pleci auriventer

Pleci auriventer merupakan salah satu jenis pleci yang juga sering dijadikan jagoan gantangan. Meskipun harga  pleci auriventer terbilang cukup mahal dipasaran, tetapi animo para pleci mania tetap saja tak pernah surut. Volume nge bass nya pleci auriventer tak bisa di pandang sebelah mata. tak salah bila beberapa negara tetangga sudah lebih dulu nge fans dengan jenis pleci ini. Sebut saja negara singapura dan malaysia yang hampir sebagian besar pecinta nya memelihara auriventer. Bahkan konon kabarnya pleci-pleci yang ada di singapura merupakan burung kiriman dari indonesia yang di ekspor oleh pihak malaysia. 

Di indonesia sendiri, beberapa daerah seperti batam tanjung pinang hampir sebagian besar fokus di pleci auriventer. Jika di singapura pleci ini lazim disebut dengan sebutan mata puteh sedangkan di indonesia biasa disebut pleci auri. Jika dilihat secara sepitas pleci auri sangat mirip dengan pleci buxtoni. Bahkan di beberapa daerah masih banyak yang bingung untuk membedakan antara pleci buxtoni dan pleci auri. 

Perbedaan pleci auri dan buxtoni
cara paling termudah untuk membedakan pleci auri dan buxtoni adalah dengan mendengarkan nada call nya. nada call pleci auri lebih ngebass dan terdengar chow.....chow.... chow...sedang pleci buxtoni terdengar nyaring dengan bunyi chieww......... chieeww......chiew. Dari segi postur tubuh, pleci auri terlihat lebih panjang dan ramping dari pleci buxtoni. Disaat sedang bertengger biasanya pleci auri terlihat lebih berdiri tegap, sedangkan pleci buxtoni tidak. Untuk pleci auriventer yang sudah dewasa biasanya bentuk alis kacamatanya terlihat lebih tebal dari pleci buxtoni. 

pleci auriventer
pleci buxtoni

Keunggulan pleci auriventer
karena suaranya yang nge bass, tentu saja dari sisi volume pleci jenis ini volumenya lebih besar. Pleci auriventer juga memiliki nafas yang terbilang panjang. tak salah bila pleci ini ketika memasuki fase buka paruh tembakan yang dikeluarkan akan bertubi-tubi tanpa jeda. Di singapura istilah ini disebut long gun. Ketika pleci auri memasuki fase full buka paruh, nyaris seharian pleci ini akan bernyanyi tanpa henti. dan tembakannya itu sob.....sangat berisik di telinga.

Kesulitan memelihara pleci auriventer
Bagi yang terbiasa memelihara pleci jenis dakun dan buxtoni akan kaget saat memelihara auriventer. Karena pleci ini sangat lincah dan sulit untuk dijinakkan. Dari segi buka paruh pun demikian, pleci ini sangat terkenal susah untuk buka paruh. bagi saya pribadi sih intinya sebenarnya bukan sulit....tetapi memang untuk pleci jenis auriventer dari segi perawatan dan setelan birahi pun memang berbeda jauh dengan pleci jenis lainnya. karena sifatnya yang monomorphic memang sangat sulit membedakan antara jantan dan betina. kebanyakan para pecinta pleci salah membeli pleci auri betina sehingga meskipun dirawat bertahun-tahun tak kunjung buka paruh...gimana mau buka paruh lah wong betina........he he he he

Membedakan auri jantan dan betina
sobat perhatikan bentuk tubuhnya yang panjang, ramping dan berdiri tegap biasanya itu pleci auri jantan. untuk lebih pastinya, sebaiknya sobat perhatikan apakan pleci tersebut ngeriwik isian atau tidak. Jika pleci itu ngeriwik isian bisa dipastikan bahwa itu adalah auri  jantan. 

akhir kata....semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat pecinta pleci. 

Komentar