Makna Hari kesaktian Pancasila

Tanggal 1 oktober diperingati sebagai Hari kesaktian pancasila dan ini berawal dari sejarah yang terjadi Pada tanggal 30 September 1965, terjadi insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S). Insiden ini sendiri masih menjadi perdebatan di tengah lingkungan akademisi mengenai siapa penggiatnya dan apa motif dibelakangnya. Akan tetapi otoritas militer terbesar saat itu menyebarkan kabar bahwa insiden tersebut merupakan usaha PKI mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis, untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia dan membenarkan peristiwa Pembantaian di Indonesia 1965–1966.

Pada hari itu, enam Jendral dan 1 Kapten serta berberapa orang lainnya dibunuh oleh oknum-oknum yang digambarkan pemerintah sebagai upaya kudeta. Gejolak yang timbul akibat G30S sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

makna hari kesaktian pancasila

 

Terlepas dari berbagai perbedaan pendapat tentang sejarah diatas. Saya pribadi memaknai peringatan tersebut sebagai sebuah upaya refleksi pribadi. Siapapun tentu tahu bahwa pancasila memang merupakan ideologi paling cocok bagi bangsa ini. Terlebih bagi suatu negara dengan ribuan keragaman. Tetapi kenyataan nya peringatan tersebut terkadang hanya sebatas ceremonial semata. Dimana korupsi merebak dimana-mana, kolusi dan nepotisme bahkan ada di semua bidang. Oknum-oknum jahat terus saja tercetak dalam dunia pemerintahan.

Bagi saya, pancasila tidak hanya menyatukan keragaman tetapi juga harus bisa menimbulkan kesadaran Bahwa kita juga adalah keluarga, dan sesama keluarga tak boleh ada kecurangan, tak boleh ada pertengkaran, tak boleh ada saling gigit, tak boleh ada saling injak dan tak boleh ada saling menipu. Kita sama-sama orang indonesia. Kita maju bersama, berusaha bersama, saling topang, saling mendukung dan saling membantu.

Makna hari kesaktian pancasila mestinya tak hanya sebatas upacara atau bentuk perayaan lainnya. Tapi harus berbentuk action(tindakan nyata) dan teraplikasi dalam hari-hari yang kita jalani demi satu tujuan, yaitu "kejayaan bangsa indonesia". Dan kejayaan hanya bisa diraih melalui perubahan. Perubahan yang dimulai oleh individu masing-masing (diri sendiri). Bukan perubahan yang ditundingkan untuk orang lain.

Selamat hari kesaktian pancasila. Maju terus indonesiaku.

Komentar