outline skripsi anda

Seperti contoh outline di bawah ini

 

2. Siap kan skripsi yang akan di ubah dalam bahasa inggris (dokumen word)

Persiapkan terlebih dahulu skripsi yang akan anda ubah. Jika anda belum membuatnya sebaiknya ada buat dulu konsepnya dalam bahasa indonesia. Jika sudah fix dapat langsung di ubah ke dalam bahasa inggris.

3. Langkah selanjutnya adalah conversi data skripsi anda pada google translate.

Untuk merubah data skripsi anda yang masih bahasa indonesia. Anda butuh alat bantu untuk mengkonversi menjadi bahasa inggris. Tapi sangat berat jika anda melakukannya dengan manual ( translate pake kamus). Dalam hal ini saya merekomendasikan google translate sebagai alat bantu anda. Karena selain gratis, google translate juga dapat mengkonversi data dalam jumlah banyak. Yang artinya adalah anda gak perlu repot buka kamus atau kursus bahasa inggris terlebih dahulu. Yang perlu dilakukan hanya tinggal meng copy data skripsi kemudian di paste di google translate. Dan dalam sekejap data anda sudah berubah ke dalam bentuk bahasa inggris.

4. Finishing

Proses finishing inilah yang lumayan memakan waktu anda. Finishing yang dimaksud adalah melakukan proses editing pada hasil konversi google translate. Ya... seperti yang kita ketahui, bahwa kelemahan google translate adalah pada gramatical. Artinya hasil konversi tidak sepenuhnya sesuai dengan tata bahasa yang benar. Bahkan beberapa kata tak bisa di translate ke dalam bahasa inggris. Nah, inilah masalah yang harus anda selesaikan. Pada proses ini anda bisa minta bantuan teman atau orang yang paham tentang grammar/tenses untuk melakukan cross cek ulang terhadap tata bahasa (grammar) dari hasil konversi.

Sebenarnya jika anda menguasai tenses. Proses finishing tidaklah sulit. Dalam 2-3 hari saja skripsi anda pasti sudah siap untuk di ajukan.

 

Semoga bermanfaat

Friday, August 29, 2014

Rumusan isi Pancasila dan teks Pancasila

Pancasila dirumuskan dalam sebuah badan yang disebut BPUPKI. Secara berkelanjutan dan bertahap akhirnya rumusan pancasila pun terbentuk. Jika kita tarik garis waktu perumusan. Maka dapat kita lihat seperti kronologi di bawah ini

 

Rumusan 1 : Piagam jakarta 22 juni 1945

Rumusan 2 : Pembukaan undang-undang dasar 18 agustus 1945

Rumusan 3 : Mukadimah konstitusi RIS 27 desember 1949

Rumusan 4 : Mukadimah undang-undang sementara 15 agustus 1950

Rumusan 5 : dekrit presiden 5 juli 1959

 

Akhirnya pancasila dan UUD 1945 resmi digunakan sebagai dasar negara hingga saat ini.

 

                                    ISI TEKS PANCASILA

  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA

  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB

  3. PERSATUAN INDONESIA

  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN

  5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

Makna Hari kesaktian Pancasila

Tanggal 1 oktober diperingati sebagai Hari kesaktian pancasila dan ini berawal dari sejarah yang terjadi Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

makna hari kesaktian pancasila

 

Terlepas dari berbagai perbedaan pendapat tentang sejarah diatas. Saya pribadi memaknai peringatan tersebut sebagai sebuah upaya refleksi pribadi. Siapapun tentu tahu bahwa pancasila memang merupakan ideologi paling cocok bagi bangsa ini. Terlebih bagi suatu negara dengan ribuan keragaman. Tetapi kenyataan nya peringatan tersebut terkadang hanya sebatas ceremonial semata. Dimana korupsi merebak dimana-mana, kolusi dan nepotisme bahkan ada di semua bidang. Oknum-oknum jahat terus saja tercetak dalam dunia pemerintahan.

Bagi saya, pancasila tidak hanya menyatukan keragaman tetapi juga harus bisa menimbulkan kesadaran Bahwa kita juga adalah keluarga, dan sesama keluarga tak boleh ada kecurangan, tak boleh ada pertengkaran, tak boleh ada saling gigit, tak boleh ada saling injak dan tak boleh ada saling menipu. Kita sama-sama orang indonesia. Kita maju bersama, berusaha bersama, saling topang, saling mendukung dan saling membantu.

