AWAS!!! Sesi belajar ini membuat 90% siswa bernafsu

apakah anda pernah melihat siswa begitu bernafsu untuk belajar?
para siswa begitu bersemangat dan bergairah untuk melakukannya lagi, lagi dan lagi.
kali ini penulis akan share sedikit tentang hal tersebut.
Membuat siswa siap untuk belajar dengan berbagai hal yang menarik ternyata sangat membantu seorang guru dalam proses pembelajaran. siswa mengantuk, siswa sibuk dengan handphone nya atau sibuk ngobrol tanpa mengabaikan keberadaan guru dikelas merupakan tanda bahwa mereka sedang tidak siap untuk belajar. Jika siswa tidak siap untuk belajar. maka materi pembelajaran apapun akan sulit untuk dicerna oleh mereka. 
sesi belajar interaktif

berawal dari artikel yang menyebutkan bahwa siswa perlu dibawa dalam kondisi yang siap. Penulis berusaha merancang beberapa sesi diawal pembelajaran. Sesi ini berdurasi antara 5-10 menit. dan Hasilnya ternyata mengejutkan hampir 90 % siswa benar-benar menikmati proses pembelajaran dan begitu bernafsu untuk  mengulanginya lagi. Pada pertemuan berikutnya para siswa bahkan meminta untuk melakukan sesi ini kembali. 

dengan gaya meyakinkan penulis berkata " tentu saja anak-anak. sesi bersiap lepas landas kali ini akan lebih menyenangkan dan lebih lama dari  pertemuan minggu lalu. mau??? tapi ada syaratnya! sesi kali ini dilakukan setelah proses evaluasi. jika kalian melewati proses evaluasi ini dengan baik. maka kita mulai sesi bersiap lepasnya tetapi jika kalian tidak serius terpaksa sesi lepas landas ditunda hingga minggu depan". spontan para peserta didik menjawab"setuju pak!!!!. yuk langsung belajar aja pak. biar lebih cepat.

sesi ini  penulis beri nama "bersiap lepas landas". melalui sesi ini, siswa dibawa dalam atmosphere yang menyenangkan sekaligus menyita perhatian mereka untuk tetap konsentrasi menggunakan mata, telinga, dan seluruh indera mereka. Rekan-rekan dapat memodifikasi sesi ini dengan mudah, menyesuaikan dengan keadaan peserta didik dan kemudian mengaplikasikannya di dalam kelas. 

untuk lebih jelas silahkan meluncur langsung ke artikel sesi lepas landas
 

Komentar