batu cincin Topaz

Salah satu batu favorita saya adalah batu topaz. Batu topaz tersusun dari alumunium oxide dan kiezelzuur. Batu topaz ini memiliki tingkat kekerasan 8 mohs, menempati urutan keempat setelah batu intan, corundum dan chrysoberyl. Batu topaz sendiri di Indonesia dikenal dengan banyak nama seperti batu cincin daud atau batu cincin mirah cempaka .

batu cincin topaz


Penghasil terbesar batu topaz adalah Minas Gerais, negara bagian di Brazil. Selama 300 tahun daerah distrik Ouro Preto (Brazil) menjadi pemasok topaz terbesar di dunia dengan topaz warna kuning, merah-muda dan oranye. Negara-negara lainnya yang juga penghasil batu cincin topaz adalah Amerika, Pakistan, Srilanka, Rusia, Jerman, Mexico, Australia dan Myanmar. Kristal topaz seringkali ditemukan dengan ukuran yang besar-besar

Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak bisa terbentur terlalu keras juga dan dalam perubahan suhu secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz ini retak.

Warna batu topaz bermacam-macam di antaranya warna coklat, merah muda, ungu dan biru. Adapun juga yang tidak berwarna atau transparan dan ada juga yang memiliki beberapa warna namun yang paling diminati atau dicari adalah yang berwarna merah keemasan atau jingga dan yang paling murah dan umum yang berwarna biru (biasanya diperoleh dari Cina).


Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau sangat tinggi, terang, warnanya bening kristal dan dingin jika disentuh tangan bahkan permukaan nya sangat licin jika di sentuh. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.


Komentar