Etnografi Komunikasi

Pengertian etnografi komunikasi
Etnografi komunikasi adalah salah satu metode penelitian bidang komunikasi yang beranjak dari paradigma interpretative dan konstruktivis. Metode ini fokus pada kajian mengenai pola komunikasi yang digunakan oleh manusia dalam suatu masyarakat. 
etnografi komunikasi

Metode ini masih terbilang baru di indonesia, pada tahun 1962 dell hymes menggagas metode etnografi komunikasi. Metode ini konon lahir sebagai kritik dari ilmu linguistik yang lebih menekankan pada segi bahasa saja.

Simpel nya, etnografi komunikasi adalah pengkajian peranan bahasa dalam perilaku komunikasi suatu masyarakat, yaitu cara-cara penggunaan bahasa pada masyarakat yang berbeda budaya. (Kuswarno, 2008:11). Etnografi komunikasi juga bisa dikatakan cabang dari ilmu antropologi yaitu etnografi berbahasa.
Menurut sejarah lahirnya, etnografi komunikasi tidak bisa berdiri sendiri. 

Dalam hal ini jelas bahwa etnografi perlu dukungan dari disiplin ilmu lainnya seperti sosiologi, antropologi, filosofi dan sosiolonguistik. 

Kini etnografi komunikasi telah menjelma menjadi disiplin ilmu baru yang metekonstruksi perilaku komunikasi dan kaidah sebenarnya dalam kehidupan sosial yang sebenarnya.

Komentar