Sejarah singkat Gerakan Accelerated Learning


Accelerated learning: Praktik Sepanjang Zaman

Accelerated learning adalah cara belajar yang alamiah, telah tertanam sejak zaman kuno. Sebagai suatu gerakan modern yang mendobrak cara belajar didalam pendidikan dan pelatihan terstruktur dalam kebudayaan barat, AL muncul kembali akibat adanya pengaruh pada abad ke 20

Pendekatan Lozanov
Pada 1970-an lynn Schroeder dan Sheila ostrander menerbitkan sebuah buku berjudul super learning yang mengemukakan karya psikiatri Bulgaria, Georgi Lozanov. Buku itu mengundang perhatian banyak pendidik dan guru yang sedang mencari pendekatan belajar yang lebih efektif.

Lozanov mendapati bahwa dengan menenangkan pasien psikiatri dengan music barok dan memberi mereka sugesti positif mengenai kesembuhan mereka, banyak pasien yang mengalami kemajuan besar. Dia merasa telah menemukan cara untuk melangkah masuk kedalam sesuatu yang jauh di dalam lubuk jiwa yang lebih dalam ketimbang kesadaran rasional.

Lozanov merasa bahwa metode ini juga dapat diterapkan pada pendidikan. Dengan disponsori pemerintah Bulgaria, dia memulai melakukan penelitian mengenai pengaruh music dan sugesti positif pada pembelajaran, dengan menggunakan bahasa asing sebagai subject. Dia mendapati bahwa kombinasi music, sugesti dan permainan kanak-kanakmemungkinkan pelajar untuk belajar lebih jauh dan lebih cepat. Kabar mengenai 
penemuannya menyulut imajinasi para guru dan pendidik dimana-mana.

Pada tahun 1970-an, don Schuster dari lowa state university, dan pendidik Ray Bordon dan Charles gritton, mulai menerapkan metode itu dalam pengajaran SMU dab universitas dengan hasil yang positif. Pada tahun 1975, mereka bersama banyak tokoh lain mendirikan SALT (the society for accelerative learning and teaching) dan mulai mensponsori konfrensi-konfrensi internasional yang menarik minat para professor perguruan tinggi, pendidik sekolah, dan pelatih perusahaan dari seluruh dunia. Kemudian SALT diganti menjadi IAL (the international alliance for learning) dan masih mensponsori konfrensi-konfrensi tahunan di amerika serikat bagi peserta internasional.

Komentar