Makna hari kesaktian pancasila mestinya tak hanya sebatas upacara atau bentuk perayaan lainnya. Tapi harus berbentuk action(tindakan nyata) dan teraplikasi dalam hari-hari yang kita jalani demi satu tujuan, yaitu "kejayaan bangsa indonesia". Dan kejayaan hanya bisa diraih melalui perubahan. Perubahan yang dimulai oleh individu masing-masing (diri sendiri). Bukan perubahan yang ditundingkan untuk orang lain.

Selamat hari kesaktian pancasila. Maju terus indonesiaku.

Thursday, August 28, 2014

Landasan filosofis, teoritis dan yuridis kurikulum 2013

A. Landasan filosofis 
dalam pengembangan kurikulum menentukan kualitas peserta didik yang akan dicapai kurikulum, sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, penilaian hasil belajar, hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya.

Kurikulum 2013 dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi pengembangan seluruh potensi peserta didik menjadi manusia Indonesia berkualitas yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. 

kurikulum 2013


Pada dasarnya tidak ada satupun filosofi pendidikan yang dapat digunakan secara spesifik untuk pengembangan kurikulum yang dapat menghasilkan manusia yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut, Kurikulum 2013 dikembangkan menggunakan filosofi sebagai berikut.

1. Pendidikan berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Pandangan ini menjadikan Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan budaya bangsa Indonesia yang beragam, diarahkan untuk membangun kehidupan masa kini, dan untuk membangun dasar bagi kehidupan bangsa yang lebih baik di masa depan. Mempersiapkan peserta didik untuk kehidupan masa depan selalu menjadi kepedulian kurikulum, hal ini mengandung makna bahwa kurikulum adalah rancangan pendidikan untuk mempersiapkan kehidupan generasi muda bangsa. Dengan demikian, tugas mempersiapkan generasi muda bangsa menjadi tugas utama suatu kurikulum. Untuk mempersiapkan kehidupan masa kini dan masa depan peserta didik, Kurikulum 2013 mengembangkan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan luas bagi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan di masa kini dan masa depan, dan pada waktu bersamaan tetap mengembangkan kemampuan mereka sebagai pewaris budaya bangsa dan orang yang peduli terhadap permasalahan masyarakat dan bangsa masa kini.

2. Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif. Menurut pandangan filosofi ini, prestasi bangsa di berbagai bidang kehidupan di masa lampau adalah sesuatu yang harus termuat dalam isi kurikulum untuk dipelajari peserta didik. Proses pendidikan adalah suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi kemampuan berpikir rasional dan kecemerlangan akademik dengan memberikan makna terhadap apa yang dilihat, didengar, dibaca, dipelajari dari warisan budaya berdasarkan makna yang ditentukan oleh lensa budayanya dan sesuai dengan tingkat kematangan psikologis serta kematangan fisik peserta didik. Selain mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan cemerlang dalam akademik, Kurikulum 2013 memposisikan keunggulan budaya tersebut dipelajari untuk menimbulkan rasa bangga, diaplikasikan dan dimanifestasikan dalam kehidupan pribadi, dalam interaksi sosial di masyarakat sekitarnya, dan dalam kehidupan berbangsa masa kini.

3. Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik melalui pendidikan disiplin ilmu. Filosofi ini menentukan bahwa isi kurikulum adalah disiplin ilmu dan pembelajaran adalah pembelajaran disiplin ilmu (essentialism). Filosofi ini mewajibkan kurikulum memiliki nama matapelajaran yang sama dengan nama disiplin ilmu, selalu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kecemerlangan akademik. 

4. Pendidikan untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik (experimentalism and social reconstructivism). Dengan filosofi ini, Kurikulum 2013 bermaksud untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi kemampuan dalam berpikir reflektif bagi penyelesaian masalah sosial di masyarakat, dan untuk membangun kehidupan masyarakat demokratis yang lebih baik.


Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan filosofi sebagaimana di atas dalam mengembangkan kehidupan individu peserta didik dalam beragama, seni, kreativitas, berkomunikasi, nilai dan berbagai dimensi inteligensi yang sesuai dengan diri seorang peserta didik dan diperlukan masyarakat, bangsa dan ummat manusia.

B. Landasan Teoritis

Kurikulum 2013 dikembangkan atas teori “pendidikan berdasarkan standar” (standard-based education), dan teori kurikulum berbasis kompetensi (competency-based curriculum). Pendidikan berdasarkan standar menetapkan adanya standar nasional sebagai kualitas minimal warganegara yang dirinci menjadi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Kurikulum berbasis kompetensi dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas-luasnya bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan untuk bersikap, berpengetahuan, berketerampilan, dan bertindak.

