Hobi melatih sikap disiplin

Sikap disiplin pada anak sangat sulit dibentuk. tidak sedikit para orang tua ataupun para pendidik yang mengalami stress akibat gagal menanamkan sikap disiplin pada anak. terkait dengan hal tersebut ternyata sikap disiplin dapat di bentuk dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan memfasilitasi hobi anak.
hobi melatih sikap disiplin

Sama persis dengan cinta, hobi pun demikian. Mau hujan mau panas hobi tetap jalan. Bahkan, beberapa orang rela mengeluarkan uang miliaran hanya untuk hobi. Seorang teman bahkan rela mengubah jam tidurnya hanya karena punya hobi baru.

Berdasarkan hal tersebut saya pernah ber eksperimen untuk menerapkan hal tersebut untuk menanamkan sikap disiplin pada seorang anak yang sulit sekali disiplin terhadap waktu. Saya memperkenalkan burung kicau padanya dengan harapan burung tersebut kelak akan menjadi hobi baru untuknya. Dan ternyata anak tersebut tertarik, kemudian saya mengajarkan cara merawat burung tersebut. untuk Perawatan burung kicau kuncinya adalah disiplin waktu. terutama soal makan dan pembersihan kandang. hari demi hari sang anak semakin disiplin terhadap waktu. terutama di pagi hari, anak tersebut sudah bangun dengan bersemangat dan hingga sekarang bangun pagi menjadi sebuah keharusan baginya.

dari hal tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sikap disiplin memang hadirnya dari dalam hati, dan tak bisa dipaksakan. artinya jelas bahwa untuk menanamkan sikap disiplin harus dimulai dari hal-hal yang memang di sukai oleh sang anak. dengan begitu maka sikap disiplin yang muncul akan hadir dari dalam hati, sehingga seiring dengan berjalannya waktu maka sikap disiplin tersebut akan tumbuh menjadi sebuah kebiasaan.

saya pernah berpikir, mungkin kita harus merubah pola hukuman pahit bagi siswa yang terlambat dan menggantinya dengan sistem deteksi hobi. Para siswa di identifikasi hobinya, kemudian mereka diberi tugas untuk membuat karya baru sesuai denga hobinya masing-masing dan dikumpulkan pada pagi hari 30 menit sebelum bel masuk sekolah. bagi yang suka melukis maka mengumpulkan lukisan, bagi yang suka musik, mungkin bisa diberi tugas untuk membuat lirik lagu atau aransemen musik karya sendiri atau tugas-tugas lainnya yang terkait hobinya masing-masing. tugas-tugas tersebut lantas diberi nilai di atas rata-rata sebagai sebuah stimulus. hal ini dilakukan selama 8 kali-10 kali, kemudian di evaluasi apakah kedisiplinan mereka terhadap waktu sudah terbentuk. 

jika hal ini di kembangkan dan di evaluasi secara kontinyu saya yakin kita bisa menciptakan sebuah sistem yang dapat membentuk sikap disiplin. terutama bagi bentuk disiplin yang terkait dengan dunia pendidikan seperti disiplin waktu, disiplin mengajar dan disiplin belajar.

semoga bermanfaat.


Komentar