5 jenis tugas sekolah melalui blog

Tugas sekolah atau pun pekerjaan rumah (PR) bagi peserta didik memang penting. Selain berfungsi sebagai sarana berlatih, aktivitas ini juga membuat siswa lebih memahami materi secara mendalam. Jika kita bicara tentang pembelajaran bermakna tentu pembelajaran bermakna juga harus bisa di dapat dari tugas-tugas sekolah atau pun PR yang diberikan oleh guru. Jika selama ini penekanan pembelajaran bermakna lebih pada aktivitas belajar di dalam kelas, saya rasa sekarang waktunya bahwa pembelajaran bermakna juga harus bisa diraih lewat tugas-tugas sekolah. Jadi ya tidak monoton PR atau tugas sekolah yang itu-itu saja.

5 jenis tugas sekolah melalui blog

Terkait dengan hal tersebut, tentu kita butuh media yang paling dekat dengan kehidupan para peserta didik. Tiada lain media tersebut adalah blog. Dengan blog seseorang bisa berinteraksi tanpa terbatas ruang dan tempat. Lantas bagaimana jika kita sudah punya blog??? apakah sudah cukup dengan itu saja????  ya tentu saja tidak. untuk mengoptimalkan tugas-tugas sekolah kita membutuhkan blog sebagai media berinteraksi dan untuk melakukan itu, sengaja penulis rangkum kan 5 jenis tugas sekolah yang bisa dilakukan melalui blog seperti dibawah ini


1. Tugas pembuatan infografik
Tugas pembuatan infografik biasanya digunakan untuk membuat para peserta didik lebih meng explore materi yang sedang di pelajari. misalnya untuk pelajaran biologi, para siswa diminta untuk membuat infografik tentang metamorfosis hewan. bagi para siswa yang sudah selesai bisa langsung menyerahkan kepada guru untuk kemudian di publish di blog guru. Nah....untuk proses diskusinya tidak dilakukan di kelas tetapi diskusi langsung melalui kolom komentar di blog. Agar lebih semarak, guru bisa memberikan reward khusus bagi kometar terbaik. Bagi guru yang blog nya punya fasilitas forum, proses diskusi bisa dilakukan di dalam forum. 

2. Tugas resensi novel
Nah ini untuk guru bahasa indonesia ataupun bahasa inggris. Jika biasanya tugas resensi novel di buat di atas kertas, kali ini tugas resensi tersebut di publish di blog guru. Jika tugas ini dilakukan secara berkelompok, masing-masing kelompok bisa saling memberi komentar terhadap resensi novel yang sudah dibuat oleh kelompok lainnya.

3. Matematika kilat
Untuk guru matematika bisa memberikan tugas atau soal-soal matematika melalui blog. kemudian para siswa diberi waktu untuk mengerjakannya, bagi siswa yang sudah selesai bisa di kirim via email. 

4. Tugas untuk menjawab soal multiple choice dan essay
Untuk soal-soal bertipe multiple choice, para guru bisa menggunakan fasilitas form google drive untuk membuat soal multiple choice. Oh..iya sob.....teknik ini bisa juga untuk soal essay loh.....jadi para siswa menjawab langsung secara online kemudian jawaban tersebut akan terkirim secara otomatis di google drive milik guru. Agar tidak ada indikasi contekan, untuk soal multiple choice nya harus di beri limit waktu per butir soal, jika limit waktu tersebut habis, secara otomatis soal akan terkunci. Jadi ya gak bisa contekan.....

5. Kreatif
Untuk yang terakhir ini jenis tugasnya namanya kreatif. Jadi para guru yang punya blog ya...pinter-pinter aja mengolah kreatifitas untuk mengolah blog nya. bisa diskusi, komentar, share artikel atau apapun deh....terserah. Yang terpenting adalah kreatifitas dari guru itu sendiri untuk menggunakan blog nya sebagai sarana untuk memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. 

semoga bermanfaat ya....jangan lupa berikan berkomentar anda...


Komentar