Kurikulum 2013 menganut: (1) pembelajaan yang dilakukan guru (taught curriculum) dalam bentuk proses yang dikembangkan berupa kegiatan pembelajaran di sekolah, kelas, dan masyarakat; dan (2) pengalaman belajar langsung peserta didik (learned-curriculum) sesuai dengan latar belakang, karakteristik, dan kemampuan awal peserta
didik. Pengalaman belajar langsung individual peserta didik menjadi hasil belajar bagi dirinya, sedangkan hasil belajar seluruh peserta didik menjadi hasil kurikulum.



C. Landasan Yuridis

Landasan yuridis Kurikulum 2013 adalah:

1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
2. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka    Panjang Nasional, beserta segala ketentuan yang dituangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional; dan
4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Wednesday, August 27, 2014

Manfaat Berkemah

Berkemah ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi para siswa. Terlebih bagi para anak mami ( sebutan bagi anak manja). Hahahahahaha.

Dan jika proses berkemah dijalani dengan prosedur yang benar, maka akan membentuk kepribadian yang mandiri, teguh dan disiplin.

 

 

Dan output yang dihasilkan juga bisa bertahan lama. Bahkan akan menjadi kenangan yang paling indah loh...... di masa tua. Baiklah langsung aja yuk kita bahas sama-sama manfaat nya .

 

  1. Membentuk kedisiplinan

Sebagai peserta kemah, siapapun orang nya pasti akan tunduk dibawah aturan. Gimana gak begitu, ada kakak-kakak senior dan pelatih yang siap marah dan super cerewet. Di saat kita berkemah pasti selalu saja ada yang ngomel, jangan begini, jangan begitu.......bahkan ada yang seperti hansip. Selalu aja kontrol kebersihan tenda dan keadaan peserta. Hehehehehe. Maaf ya kakak.

Tapi entah kenapa, justru dengan begitu kita menjadi disiplin. Kita begitu menghargai waktu, menghargai makanan bahkan sangat hati-hati dalam melangkah. Dan walaupun proses tersebut hanya beberapa hari saja, tetapi sikap disiplin tersebut seolah membekas di hati.

 

  1. Membentuk sikap saling menghargai dan sopan santun

Yang pernah ikut berkemah pasti ngerasaain apa itu "menghargai". Kita di tuntut untuk saling menghargai sesama peserta, terlebih lagi para panitia. Berbeda dalam keseharian kita. Hari-hari berkemah terasa seperti di daerah pedesaan yang satu sama lain harus saling bertegur sapa. Dengan sebutan yang layak. "Selamat pagi kakak", " hi!  teman-teman", bahkan ada kakak yang iseng nyuruh tegor benda mati. " halo!!! Rerumputan". Tapi justru itulah yang membuat kita sadar bahwa sikap saling menghargai itu memang penting banget dalam kehidupan kita.

 

  1. Membentuk keterikatan emosional

Keterikatan emosional yang dimaksud dalam artian positif ya. Bukan yang dalam bentuk pacar-pacaran. Di saat berkemah entah kenapa, pasti kita merasa teman itu dewa penolong. Mau pipis...takut pasti minta di temenin teman, malem-malem laper pasti nanya ke teman "ada makanan ringan gak", pokoknya semua serba teman. Ya mungkin karena merasa senasib kali ya. Jadi klop aja.  Dan aneh nya lagi nieh ya...terkadang justru teman yang selama ini kita benci, di perkemahan justru akan berubah menjadi orang yang paling mengerti kita. Atau bahkan sebaliknya. Teman yang selama ini kita akrab banget disana akan berubah menjadi egois dan selalu bikin emosi.

 

  1. Memberi kenangan yang indah

Momen-momen berkemah pasti jadi kenangan indah hingga kamu tua. Dan terkadang justru bikin kamu cekikikan sendiri. Ya..... Kamu tau sendiri lah. Kadang ada yang kentut di dalam tenda ( buset bau nya kyk tong sampah! sobbb ), kadang ada yang cewe2 yang lirik-lirik kamu, atau hal lucu lainnya yang bikin ketawa gak bisa berhenti. Dan itu gak akan pernah bisa di lupakan.

 

Sebenarnya masih banyak sih manfaat lainnya. Bagi teman-teman yang punya tambahan. Tolong tambahkan di kolom komentar ya.........sebagai sharing mengenang momen berkemah.