Cara membuat skripsi bab II


skripsi bab II merupakan bagian yang lebih dari cukup untuk membuat bagian kepala (otak) berputar-putar tak menentu. Kali ini Penulis mencoba share cara membuat skripsi bab II, mungkin dapat mengurangi putaran otak anda. artikel ini di dedikasikan untuk rekan-rekan mahasiswa yang sedang menggarap skripsi.  Tanpa bermaksud lebih dari siapapun, semata-mata karena penulis tau rasa pahitnya menggarap skripsi. He he he ........alay.

Skripsi bab II adalah tinjauan pustaka dari keseluruhan penelitian kita buat. Singkatnya bab II berisi teori-teori inti maupun teori pendukung yang melatar belakangi seluruh kegiatan penelitian. Untuk mempermudah sobat dalam proses penggarapannya, dibawah ini penulis berikan langkah-langkah proses pembuatan skipsi bab 2.
Langkah-langkah pembuatan skripsi  bab II
  1. Amati baik-baik judul skripsi  anda. Kemudian pecahkan menjadi beberapa bagian. Misalkan  judul anda "meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi perkembangbiakan mahluk hidup dengan tutor sebaya pada siswa SD".  Judul tersebut jika kita pecah akan menjadi beberapa bagian , kelak akan di bahas dalam Bab II   yaitu:
  • Pembelajaran IPA
  • Materi perkembangbiakan mahluk hidup
  • Tutor sebaya
  • Siswa sekolah dasar
Dari 4 poin diatas maka jadilah sebuah format untuk bab II seperti contoh dibawah ini.
cara membuat skripsi bab 2


Jika kita cermati. Jelas bahwa format bab II di atas merupakan hasil penjabaran dari poin-poin di judul skripsi . Hanya di tambah poin terakhir yaitu hipotesis tindakan.   Format diatas dapat anda kembangkan sesuai dengan penelitian anda.  Jadi deh. Format daftar isi untuk bab 2.
  1. Dari format bab II tersebut. anda sekarang sudah punya patokan dasar. Gunakan poin-poin tersebut untuk proses pencarian teori.
  2. Setelah anda mendapatkan banyak teori. Sekaranglah saatnya menyusun kata demi kata. Kalimat demi kalimat dan paragraf tentunya. Dalam keadaan tertentu, biasanya beberapa teori sangat sulit untuk didapat. untuk mengatasi hal ini sobat bisa menggunakan teori pengganti dimana teori tersebut maknanya sama seperti yang sobat mau,hal ini kita lakukan hanya pada kondisi Jika anda mentok  dan sama sekali sulit dalam mencari suatu teori.
  3. Jangan terpaku dengan buku, dalam mencari referensi. Gunakan fasilitas google book, blog-blog terkait atau artikel-artikel umum. sepanjang rujukan teori tersebut sesuai dengan kaidah buku panduan skripsi dari kampus sobat, saya rasa tidak masalah. Perhatikan juga panduan tentang penulisan daftar pustakanya. biasanya penulisan daftar pustakan untuk rujukan dari internet dan artikel umum berbeda dengan penulisan daftar pustaka biasanya.
  4. Jika anda ingin lebih mudah dan cepat pada penggarapan skripsi bab II.  Pembuatan hipotesis sebaiknya dilakukan diawal. Kemudian buatlah sebuah kerangka pemikiran. Dan carilah teori nya berdasarkan garis kerangka pemikiran nya.

