Cara tercepat membuat skripsi yang baik dan benar

Pada dasarnya cara membuat skripsi sangatlah mudah, terutama bila terkait dengan kriteria skripsi yang baik dan benar. mengapa saya bilang demikian??? ya sobat tinggal ikuti saja rule-rule yang berlaku dalam universitas sobat. Jika hal tersebut sudah dilakukan, ya bisa dibilang skripsi sobat masuk dalam kategori skripsi yang baik dan benar. 

skripsi yang baik dan benar

Lantas mengapa pembuatan skripsi terasa begitu sulit bagi sebagian besar mahasiswa?ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Dan mungkin faktor-faktor tersebut lebih banyak dari apa yang seharusnya kita tulis dalam skripsi itu sendiri. contohnya faktor psikologis, coba deh sobat bayangin, mungkin gak seseorang yang sudah keburu takut duluan dengan yang namanya "skripsi", bisa gak menyelesaikan skripsi nya?????atau seseorang yang takut untuk menghadap dosen pembimbingnya???jangankan untuk menyelesaikan skripsi nya...untuk menghadap sang dosen aja gak berani. gimana mau jadi skripsi nya????? belum lagi faktor lainya seperti minimnya pengetahuan, minimnya sarana dan prasarana atau bahkan fakta-fakta di lapangan yang sama sekali bertolak belakang dengan keadaan teori. nah disinilah pembuatan skripsi terasa sangat sulit.

Tetapi meskipun demikian, tidak berarti bahwa kita harus berhenti atau pasrah begitu saja. Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa membatu sobat dalam proses pembuatan skripsi.

Cara tercepat membuat skripsi yang baik dan benar.
1. Fokus pada buku panduan penulisan skripsi
Masing-masing universitas biasanya menerbitkan buku panduan dalam penulisan dan penyusunan skripsi, nah sobat pelajari baik-baik deh buku panduan tersebut, bila perlu sampe sobat paham betul rule nya. seperti aturan jenis huruf, ukuran huruf, margin atau tanda baca nya. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah buku panduan tersebut tidak di baca dan dipelajari. Bahkan ada mahasiswa yang malah sibuk membaca aneka skripsi dari internet. itupun skripsinya dari universitas yang berbeda. ya jelas gak nyambung lah....

2. Skripsi yang se-tipe
coba sobat cari skripsi yang se-tipe dengan judul skripsi sobat di perpustakaan kampus. Nah dari skripsi yang sudah jadi tersebut, sobat bisa melihat kerangka skripsi nya, pola tanda baca nya, pola pemaparannya dan lain sebagainya. tapi jangan dicontek isinya ya....hehehehehehe. dari sini sobat bisa mulai menulis pelan-pelan skripsi sobat. kadang kala kita juga butuh inspirasi dari orang lain, terutama dalam hal pemilihan kata dan kalimat. 

3. Skripsi itu mudah
Setelah sobat menyelesaikan skripsi sobat, beranikan diri untuk menghadap sang dosen. Tanamkan dalam diri bahwa skripsi itu mudah. so.....sobat bisa enjoy buat skripsinya.

4. Pelajari statistika dengan baik
suka tidak suka, mau ataupun tidak mau, tetap saja anda akan berhadapan dengan rumus-rumus statistika. Terutama jika sudah masuk pada bab pembahasan hasil penelitian, kemampuan statistika sangatlah diperlukan. Tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya kebingungan hanya karena tidak menguasai statistika. Meskipun anda hebat dalam hal penyusunan kalimat ataupun pemaparan teori tetapi tak menguasai statistika ya percuma. lah...skripsi nya mau ukur pake apa?????

semoga bermanfaat ya

Komentar