Google+ Followers

9 pertanyaan dosen dalam seminar proposal skripsi.


    Seminar proposal skripsi merupakan fase yang harus dilewati oleh setiap mahasiswa yang akan melakukan penelitianatau yang sedang menggarap skripsi. Terkait dengan hal tersebut, tentu saja memiliki gambaran tentang segala hal yang terkait dengan seminar merupakan sesuatu yang penting. artinya jelas bahwa semakin kita memiliki persiapan maka akan semakin bagus. Terutama yang terkait dengan berbagai pertanyaan dosen dalam seminar proposal skripsi.  
    Tidak sedikit juga lho sob yang bingung, nerveous atau gelagapan ketika seminar proposal skripsi hanya karena gak punya persiapan. khusus untuk kali ini saya akan share sedikit tentang beberapa pertanyaan yang paling sering di lontarkan oleh dosen maupun oleh audiens pada saat seminar proposal skripsi.
    contoh proposal skripsi

    Berikut ini adalah 9 pertanyaan yang sering dilontarkan oleh dosen dalam seminar proposal skripsi beserta jawabannya. 

    Duduk santai bro soalnya bakal rada panjang nieh........

  1. Mengapa anda mengambil judul skripsi tersebut?
  2. Jawab : lihat pada latar belakang masalah. Utarakan permasalahan yang ada pada latar belakang masalah yang ada di bab 1. jadi intinya sob... dari berbagai permasalahan tersebut kita membuat sebuah penelitian kecil lantas lahirlah judul tersebut yang lazim di sebut judul skripsi.
    agak melenceng sedikit nieh sob... seorang teman pernah bertanya kepada saya kenapa sih yang namanya skripsi itu terbentuk dari sebuah permasalahan. bukan nya bikin skripsi itu kan ada judulnya terus garap, jadi deh skripsi. saya cuma ketawa kecil aja sambil menjawab. iya logika aja bro...seandainya gak ada masalah ngapain kita sibuk-sibuk melakukan penelitian. sama hal nya seperti sebuah perusahaan yang menginginkan kemajuan bagi perusahaan nya tentu saja tuh perusahaan lantas mengidentifikasi berbagai permasalahan yang ada, lantas kemudian melakukan penelitian dan kajian yang mendalam untuk menemukan solusinya. begitu juga dengan skripsi, dari berbagai permasalahan yang kita temukan tersebut itulah yang nantinya akan kita teliti. maka lahir lah judul skripsi. kita lanjut ya....

  3. Apa instrument yang anda gunakan dalam penelitian?

  4. Jawab : Lihat pada bab 3. pada instrument penelitian. 

    anda jelaskan se detail mungkin tentang instrumen penelitian yang anda gunakan dalam mengumpulan data. 

    instrumen Penelitian itu maksudnya alat-alat atau materi yang kita gunakan dalam proses pengambilan data

    jika data yang kita ambil terkait dengan prestasi belajar siswa, sudah barang tentu instrument nya itu soal-soal tertulis. 

    jika data yang kita ambil terkait dengan praktek maka instrument nya itu ya alat-alat praktek sob. 

    jika data kita terkait dengan aplikasi komputer ya tentu saja instrument nya adalah komputer satu set. 

    oke... kita lanjut

  5. Jenis penelitian apakah yang anda gunakan?

  6. Jawab : Lihat pada bab 3 jenis penelitian yang anda gunakan. 

    apakah kuantitatif, kualitatif dan lain sebagainya. 

    nah ini nieh sob yang kudu hati-hati jawab nya. sebaiknya persiapkan juga keterangan detil tentang jenis penelitian yang anda ambil sob....

    bisa di cari di internet atau di perpustakaan kampus sob. soalnya kadang-kadang si dosen iseng nanya detil tentang penelitian tersebut. 

    misalnya jenis penelitian kita adalah kualitatif....kadang dosen iseng " tolong sih jelaskan sedikit tetang penelitian kualitatif" terutama yang terkait dengan penelitian anda. 

    nah kalo rekan-rekan gak punya persiapan bisa runyam urusannya. hehehehehe

  7. Mengapa anda begitu yakin teknik yang anda gunakan dapat memecahkan masalah dalam penelitian anda?
  8. Jawab : Keluarkan teori inti pada bab 2. 

    bila perlu sampaikan beberapa teori pendukung yang disertai dengan fakta-fakta di lapangan. 