Kesalahan yang banyak terjadi pada penggarapan skripsi bab II.
  1. Kebanyakan mahasiswa tidak melakukan pemecahan judul untuk membuat format daftar isi. Tetapi malah menggunakan skripsi perpustakaan. Alih-alih ingin cepat selesai   malah jadi terhambat karena bingung.
  2. Terpaku pada satu hal. Kemudian mandek. 
Ini juga merupakan kesalahan yang paling banyak dijumpai. Mandek karena bingung merangkai kata, mandek karena teori gak ketemu, mandek karena gak bisa membuat paragraf sinkron. pada intinya adalah terpaku pada satu hal.  Padahal anda punya pembimbing skripsi. Tulis saja apa yang ada di otak anda kemudian print berikan ke orang lain atau ke dosen kesayangan anda. Minta pendapatnya kemudian serahkan ke dosen pembimbing.  Mengutip pepatah seorang teman "sebenarnya yang menjadi rahasia tuhan itu empat; jodoh, rejeki,maut. Yang ke empat bimbingan skripsi".  Keep moving guys.
  1. Tertekan.
Entah kenapa dalam posisi tertekan yang namanya manusia bakal ......blank, down, males, dan cupu dengan tatapan mata kosong. Nikmati dan jangan terburu-buru. Pembuatan skripsi gak mungkin Cuma dengan 1 X bimbingan, 1x revisi, atau 1x di semprot dosen.  Pembuatan skripsi itu bukan sulap.  Kita sedang belajar, wajar jika harus berulang-ulang direvisi.

Keep moving friends.

artikel terkait : cara membuat skripsi bab 3


Komentar

  1. ia nih gan,, sy jg pusing
    sy dari teknik mesin, mngmbil judul skripi "PERANCANGAN MESIN PEMOTONG PIPA PVC KAPASITAS MAKSIMUM Ø 4” JENIS PORTABLE DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK", dan saat ini sy sdang mnggrap bab2, sy bingung mulainya harus darimana pd bab 2 ini, mhon pencerahannya ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di mulai dengan mengumpulkan teori yg terkait dengan rancangan pipa dari para ahli, teori tentang motor listrik dan teori tentang mesin pemotong tentunya.
      untuk formatnya sebaiknya anda mengambil rujukan skripsi dari perpustakaan yang se tipe dengan skripsi anda.
      kemudian mengisi format tersebut dengan berbagai teori yang telah anda kumpulkan.
      semoga membantu.

      Hapus
  2. sangat membantu infonya gan ^_^"

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. sudah bersedia mampir. smoga berkesan

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat sekali mas Agus ^^
    Tetapi bisa tidak jika contohnya skripsi pendidikan bahasa inggris ??
    saya baru menginjak smster 5, dan sungguh amat sangat bingung dengan penyusunan bab bab ini .,. :(
    mohon bantuannya mas ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. insyaallah. akan saya posting secepatnya. tentang contoh skripsi pendidikan bahasa inggris.
      terima kasih sudah bersedia mampir

      Hapus
  4. assalamualaikum gan..
    mau nanya nih..
    kalo judul : Analisis dan Perancangan Media Pemasaran Meubel Berbasis Website Pada Merdeka Furniture
    gimana cara mecahnya di bab 2? btw, ane jurusan TI
    terimakasih sebelumnya.. nice blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya. judul yg anda buat terlalu rumit untuk digarap. jika di amati. ada dua proses berat yg akan dilalui. yaitu analisis dan perancangan media. terlebih untuk jurusan TI. isi skripsi untuk jurusan TI lebih detil dibandingkan jurusan lainnya.
      sebaiknya judul yg anda pilih adalah judul yang ringan tapi berbobot nilai A.
      dari judul anda, jika kita telaah dan dipecah. sangatlah mudah dan teori yang diperlukan mudah dicari. tetapi pada proses Bab III anda akan menemui banyak kendala.terutama dalam proses analisis dan merancang media yang akan digunakan.
      terima kasih telah berkunjung. semoga membantu.

      Hapus
  5. terima kasih mas kegalauan sya jdi berkurang mngerjakan bab 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ane.

      Hapus
  6. Makasih tulisannya sangat bermanfaat.....utk bab selanjutnya apa ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bab 3,4 dan 5 sedang dipersiapkan.
      semoga membantu. terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  7. Mas, apakah kerangka teoritis ini harus mengutip pendapat para ahli dan juga harus berdasarkan karya ilmiah orang lain?.bagaimana dgn penelitian terdahulu?bisa anda jelaskan? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapat para ahli atau karya ilmiah orang lain yang kita gunakan. fungsi dasar nya adalah memperkuat konsep yang kita sampaikan. tentu saja dalam hal ini kita bisa menggunakan yang lainnya. seperti jurnal ilmiah, berita2 dalam media masa2. informasi dari internet atau yang sejenisnya.
      yang terpenting adalah kutipan tersebut dapat memperkuat konsep yang kita sampaikan. dan bukan justru sebaliknya.
      tentang penelitian terdahulu biasanya tergantung dari kebijakan masing2 universitas.
      penelitian terdahulu biasanya di buat menjadi sub bab khusus dalam skripsi yang disebut dengan penelitian yang relevan.
      fungsi nya adalah melihat relevansi penelitian yang sedang dilakukan dengan penelitian yang terdahulu.
      terima kasih sudah bersedia mampir. smoga bermanfaat

