Pleci Mountanus

Salah satu jenis pleci yang cukup populer dan banyak penggemarnya adalah pleci mountanus. Pleci ini lebih familiar disebut sebagai pleci monty, ada pula yang menyebutnya sebagai pleci gunung. Volume suara pleci ini terbilang besar dengan bodi yang besar pula, sehingga tak salah bila banyak pecinta pleci mengkoleksi jenis pleci ini.

pleci mountanus

Ciri fisik pleci montanus

1. Bertubuh besar
Tubuhnya besar bahkan jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya, pleci montanus terbilang yang cukup besar.

2. Warna retina putih
Warna retina dari pleci montanus berwarna putih. Meskipun kadangkala ditemukan montanus bermata keruh tetapi mayoritas pleci jenis ini retina nya putih.

3. Bulu dada abu-abu garis tengah kuning
Bulu dada pleci montanus mirip sekali dengan pleci buxtoni. Bulu dada berwarna abu-abu putih dengan garis kuning di tengah nya. 

Ciri suara pleci montanus

Karakter call dan nada irama yang dimainkan oleh pleci montanus mirip sekali dengan jenis buxtoni, hanya saja volume montanus lebih besar dan lebih ngebass. Dalam posisi ngalass ngerol, pleci montanus lebih sering nge time (alias berhenti-berhenti) berbeda dengan jenis buxtoni dan dakun yang cenderung langsam tanpa jeda.

baca lebih lengkap tentang: Pleci buxtoni

Perawatan pleci montanus

Perawatan pleci montanus sebenarnya sama saja seperti perawatan pleci lainnya, hanya saja karena body nya yang besar tentu pleci ini butuh porsi makanan yang lebih banyak. Hal ini meliputi porsi protein, vitamin dan mineralnya. Para senior pleci menyatakan bahwa memang pleci jenis ini, dari segi waktu terbilang lama untuk buka paruh.

baca juga : Faktor penunjang agar pleci cepat buka paruh

Perawatan harian pleci mountanus

1. pagi hari pleci montanus di embun kan
2. jam 07.00 pagi jemur pleci montanus dibawah sinar hangat matahari pagi
3. jam 08.00 pleci montanus di mandikan dengan spray halus, jika pleci sudah terbiasa mandi sendiri biarkan pleci mandi dengan sendirinya.
4. jam 08.15 jemur kembali pleci hingga bulunya kering.
5. jam 09.00 angkat pleci kemudian angin-anginkan di teras rumah.
6. perdengarkan suara-suara masteran 
7. lakukan hal serupa disore hari sekitar jam 04.00 sore kemudian kerodong pleci agar mendapat porsi istirahat yang cukup.

Pemberian extra fooding

1. Berikan vitamin-vitamin yang dicampur pada air minum nya seminggu 2 kali
2. Berikan extra fooding ulat hongkong, ulat kandang ataupun kroto dalam porsi yang terukur dan teratur
3. Berikan variasi buah seminggu 2 kali

note : perlu penulis tekankan disini, pada dasarnya perawatan pleci sangatlah simple. Meskipun pleci hanya diberi voer dan air minum saja, se-iring berjalannya waktu pleci akan tetap buka paruh. so.....jangan dibuat pusing sob......ketika ada buah atau extra fooding ya kasih.....ketika gak ada ya gak apa-apa. Yang terpenting adalah kita menikmati hobi tersebut jangan sampai justru bikin stress sendiri.

Semoga bermanfaat ya. salam pleci mania.


Komentar