    Hanya sekedar tips nieh sob.... sebisa mungkin untuk teori inti dan beberapa teori pendukung anda hapalkan di luar kepala, jadi kesannya saat anda ditanya tentang teori anda sudah matang banget. 

    padahal mah cuma hapal 4 teori doank. wkwkwkwkwkwk...

    dari pengetahuan teori ini juga sob, kalo dosen yang cermat tuh dosen juga bisa menerka-nerka kita paham atau gak dengan skripsi yang kita garap. 

    Kalo teori inti aja kita masih buka skripsi, buka laptop apalagi buka contekan sudah pasti tuh dosen berpikir bahwa kita kurang paham dengan materi yang kita sampaikan.

  9. Apa indikator keberhasilan dalam penelitian anda?

  10. Jawab : Buka bab 3 pada indikator keberhasilan penelitian. 

    simpel nya sob....indikator keberhasilan itu merupakan berbagai hal yang mengindikasikan keberhasilan suatu penelitian. 

    misal nya penelitian kita tentang meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan bermain peran. 

    perhatikan point utama nya yaitu "kemampuan bahasa inggris" bicara kemampuan berarti kita bicara nilai. so.....bisa kita tentukan dari penelitian tersebut bahwa indikator keberhasilan nya adalah "nilai" dengan range tertentu. 

    indikator keberhasilan penelitian bisa juga kita buat dari pertanyaan-pertanyaan penelitian yang sudah terjawab. misal nya judul kita untuk melihat apakah metode tertentu berpengaruh signifikan atau tidak. ternyata setelah kita ukur, memang hasilnya signifikan. nilai signifikan misalnya 7-10. 

    nilai 7-10 itulah indikator nya. sederhanya begini sob,....apa indikator seseorang disebut orang kaya? tentu memiliki harta banyak, rumah mewah, mobil, tanah dan lain sebagainya. nah, jumlah harta, rumah, mobil dan lain sebagainya itulah yang menjadi indikator sebutan orang kaya.

    oke kita lanjut, ya.....

  11. Jelaskan secara ringkas tentang penelitian yang akan anda lakukan?

  12. Jawab : sobat Jelaskan atau sampaikan kepada dosen  tentang penelitian yang akan anda lakukan (prosedure yang akan anda lakukan). atau simpelnya adalah langkah-langkah yang akan anda buat dalam satu proses penelitian. Satu proses penelitian, biasanya terdiri dari persiapan penelitian dari menyusun anggaran,mempersiapkan instrumen, mempersiapkan berkas dan lainnya, pelaksanaan penelitian, pengumpulan dan pengukuran data penelitian serta penarikan kesimpulan. 

  13. Jelaskan alur kerangka pemikiran yang anda buat?

  14. Jawab : Lihat pada kerangka pemikiran bab 3. 

    sampaikan kerangka pikir yang telah anda buat. cobalah untuk meyakinkan dosen dan audiens dengan kerangka pikir yang telah anda buat, bahwa penelitian tersebut dari berbagai prosedur penelitian yang telah di jalani tersebut akan mendapatkan data yang proporsional, dan tentu saja dapat menjawab berbagai permasalahan dalam penelitian. kerangka pemikiran secara sederhana bisa bisa kita gambarkan seperti dibawah ini.

    masalah-----solusi------hasil. 

    Supaya lebih cantik dan keliahatan profesional. sobat bisa pecah kembali poin masalahnya apa saja, solusinya apa saja, dan kira2 hasilnya akan seperti apa. sobat gambarkan dalam bentuk bagan atau chart agar lebih detil dan spesifik.

