5 bisnis di bidang burung kicau

Berawal dari sebuah hobi lantas menjadi sebuah prestasi dan sukses menjadi ladang bisnis. Mungkin istilah tersebut bisa mewakili orang-orang sukses dalam dunia burung kicau. Tidak sedikit loh sob...para pecinta kicau yang pada awalnya hanya sekedar menyalurkan hobi lantas berlanjut menjadi pebisnis sukses. Meskipun tidak semua pecinta kicau melirik burung kicau sebagai bisnis, tetapi memang tak bisa dipungkiri bahwa burung kicau memang prospektif sebagai sebuah bisnis. entah itu hanya sebatas bisnis kecil-kecilan ataupun sebagai bisnis besar.

bisnis burung kicau

Sebut saja Om duto sang pemilik website Om kicau.com ataupun Om Iwan lippo yang sukses dengan penangkarannya. Bisnis mereka semakin hari semakin bersinar. Bahkan kini merambah ke bidang kicau yang semakin luas. Dari sini jelas bahwa yang namanya hobi burung kicau, tidak bisa diartikan hanya sebatas memelihara dan mendengar kan kicau saja, tetapi lebih dari itu. Walaupun faktanya demikian kesenjangan dalam dunia burung kicau masih tetap sama. Tidak semua penghobi bisa merasakan nikmat nya hobi kicau. Bahkan saya cukup prihatin jika masih banyak penghobi yang punya banyak burung tetapi dalam hal ekonomi termasuk kekurangan. Buktinya saja para tukang pikat atau penjaring burung. Meskipun mereka ujung tombak dunia kicau, tetapi penghargaan terhadap kerja keras mereka sangatlah minim. Padahal tanpa mereka tak kan mungkin kita bisa memelihara burung. 

Faktor nya adalah pengetahuan yang rendah serta akses informasi yang minim. Para tukang pikat atau penjaring burung tak pernah tahu naik turun nya harga burung. Mereka juga tak pernah tahu burung yang sedang trend. Sedangkan rantai yang lebih tinggi, mereka hanya santai-santai dan mendapatkan banyak uang. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah ketika kerusakan ekosistem karena perburuan burung secara brutal, pasti yang disalahkan hanyalah tukang pikat dan para penjaring burung. Bukan kah regulasi kontes burung juga menentukan. Bukan kah aturan-aturan lomba juga menentukan, bukan kah para penjual juga ikut bertanggung jawab.

Terkait dengan hal tersebut, tulisan ini di dedikasikan untuk para pelaku ujung tombak burung kicau. Berfungsi sebagai wahana berbagi tentang bisnis kicau, dan membuka wawasan, bahwa pada dasarnya bisnis kicau itu luas dan tidak terbatas hanya berburu burung saja. 
1. Menjual Pakan burung racikan
Bisnis ini bisa dibilang termasuk kategori bisnis besar dan penghasil pundi-pundi uang paling terbesar dalam dunia burung. Jika sobat-sobat punya racikan pakan burung sendiri untuk membuat burung gacor, ini saat nya sobat harus mencoba. Mungkin awal nya promosi bisa dimulai dari sekedar teman-teman dekat saja, setelah cukup terkenal dan punya modal besar. mungkin sobat bisa bangun pabrik pakan racikan untuk seluruh indonesia. Tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. 

2. Bisnis Website atau blog burung kicau
Mengikuti jejak om kicau, ronggolawe, agrobur dan kicau mania yang sudah lebih dulu sukses. Mungkin kita juga bisa mencoba bisnis jenis ini. Terlebih lagi jika sobat punya sedikit keterampilan terkait dengan dunia komputer dan internet. wah jadi tambah mendukung tuh.......om duto sendiri pernah memberi bocoran bahwa penghasilan salah satu website nya perbulan bisa mencapai 20-30 juta. wow fantastis bukan......sedangkan om duto punya banyak tuh.....ya sobat hitung sendiri lah kalo punya 10 website seperti itu.

3. Membuka kios burung
Saya rasa ini sudah tidak asing lagi sob....tapi ini layak dicoba loh. Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah rasa takut yang berlebihan ketika ingin memulai. Terutama jika stok burung cuma sedikit, takutnya gak laku atau malu sama pembeli. Padahal sebenarnya dalam bisnis ini justru bukan burung kunci sukses. Seorang teman bahkan ada yang jatuh bangkrut karena terlalu banyak stok burung. Burung mati modal hilang, burung semakin tua modal berkurang, burung terlalu banyak makan justru bengkak biaya perawatan. Kunci dari bisnis kios burung adalah ketersediaan pakan burung. Karena transaksi jual beli yang paling sering terjadi adalah jual beli pakan. Meskipun namanya kios burung tetapi tetap saja sob.....fungsi burung disini hanyalah pemanis. So. tak perlu takut untuk memulai bisnis ini jikalau kendala nya hanya burung saja. 

4. Bisnis jual beli online dan penangkaran
Nah ini dia nieh sob bisnis yang sedang trend. Seiring dengan perkembangan android serta dunia internet yang makin maju. Para pecinta kicau jadi makin praktis dalam jual beli burung. Bahkan sekarang sudah jarang pecinta kicau yang beli burung ke kios. Lebih enak lewat online, Liat foto nya, lihat video nya, spesifikasi burung, tawar menawar deal jadi dehhhhhh  dapet duit. selain faktor praktis tentu faktor ekonomis juga sob....harga burung jadi lebih kompetitif disini. tak salah jika para pembeli lebih suka jalur online. Paling banyak bisnis ini digeluti oleh para penangkar burung.

5. Jasa perawatan dan penitipan burung kicau
Di kota-kota besar bisnis ini sangat menjanjikan sob. Para pemiliki burung menitipkan burung untuk dirawat dengan kesepakan yang telah dijanjikan sesuai dengan nilai jasa nya. Sebenarnya bisnis ini bukan bisnis baru, dahulu ketika belum ada bisnis ini. para pecinta kicau sering titip burung hanya untuk dimaster. Terutama jika harus bepergian jauh tentu kita mengandalkan teman sesama hobi untuk merawatnya. Mungkin inilah cikal bakal lahir nya bisnis ini.

Semoga bermanfaat ya dan jangan takut sob....tak ada yang tidak mungkin di dunia ini selama kita mau berusaha. wassalam.







Komentar