Cara memilih emban/gagang bagi batu cincin permata

Demam batu permata sedang melanda indonesia, hampir di setiap sudut kota outlet-outlet batu cincin mulai menjamur. Beberapa orang bahkan ada yang mencibir bahwa kita kembali ke zaman batu. kalo buat saya pribadi sih, terserah deh orang mau bilang apa...... toh ini hobi gue......

Bicara hobi batu cincin tentu kita juga harus bicara emban/rangka/ikatan yang lazim nya disebut gagang cincin. fokus utama nya adalah jangan sampai nilai-nilai keindahan batu cincin menjadi hilang hanya karena kita salah memilih gagang cincin yang sesuai. Sebelum trend batu cincin meledak seperti sekarang sangat sulit untuk mencari emban cincin yang sesuai. Para penghobi harus rela hunting ke sana ke mari demi menemukan emban yang cocok. saya masih ingat di tahun 2008, untuk mendapatkan emban dengan model yang ada seperti sekarang, rasanya susah sekali. itu pun harus dengan sistem pesan selama sebulan. harga nya juga lumayan mahal. tapi namanya hobi ya di perjuangkan..........

okelah kita langsung aja ya sob. berikut ini adalah aneka jenis emban cincin yang lazim beredar di indonesia.
1. Emban kurung
Emban dengan jenis ini cocok untuk bentuk batu cincin permata yang berbentuk oval atau bulat. dilihat dari warna dan ukirannya, Emban kurung di atas merupakan tipe yang cukup simple. sangat cocok untuk orang yang low profil.


sedangkan untuk emban yang satu ini terlihat simple tapi elegant.
ukiran sisik timbul yang berwarna ke emasan memberikan kesan dominan.







berbeda dengan emban sebelumnya nya, emban kurung yang satu ini dikelilingi oleh permata kecil di sekitarnya. ini merupakan variasi tambahan biasanya sih untuk batu cincin dengan ukurang yang kecil atau sedang.







untuk tipe yang satu ini, tipe emban yang bisa dibilang wah....mengapa demikian. dilihat dari bentuk dan ukirannya sangat berbeda dengan kesan yang cukup mahal.















2. Emban ber gigi

Emban tipe ini biasanya digunakan untuk bentuk batu dengan ukuran yang sedang. Emban ini sedang trend dan bisa dibilang paling banyak dipakai terutama anak muda atau orang dewasa yang tidak terlalu tua. emban ini memberikan kesan muda bagi para pengguna nya.







3. Emban kotak ber gigi
emban kotak lazim di gunakan untuk batu cincin atau permata yang kecil. perhatikan warna batu cincinya. sangat cocok untuk warna-warna yang mencolok seperti hijau muda, merah, kuning atau ungu.






emban kotak yang satu ini memiliki variasi yang cukup unik. ada segi kecil di sudut-sudut batu cincin.










Memilih emban yang sesuai
1.komposisi warna
komposisi warna emban batu cincin sangatlah mempengaruhi kesan pemakainya. seperti komposisi warna dominant kuning ke emasan. kesan yang ditampilkan sangat cocok bagi orang dewasa atau orang tua. kuning ke emasan juga memberikan kesan wah (mahal) bagi pemakainya. Memperhatikan komposisi warna juga penting, artinya jangan sampai warna emban lebih mencolok ketimbang batu nya.

2. Bentuk dan ukuran
perhatikan bentuk dan ukuran batu cincin. jika sobat ingin menampilkan kesan pada batu warna atau motif indah yang terdapat pada batu cincin. sebaiknya sobat memilih emban kurung. dengan begitu maka keindahan motif batu akan terlihat lebih jelas.

3. komposisi ukiran
perhatikan komposisi ukiran emban batu cincin. untuk ukiran yang terlalu banyak dengan model yang beraneka ragam biasanya untuk wanita. sedangkan komposisi ukiran yang simple sangat cocok untuk para pria. komposisi ukiran juga menentukan kesan. yahhhh sobat coba-coba dulu deh di jari.

4. Detil
perhatikan detil nya. detil yang dimaksud adalah bentuk, warna, ukiran dan ukuran secara keseluruhan. termasuk juga tingkat ke halusan pembuatan. artinya jangan sampai ada cacat seperti bercak chorm, sompelan, atau ukiran yang tidak simetris.

akhir kata, apapun pilihan sobat. itulah yang terbaik. memilih emban batu cincin sebisa mungkin yang kita sreg sekaligus enak dilihat oleh orang lain.

semoga bermanfaat ya.
Baca juga artikel lainnya :
1. Ciri khas batu bacan
2. Tiger eye vs sepah bambu
3. Cara memilih permata cincin favorit

Komentar