  15. Jelaskan metode penelitian yang anda gunakan?

  16. Jawab : Lihat metode penelitian anda, sampaikan metode yang anda gunakan dalam penelitian. beserta teori-teori pendukung yang anda gunakan.

  17. Jelaskan proses pengambilan data dan data analisis pada penelitian yang akan anda lakukan.!

  18. Jawab : Pada bab 3 lihat teknik pengambilan data dan data analisis. 

    disini anda dituntut untuk mampu mendeskripsikan berbagai proses yang terjadi pada saat pengambilan data hingga ke proses menganalisis data. 

    ya cerita-ceirta dikitlah sob.....agar lebih jelas dosen nya. cobalah untuk se rilexs mungkin saat menjelaskan sehingga kesan yang timbul gak terlalu kaku sob. soalnya anda dituntut untuk menjelaskan secara rinci sob......


    Semoga bermanfaat ya.......maju terus garap skripsimu. wisuda sudah di depan mata sob....tetap semangat.

    baca juga artikel lainnya :
    1. Cara membuat skripsi Bab I
    2. Cara membuat judul skripsi termudah
    3. Cara membuat skripsi Bab II
    4. Cara cepat mengajukan judul Skripsi
    5. Revisi skripsi, siapa takut???

Comments

  1. makasih bwt infonya ^_^
    #ratna

    ReplyDelete
  2. sama-sama. terima kasih sudah bersedia mampir

    ReplyDelete
  3. Terimakasih membantu sekali....

    ReplyDelete
  4. Makasih yah atas infornmasinya...semoga bisa menjawab semua pertanyaan penguji dengan baik...amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. terima kasih sudah bersedia mampir. smoga bermanfaat ya

      Delete
  5. terima kasih sangat,,,, jadi ada gambaran nih

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Makasih infone ommmm....!!! Mg2 mnfaat...

    ReplyDelete
  8. makasih banget ni infonya, jadi tau yang perlu disiapkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama phines aria. terima kasih udah mampir di blog ini

      Delete
  9. Makasih infonya
    Semoga seminar proposal besok lancar dan semua pertanyaan dosen penguji bisa saya kawab semua
    Amiiin.....

    ReplyDelete
  10. Makasih infonya
    Semoga seminar proposal besok lancar dan semua pertanyaan dosen penguji bisa saya kawab semua
    Amiiin.....

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah kak..setelah baca blog kakak jdi bisa persiapan buat seminar proposal besok.. thanks kak..dan semoga besok bisa lancar 😇

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah kak..setelah baca blog kakak jdi bisa persiapan buat seminar proposal besok.. thanks kak..dan semoga besok bisa lancar 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama2. terima kasih udah berkunjung ya.

      Delete
  13. Makasih bro atas infonya berguna banget buat persiapan uji proposal nanti..

    ReplyDelete
  14. makasih infony kak, sangat bermanfaat bagi sy dpt referensi sprti ini untuk persiapan seminar proposalku besok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat. terima kasih sudah mampir di blog ini.

      Delete
  15. Alhamdulillah sangat membantu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin. alhamdulillah. semoga bermanfaat.

      Delete
  16. Makasih atas infonya, jadi tau apa yang harus disiapkan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama gan. terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

      Delete
  17. terimakasi banyak untuk ilmunya..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. makasih bg .. tinggal nunggu hari soalnya.. semoga sehat selalu bg ya !!

    ReplyDelete
  19. terimakasih bang, blm pernah liat seminar proposal tp liat postingan ini, jd ada gambaraan ^^

    ReplyDelete
  20. weeeeee.. minggu ini sidang proposal.. semangat. semoga berhasil aamiin

    ReplyDelete
  21. Terima Kasih, sangat membantu....jd tau apa yg disiapkan utk hari ini.

    ReplyDelete

Post a Comment