Ektrakurikuler tingkatkan disiplin siswa

kedisiplinan merupakan pondasi utama suksesnya pendidikan. Disiplin terhadap waktu, disiplin terhadap proses belajar, disiplin terhadap anggaran atau disiplin terhadap apapun dalam ruang lingkup manapun. Suatu sistem akan berhasil dan optimal jika dorong oleh sikap disiplin yang membudaya. terutama bagi suatu sekolah, disiplin merupakan komponen fital yang harus di utamakan. jika suatu sekolah kurang mengutamakan kedisiplinan maka dapat dipastikan program-program sekolah akan menghasilkan nilai yang kurang signifikan. 

salah satu upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk meningkatkan kediplinan siswa adalah melalui ekstrakurikuler sekolah. entah mengapa, saya pribadi berpendapat bahwa ekstrakurikuler merupakan jembatan sekaligus solusi untuk menempa kedisiplinan siswa. bagi seorang pendidik tentu sikap disiplin merupakan sikap harus ditanamkan. dan saya merasakan bahwa lebih mudah menanamkan sikap disiplin kepada siswa yang memang aktif berorganisasi ketimbang menanamkan disiplin kepada siswa yang tidak ikut organisasi. Seorang siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seperti memiliki sikap kedewasaan yang lebih tinggi, Mereka bertanggung jawab, aktif dan energic. 
Saat mengajar merekapun rasanya sangat sejalan dengan Tujuan kurikulum berkarakter. dalam artian bahwa proses mengajar akademik dan mendidik karakter tidak  saling tumpang tindih dan terhambat. saat mengajar siswa yang tidak aktif ektrakurikuler sangat berbeda sekali. terkadang kita harus masuk ke zona dilematis antara akademik dan karakter. 
penerapan terhadap suatu metode pun sangat terasa berbeda. siswa yang aktif berorganisasi lebih cepat mengikuti berbagai instruksi atau prosedur suatu metode ketimbang siswa yang tidak aktif berorganisasi. mereka fokus pada tujuan, cepat tanggap dan aktif. 
terlepas dari sikap diskriminasi (membeda-bedakan siswa). saya pernah berdiskusi kepada seorang pembina ektrakurikuler tentang kedisiplinan dalam tubuh organisasi. Pembina tersebut menyatakan bahwa dalam tubuh organisasi yang paling diutamakan adalah disiplin. siswa yang masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler akan mendapat tempaan sikap disiplin yang lebih banyak. baik itu waktu, sikap ataupun cara. secara fisik dan mental pelatihan-pelatihan ektrakurikuler selalu bersinggungan dengan kedisiplinan. dan hal ini membentuk karakter siswa dalam kondisi yang lebih matang. para siswa yang ikut ekstrakurikuler, kemandiriannya juga ditempa, kepercayaan diri mereka juga dibina. yang pemalu menjadi percaya diri, yang penakut menjadi pemberani, yang pasif menjadi aktif, yang anak mami menjadi mandiri. Pembina tersebut juga menyatakan " lihat saja dari cara berpenampilan/memakai seragam sekolah. siswa yang ikut ektrakurikuler pasti bajunya dimasukan dengan atribut sekolah yang lengkap plus sikap yang aktif ala budaya timur (sopan)." 
diskusi pun berlanjut tentang proses pencarian jati diri para remaja yang labil. pembina tersebut menyatakan " remaja labil yang mencari jati diri cenderung meniru dan mudah terpengaruh. sedangkan dalam organisasi. semua yang ditiru adalah hal-hal yang positif. seperti : kedisiplinan, prestasi, sikap mandiri, kematangan berpikir dan sikap bertanggung jawab. " melalui kegiatan ektrakurikuler sikap labil, rasa penasaran dan ingin tahu yang besar para remaja diarahkan untuk hal-hal yang bersifat positif. menyalurkan bakat dan minat  siswa untuk kemudian meraih prestasi.

   

Komentar

  1. Pak kalo merpati putih (MP) gak termasuk ya pak !!!

    BalasHapus
  2. mungkin saya bisa mendapatkan satu perajaran dari sebuah artikel yang anda tulis, saya ucapakan banya terimakasih mungkin tidak hanya bermanfaat bagi saya akn tetapi ber manfaat untuk semua orang juga.

    kunjungan balik blog

    haturnuhun :D

    BalasHapus
  3. Terimakasih postinganya bagus dan sangat bermanfaat.
    Bicara tentang mengantri di Indonesia masih sangat sulit didisiplinkan, sehingga diperlukan alat atau pembatas antrian sehingga tidak melebar dan tidak terkendali.
    Kami siap membantu anda dalam memenuhi kebutuhan tiang antrian, silahkan cek Koleksi Tiang Antrian Murah

    BalasHapus

Posting Komentar