Ciri-ciri Batu Bacan Sintetis

Booming batu akik belakangan ini memang tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian bagi para penghobi batu cincin, hal tersebut tidak lah mempengaruhi ke cintaan mereka pada batu akik. Dari sekian banyak jenis batu mulia ataupun akik, jenis bacan masih menjadi incaran para kolektor. Bahkan jika sebelumnya demam bacan hanya terjadi di kota-kota besar, kali ini demam bacan hampir merata terjadi di seluruh daerah indonesia. Secara otomatis hal ini tentu memicu oknum-oknum nakal untuk berbuat curang. Batu bacan sintetis yang beredar bahkan sangat sulit di bedakan dengan yang aslinya.

Terkait dengan hal tersebut, kali ini penulis akan share tentang ciri-ciri batu bacan sintetis yang beredar di pasaran. 
1. Ukuran berat
Jika sobat hendak membeli batu bacan, sebaiknya sobat timbang batu bacannya saja tanpa menggunakan rangka cincin. Batu bacan sintetis terasa ringan dan sangat tidak sesuai dengan batu se ukurannya. Modus yang paling banyak terjadi adalah batu bacan sintetis sudah di ikat dengan embannya. sehingga saat di timbang terasa berat, padahal berat tersebut bukan dari batu nya tetapi dari berat embannya.

2. Gelembung
Perhatikan gelembung yang terdapat pada batu bacan. Batu bacan sintetis biasanya terdapat gelembung. Usahakan untuk melihat serat batu dengan microskop kecil atau kaca pembesar. Batu bacan yang asli, jika di senter dan di lihat dengan kaca pembesar akan terlihat serat nya meskipun sedikit dan tidak ada gelembungnya. 

batu bacan sintetis

3. Harga
Hati-hati jika sobat sekalian bertemu dengan batu bacan super tapi berharga miring. Batu bacan yang asli hampir merata di seluruh daerah indonesia berharga mahal. Terlebih lagi untuk batu bacan super harganya luar biasa mahal. 

4. Hindari jual beli melalui internet
Meskipun jual beli online mulai berkembang di indonesia tetapi untuk takaran negara ini masih belum bisa dibilang profesional. Tidak sedikit para penghobi yang tertipu akibat jual beli online. Mereka kehilangan jutaan bahkan puluhan juta hanya dalam beberapa menit saja. kalaupun anda ingin menggunakan sistem online, sebaiknya menggunakan toko online lokal khusus daerah anda saja, sehingga anda bisa lihat langsung dan transaksi tatap muka.

5. Uji lab
Meskipun sepele tetapi uji lab terbukti mampu meminimalisir tingkat kecurangan pada transaksi jual beli. Hal ini terjadi pada seorang teman saya ketika dia transaksi dia mengajak si penjual untuk uji lab, dan si penjual tiba-tiba membatalkan transaksinya. padahal teman saya sudah menawarkan biaya uji lab dia yang tanggung tetapi si penjual tetap saja menolak. Dari sini saja kita tahu bahwa si penjual ketakutan, tentu saja karena batu nya palsu.

6. Uji bakar
Ada hal simpel yang mungkin bisa sobat coba saat membeli batu bacan, terutama jika batu nya sudah di ikat dengan emban cincin. caranya yaitu dengan uji bakar. Batu bacan sintetis jika di bakar akan menjadi hitam mutung seperti plastik terbakar. sedangkan bacan yang asli tak akan berpengaruh apa-apa.

semoga bermanfaat ya

Komentar