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Wahhh... Saya baru aja galau tentang skripsi.. Saya mau tanya nih mas. Kalau judul saya : "Penerapan Electronic Data Processing terhadap Pengawasan Stock PT. X"

    Itu bab 2 nya gimana ya mas? Trus Bab-bab selanjutnya gimana??? Saya bingung mesti mulai darimana... Mohon bantuannya ya Mas.. Terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bab 2 itu tentang seluruh teori inti dan teori pendukung dalam penelitian. bisa dimulai dengan mengumpulkan teori tentang data processing dan tentang tata kelola stock perusahaan. untuk format nya tiap universitas beda-beda. fetty bisa liat contoh di perpustakaan. terus isi deh formatnya satu-persatu dengan teori yang sudah fetty kumpulin. gak kerasa selesai deh.

      Hapus
  10. saya bingung mengerjakan bab 2 dengan judul "Perancangan dan implementasi cluster web server menggunakan metode Failover" mohon bantuannya mas makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuncinya adalah format. seperti contoh diatas. untuk itu ade bisa liat di perpustakaan kampus setelah ketemu format nya ade bisa langsung buat. berdasarkan format itulah ade mulai mengumpulkan berbagai teori. supaya lebih mudah, gunakan internet untuk mencari teori. bab 2 itu pada intinya adalah kumpulan teori inti dan teori pendukung tentang penelitian kita. semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. pendekatan yang lebih ringan untuk dikerjakan menurut agan lebih baik menggunakan pendekatan apa untuk tema kepemimpinan ? thnks gan, mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tema kepemimpinan memang mudah mencari referensi tapi membutuhkan waktu penelitian yang panjang. karena kepemimpinan harus di lihat dalam waktu yang panjang. sebut saja kepemimpinan kepala sekolah. untuk meneliti hal tersebut tentu tidak valid jika hanya di teliti selama 3 bulan. sebab rentang 3 bulan seorang pemimpin blum bisa di nilai hasilnya. kecuali amel menggunakan penelitian kuantitatif. terutama penelitian tentang kebijakan pemimpin untuk program jangka pendek.
      untuk tipe pendekatan. amel bisa sesuaikan dengan penelitian amel. biasanya sih yang paling banyak di gunakan adalah pendekatan empiris (itu untuk pendekatan penelitian). sedangkan untuk kepemimpinan biasanya paling banyak dibahas tentang pendekatan persuasif.

      Hapus
  13. Siang Gan....
    bisaa minta tolong...
    saya lagi ngerjain skripsi " Segmentasi Pelanggan Telkomsel menggunakan Metode Data mining Kmean" Saya bingung Untukn melanjuatkan bab 2 nya...
    mohon pencerahanya
    thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. langkah pertama mba eny buat format bab 2 dulu. dari format itu trus mba kumpulin berbagai teori yang terkait.setelah itu, sub judul nya di buat kerangka. setelah jadi kerangka baru di rangkai jadi paragraf kemudian sisipkan berbagai teori yang sudah dikumpulkan tadi. jadi deh bab 2.

