Manfaat Berkemah

Berkemah ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi para siswa. Terlebih bagi para anak mami ( sebutan bagi anak manja). Hahahahahaha.

Dan jika proses berkemah dijalani dengan prosedur yang benar, maka akan membentuk kepribadian yang mandiri, teguh dan disiplin.

 

 

Dan output yang dihasilkan juga bisa bertahan lama. Bahkan akan menjadi kenangan yang paling indah loh...... di masa tua. Baiklah langsung aja yuk kita bahas sama-sama manfaat nya .

 

  1. Membentuk kedisiplinan

Sebagai peserta kemah, siapapun orang nya pasti akan tunduk dibawah aturan. Gimana gak begitu, ada kakak-kakak senior dan pelatih yang siap marah dan super cerewet. Di saat kita berkemah pasti selalu saja ada yang ngomel, jangan begini, jangan begitu.......bahkan ada yang seperti hansip. Selalu aja kontrol kebersihan tenda dan keadaan peserta. Hehehehehe. Maaf ya kakak.

Tapi entah kenapa, justru dengan begitu kita menjadi disiplin. Kita begitu menghargai waktu, menghargai makanan bahkan sangat hati-hati dalam melangkah. Dan walaupun proses tersebut hanya beberapa hari saja, tetapi sikap disiplin tersebut seolah membekas di hati.

 

  1. Membentuk sikap saling menghargai dan sopan santun

Yang pernah ikut berkemah pasti ngerasaain apa itu "menghargai". Kita di tuntut untuk saling menghargai sesama peserta, terlebih lagi para panitia. Berbeda dalam keseharian kita. Hari-hari berkemah terasa seperti di daerah pedesaan yang satu sama lain harus saling bertegur sapa. Dengan sebutan yang layak. "Selamat pagi kakak", " hi!  teman-teman", bahkan ada kakak yang iseng nyuruh tegor benda mati. " halo!!! Rerumputan". Tapi justru itulah yang membuat kita sadar bahwa sikap saling menghargai itu memang penting banget dalam kehidupan kita.

 

  1. Membentuk keterikatan emosional

Keterikatan emosional yang dimaksud dalam artian positif ya. Bukan yang dalam bentuk pacar-pacaran. Di saat berkemah entah kenapa, pasti kita merasa teman itu dewa penolong. Mau pipis...takut pasti minta di temenin teman, malem-malem laper pasti nanya ke teman "ada makanan ringan gak", pokoknya semua serba teman. Ya mungkin karena merasa senasib kali ya. Jadi klop aja.  Dan aneh nya lagi nieh ya...terkadang justru teman yang selama ini kita benci, di perkemahan justru akan berubah menjadi orang yang paling mengerti kita. Atau bahkan sebaliknya. Teman yang selama ini kita akrab banget disana akan berubah menjadi egois dan selalu bikin emosi.

 

  1. Memberi kenangan yang indah

Momen-momen berkemah pasti jadi kenangan indah hingga kamu tua. Dan terkadang justru bikin kamu cekikikan sendiri. Ya..... Kamu tau sendiri lah. Kadang ada yang kentut di dalam tenda ( buset bau nya kyk tong sampah! sobbb ), kadang ada yang cewe2 yang lirik-lirik kamu, atau hal lucu lainnya yang bikin ketawa gak bisa berhenti. Dan itu gak akan pernah bisa di lupakan.

 

Sebenarnya masih banyak sih manfaat lainnya. Bagi teman-teman yang punya tambahan. Tolong tambahkan di kolom komentar ya.........sebagai sharing mengenang momen-momen indah saat berkemah.

Komentar