Cara mengeluarkan Kembang jarong black opal ala orang australia

Black opal merupakan salah satu jenis batu cincin yang memiliki banyak penggemar. Jauh sebelum trend batu akik seperti sekarang ini, nama black opal memang sudah dikenal sebagai batu cincin berkelas. Keindahan pantulan warna-warni dari batu cincin black opal memang unik dan memukau. Tak salah bila batu ini mendapat julukan sebagai raja nya batu cincin.

kembang jarong black opal

Pantulan warna yang keluar dari batu cincin black opal atau lazim disebut sebagai kembang jarong memiliki banyak warna, seperti merah, hijau, biru, kuning dan putih. Dari berbagai warna tersebut ada beberapa warna yang memiliki nilai tinggi terutama warna ungu dan warna merah. Jika kembang jarong black opal keluar warna ungu atau merah maka dapat dipastikan harganya selangit. 

Dipasaran luar negeri pun demikian, black opal yang berasal dari indonesia dengan kembang jarong berwarna merah atau ungu memiliki harga yang mahal dan dianggap sebagai batu opal paling berkualitas di seluruh dunia. Sebenarnya ada banyak negara penghasil batu opal, diantaranya adalah australia, afrika dan negara tetangga lainnya. 

Terkait dengan keindahan kembang jarong black opal. Para penghobi ataupun penjual tentu sangat berharap bahwa bahan black opalnya bisa mengeluarkan jarong secepat mungkin. Bahkan ada beberapa treatment yang diberlakukan untuk bahan black opal nya agar kembang jarong nya cepat keluar. Saya pun demikian, sebagai salah satu penghobi black opal tentu punya keinginan agar bahan yang saya miliki cepat keluar kembang jarong nya. berawal dari hal tersebut saya pun mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. 

Dari proses pengumpulan informasi tersebut hampir 80% caranya sama. Yaitu dengan mentreatmen bahan black opal dengan air hujan atau air isotonik yang dijemur dibawah matahari. Informasi lainnya saya dapatkan dari berbagai rekaman video tentang treatmen batu di youtube, ternyata di youtube caranya berbeda yaitu dengan treatmen cascade, caranya blackopal di beri minyak yang baru saja di panaskan kemudian di rendam. Sedangkan info yang saya dapatkan dari berbagai tabloid gemstone bahwa untuk mengeluarkan kembang jarong, bahan black opal perlu di panaskan dengan bara api tingkat sedang yang dibungkus dengan alumunium foil. 

Dari sekian banyak info yang saya dapatkan, ternyata ada satu nieh sob yang cukup unik dan mungkin bisa di coba dengan rekan-rekan. Treatmen ini saya dapatkan dari salah satu blog gemstone yang berasal dari negara australia. Setelah saya translate ternyata cara orang australia untuk mengeluarkan kembang jarong jauh berbeda dengan cara kita. 

Cara mengeluarkan kembang jarong black opal ala orang australia
1. Buatlah larutan gula yang dipanaskan dengan suhu sedang (jangan sampai mendidih)
2. Masukan bahan black opal kedalam larutan gula tersebut
3. setelah larutan gula terlihat terserap secara sempurna ke dalam bahan black opal angkatlah batu
4. dinginkan bahan black opal pada udara yang terbuka
5. siapkan larutan asam sulfat dalam mangkok beling atau kaca
6. Masukan bahan black opal tadi ke dalam larutan asam sulfat 
7. angkat bahan black opal dari larutan kemudian biarkan dingin pada udara terbuka 

Berdasarkan keterangan blog tersebut, saat proses pendidinginan biasanya kembang jarong akan langsung terlihat. perhatikan posisi larutan asam sulfat, karena asam sulfat memiliki sifat korosi yang tajam. 

Untuk teman-teman yang punya bahan black opal dalam jumlah banyak, mungkin bisa mencoba treatmen tersebut sebagai eksperimen. saya sendiri sampai sekarang belum berani mencobanya, soalnya cuma punya ini satu-satunya. hehehehe. bagi yang ingin info lebih jelas, bisa di lihat langsung di pencarian google dengan mengetik kata "treatment black opal in asuralia using sugar treatment"

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkomentar.


Komentar