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum Mas Agus,,
    Saya kuliah pendidikan bahasa Inggris dan sedang ingin menggarap skripsi saya mengenai penelitian Kualitatif Literature Novel,belum acc judul sih mas,hehe..
    untuk bab 1 InsyaAllah saya fahamz, tapi untuk bab 2 saya mulai galau mas,, -_-
    mohon bantuan langkahnya mas,,
    dan kalau mas ada referensi mengenai Case Study mohon cantumkan mas,,
    Terimaksih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa' alaikum salam puspa. variabel judulnya literature novel sama apa?????
      kalo case study setahu saya emg kualitatif. intinya kalo case study itu, kita melakukan penelitian terhadap fenomena yang dialami oleh respondent. misalnya nya si nina suka banget baca novel bahasa inggris. ternyata karena hobinya tersebut vocabulary bahasa inggris yang nina kuasai sangat banyak bahkan menguasai berbagai slang word yang sulit -sulit.
      biasanya pengambilan datanya dilakukan dengan wawancara, angket dan kajian masalah secara intensif. aku ada contohnya kok. insya allah beberapa hari ini akan aku share. di blog ini. semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Assalam mas. Saya juga bingung sama cara buat bab dua skrpsi saya. Judul nya identifikasi bakteri pada tabung humidifier(tbung kecil sebelah tabung oksigen yg fungsinya melembabkan udra sblm masuk ke tbuh). Bisa kasih dikit refensi nya mas tentng teori yg akan saya buat. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam mba. maaf mba kalo teori itu di buat dengan rangkaian proses yang panjang, itu teori juga dibuatnya dengan para ahli. sedangkan teori yang biasa kita gunakan dalam skripsi itu hanya merupakan rujukan bagi hipotesa (kesimpulan sementara) yang telah kita buat. sedangkan bagi rekan-rekan mahasiswa, skripsi merupakan tugas akhir perkuliahan.
      sedangkan temuan apapun bentuknya fungsinya hanya sebatas temuan saja. belum dapat disebut sebagai teori.
      jika melihat dari judul yang mba ambil. mba bisa cari referensi dari teori-teori yang terkait dengan bakteri atau buku-buku identifikasi bakteri. semoga bermanfaat.

      Hapus
  17. mas judul saya perancanga aplikasi penjualan grosir pulpen berbasis web, bagaimana cara membuat bab 2 nya mas? saya bingung.,mohon pencerahannya mas,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sesuaikan dengan judulnya aja mas. inti nya kalo bab 2 itu berisi teori-teori yang kita gunakan.

      Hapus
  18. Asslammualaikum mas. Mohon pencerahan untuk bab 2 saya dengan judul penelitian perancangan dan pembuatan mesin plotting grafikgrafik pada alat getaran. Mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bab 2 itu isinya tinjauan pustaka. di bab tersebut intinya kita paparkan teori-teori yang mendasari penelitian kita. mas, kumpulkan aneka teori yang berkaitan erat dengan variabel penelitian mas. terutama yang terkait dengan perancangan mesin plot dan alat getar. cara yang paling mudah, coba mas liat contoh format bab 2 di perpustakaan kampus. setelah itu barulah mas masukan teori-teori yang sudah di kumpulkan sebelumnya. jadi deh ....bab 2. semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  19. Saya juga binggung nih mengenai Penilaian prestasi kerja dan upaya pemberian reward karyawan. BAB 2 isiannya seperti apa. Paparka teori yang terkait apakah konsep yang mendukung metode yang digunakan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika dilihat dari yang mas ronald ambil. berarti isi bab 2 nya..... ya teori-teori yang mendasari penilaian prestasi kerja dan reward untuk karyawan. cari aja teori yang terkait dengan hal tersebut. sedangkan untuk konsep-konsep yang mendukung metode penelitian itu biasanya dipaparkan di bab 3. semoga bermanfaat ya

      Hapus
  20. maaf mas saya mau nanya nih..judul skripsi saya ini "American slang words in Infinite an album by Eminem"
    nah apa yg harus saya bahas nih di bab 2..mohon pencerahannya mas...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bab 2 utamanya berisi tentang teori yang terkait dengan penelitian. sesuai dengan judulnya tentu saja yang dibahas adalah teori-teori yang terkait dengan american slang word. mas bisa kaitkan dengan berbagai teori yang membahas tentang perlunya pengetahuan slang word. terutama yang terkait dengan clash communication. kalo yang saya tangkap sih pada intinya judul mas mengarah pada pentingnya pengetahuan american slang word. cuma media nya adalah album eminem. perlu penegasan ke arah manfaat mempelajari slang word itu sendiri biar pembahasannya tidak melebar. semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  21. sore mas saya juga mau tanya saya kebingungan pada bab 2 saya untuk mengisi definisi konsepsional judul yg saya ambl evalusi kinerja pemasaran gas elpiji pada cv.sinar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba mas gali lebih dalam tentang jenis-jenis definisi, pengertian atau jenis-jenis konsep. nah, terus mas coba cari maknanya di internet. misalnya definisi konsep pemasaran, definisi konsep evaluasi atau yang lainnya. pokoknya sesuaikan aja dengan variabel judul yang mas ambil. semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  22. ass.. pagi mas, mau nanya nih..
    kalo judul : Perancangan & Pembuatan Sistem Pengendali Pintu Menggunakan Rfid dan Arduino
    gimana cara memecahkan masalah di bab 2 ya mas?
    saya jurusan teknik komputer D3 mas
    Terima kasih sebelmnya

