Contoh makalah bagi mahasiswa

Kali ini penulis akan share tentang contoh makalah bagi mahasiswa, tetapi sebelumnya kita akan bahas pengertian makalah itu sendiri. Sebenar nya Makalah adalah sebuah karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah. Makalah ini dapat berisi hasil penelitian orisinil atau berupa telaah dari hasil-hasil yang telah ada sebelumnya. Makalah seperti ini baru dapat dianggap valid setelah melalui proses satu atau beberapa pemeriksa (yang juga merupakan akademisi di bidang yang sama) dalam rangka untuk memeriksa isi makalah apakah telah sesuai untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah.



Jika merujuk pada pengertian di atas, lantas bagaimana dengan tugas yang selama telah di kerjakan. Karena tugas-tugas kuliah tersebut disebut sebagai makalah tetapi tidak diperiksa secara valid. Apakah dapat disebut sebagai makalah??????

Terkait dengan pertanyaan di atas tentu saja tugas-tugas tersebut di sebut juga sebagai makalah. Hal ini merujuk pada pengertian di bawah ini :



Definisi Makalah Menurut Para Ahli



1. Menurut E. Zaenal Arifin

Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris



2. Menurut A.E Fachrudin

Makalah adalah jenis tugas kuliah yang harus di selesaikan secara tertulis baik sebagai pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan



3. Menurut Surakhmad

Makalah adalah jenis tugas kuliah berdasarkan pembahasan buku yang terkait dengan berbagai persoalan yang diangkat.



Berdasarkan berbagai teori diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Makalah dibagi menjadi dua jenis, yaitu, makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper).



1. Pengertian makalah biasa, yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji dalam makalah. Penulis juga memberikan pendapat, baik berupa kritik atau saran, mengenai pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, dalam makalah biasa tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.



2. Pengertian makalah posisi (position paper) adalah makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana saja si penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Untuk membuat makalah posisi, penulis tidak hanya dituntut untuk mempelari sumber tertentu, tetapi berbagai sumber yang pandangannya berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat bertentangan.



Oke sob. Kita lanjutin ya. Berarti untuk membuat makalah tentu sebelumnya kita harus menentukan terlebih dahulu jenis makalah yang akan kita buat. Apakah itu makalah biasa atau makalah position. Dan yang paling sering menjadi masalah adalah jika rekan-rekan sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang hal tersebut diatas. Dan kemudian maen comot makalah yang beredar di internet, Tanpa dilihat dulu jenis nya. Saya jadi ingat dengan Seorang teman yang di semprot dosen gara-gara salah ambil di internet. Hehehehehe. Jadi tuh temen ambil makalah yang ilmiah banget lengkap dengan berbagai rumus-rumus kimia. padahal tugas nya cuma disuruh buat makalah biasa berdasarkan kajian pustaka. Hahahahaha



Emang sih sob tuh, yang namanya makalah, skripsi, jurnal ilmiah atau tugas-tugas kuliah biasa pada umumnya memiliki format yang hampir sama. Bahkan kadang Cuma beda-beda dikit aja. Supaya gak bingung, dibawah ini sengaja penulis sertakan format nya sebagai panduan



Format dasar makalah dengan sistematika pokok, diantaranya meliputi:

  1. Judul
  2. Pendahuluan/Latar Belakang Masalah
  3. Permasalahan/ Rumusan Masalah
  4. Kajian Teori
  5. Pembahasan
  6. Kesimpulan
  7. Saran
  8. Penutup
  9. Daftar Pustaka

Format makalah diatas merupakan format yang umum dipakai. Biasanya masing-masing universitas memiliki aturan sendiri dalam pembuatan makalah. Beda universitas tentu beda formatnya. Teman-teman bisa pinjam panduannya di perpustakaan kampus.

Penulis sudah siapkan beberapa contoh makalah yang bisa teman-teman lihat. Cuma kalo di posting disini jadi terlalu panjang postingan ini. Teman-teman bisa lihat di slideshare dengan mengetikan kata kunci dibawah ini.

Contoh Makalah

1. Contoh Makalah Pendidikan

2. Contoh Makalah Fakultas Hukum

3. Contoh Makalah psikologi

4. Contoh Makalah sospol

5. Contoh Makalah teknologi informasi

6. Contoh Makalah pertanian

7. Contoh Makalah ekonomi

Untuk buku rujukan atau referensi teman-teman bisa menggunakan buku di bawah ini
contoh makalah bagi mahasiswa


Komentar