Terumbu Karang Indonesia

Saat kebetulan nonton national geographic chanel, nama indonesia kembali mencuat.  kali tentang terumbu karang indonesia yang rusak parah. prihatin rasanya, chanel TV indonesia lebih banyak menyuguhkan tontonan sinetron yang gak jelas, berita pun cuma seputar perceraian selebriti. 

Seorang reporter national geographic menyatakan bahwa 15% terumbu karang yang ada di dunia terletak di indonesia. indonesia juga merupakan eksportir ilegal ikan hias. indonesia dinyatakan memasuki ambang over exploitasi. hasil tangkapan ikan pun jauh menurun. setidaknya terjadi penurunan 20% pasokan ikan yang ditangkap. disisi yang lain ternyata para nelayan melakukan penangkapan ikan dengan cara yang destruktif. kasus paling terbanyak adalah dengan pengeboman. 

terumbu karang indonesia

sebenarnya berita tentang nelayan indonesia yang menggunakan bom sudah lama saya ketahui. saya merasa itu adalah hal yang biasa. tapi setelah saya menyaksikan sendiri proses pengeboman ikan yang ditayangkan di national geographic chanel. saya benar-benar terkejut. ternyata hal itu begitu mengerikan. bom dilempar ke tengah laut. kemudian meledak dan mematikan ikan-ikan. 

yang lebih menakutkan adalah efek dari ledakan tersebut ternyata menghancurkan terumbu karang. terumbu karang kemudian berubah menjadi puing-puing kecil. ratusan bahkan ribuan kilometer terumbu karang kemudian terlihat seperti kuburan. tak ada warna-warni, tak ada ikan-ikan. dari tayangan tersebut ternyata para polisi air indonesia setiap hari juga berperang dengan para nelayan ilegal dari negara asing. seperti thailand dan philipina yang menjarah ikan-ikan indonesia. 


Komentar