    BalasHapus
  23. Asalamulaikum mas saya bingung ngerjain bab 2 saya harus mulai dari mana.
    judul skripsi saya tentang perancangan media pembelajaran berbasis video scribe pada mata pelajaran IPA untuk kelas VII.
    mohon pencerahan nya mas.., Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bab 2 secara keseluruhan pada dasarnya adalah teori-teori yang akan kita gunakan untuk mendukung skripsi kita.

      mba melisa renosari bisa mulai dengan mencari teori-teori tentang aneka media pembelajaran kemudian teori yang lebih spesifik yaitu tentang perancangan media berbasis video scribe.

      hanya saja, sepertinya ada yang kurang di judulnya. coba tambahkan satu variabel agar judul nya lebih sempurna.

      terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  24. assalamu'alaikum.. mas saya sedang mengerjakan bab 2 tapi belum paham..
    judul skripsi saya sistem informasi penulisan hutang di toko al amin berbasis web...
    mohon pencerahannya ya mas,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bab 2 sebenarnya berisi tentang teori-teori dari skripsi yang kita buat.
      mba untsa bisa memulai dengan mencari teori tentang sistem informasi sebuah toko.

      Hapus
  25. saya juga sedang mengerjakan bab 2 "pemberdayaan kader dalam revitalisasi posyandu untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak" gimana mecahin babnya mas? tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata kunci nya
      1. pemberdayaan kader
      2. revitalisasi posyandu
      3. kesehatan ibu dan anak
      mba lailatul islamiyah tinggal cari teori-teori utama dan teori pendukung terkait dengan 3 poin tersebut.

      oh iya.....pemberdayaan kader dan revitalisasi bukan nya 2 hal yang berbeda ya????dan kaitan nya dengan meningkatkan kesehatan ibu dan anak apakah tidak terlalu jauh????

      Hapus
  26. Saya juga skrg sdg nyusun skrisi bab II tapi ga maju2. Males bawaan nya, dan takut jg krna dosen pembimbing nya tuh bukan ngebimbing, udah kaya sidang proposal ini mah. Brg kali ada yg mau bantu ,judul skripsi saya. Pengelolan produk pembiayaan musyarakah dan murabahah,gimana mecahinnya mas? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya gak perlu takut. semakin kita takut, skripsi nya akan terasa semakin sulit. seperti yang sudah dijelaskan di atas. bahwa skripsi bab II itu pada intinya berisi teori-teori yang anda gunakan untuk mendukung gagasan anda. meskipun masing-masing universitas/fakultas punya format tersendiri namun pada intinya ya tetap sama, bab II itu ya teori.
      supaya anda gak bingung, coba anda skripsi di perpustakaan anda, carilah yang setipe judulnya dengan punya anda. nah, konsep bab II nya sama tuh, cuma anda ubah isinya sesuaikan dengan judul skripsi anda. kelar deh.....bab II.

      Hapus
  27. saya juga sekarang lagi menyusun skripsi bab 2. yang saya kurang paham kalo ngambil referensi dari buku atau dari jurnal orang itu mencantumkannya (nama, tahun dan halaman)harus bagaimana? apakah dicantumkan dibagian awal atau akhir petikan kalimat ya?

    BalasHapus
  28. saya juga sedang mengerjakan bab 2 "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan pada pt.alfamart menggunakan metode topsis" gimana mecahin bab nya mas? tolong pencerahannya

    BalasHapus

Posting Komentar