Wednesday, November 28, 2012

Cara Menguasai ribuan Vocabulary bahasa inggris dengan cepat

Mampu Berkomunikasi menggunakan bahasa inggris merupakan sebuah kebutuhan. Terlebih bagi para siswa, kemampuan bahasa inggris merupakan dambaan dan impian. Namun sayang pada faktanya hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit para siswa yang kemudian malas belajar dan menyerah begitu saja lantaran bahasa inggris terbilang cukup sulit untuk dikuasai.

cara menguasai vocabulary bahasa inggris
 Salah satu kendala terbesar siswa dalam mempelajari bahasa inggris adalah kurang nya penguasaan vocabulary. Sehingga membuat berbagai aktivitas belajar bahasa inggris seolah menjadi mandeg dan semakin sulit untuk dipelajari.  Tanpa vocabulary yang memadai tentu sulit untuk menguasai bahasa inggris. Tetapi walaupun demikian bukan berarti tidak bisa loh...!. Jangan menyerah dulu sob.! Karena ternyata ada cara mudah untuk menguasai jutaan vocabulary hanya dalam waktu yang relatif singkat.
Inilah cara nya.....

Step 1
1. Siapkan 1 buah bloknote (buku catatan kecil), pena berwarna 1 buah dan kamus indonesia-inggris (bukan inggris-indonesia loh)
2. Tuliskan 10 benda yang paling kamu suka dalam kamar mu. Kemudian carilah artinya dikamus dalam bahasa inggris.
3. Sebelum tidur. Cobalah untuk mengingat 10 benda tersebut sambil memegangnya satu persatu. Cobalah dengan mengingat namanya sekuat mungkin.bloknote Anda tidak boleh dibuka.  Kecuali anda benar-benar tak sanggup untuk mengingatnya.
Ke esokan harinya saat anda baru bangun tidur.pasti anda sudah hapal 10 nama benda tersebut dalam bahasa inggris.(aneh bukan)

Step 2
1. Selama di sekolah tuliskan 10 benda yang sangat anda benci. Carilah dikamus artinya dan cobalah untuk mengulang-ulang nama benda tersebut saat anda melihatnya didepan anda.
2. Cobalah untuk mengingat kembali 10 kata tersebut saat anda telah sampai dirumah. Pasti anda sudah hapal tanpa membuka blok note. (dijamin)

Lakukan hal tersebut di berbagai tempat dengan beragam benda yang berbeda. Tentu nya dengan cara seperti diatas. Jika anda bisa mengingat 10 benda di 10 tempat yang berbeda dalam satu hari itu artinya 10x10=100 kosakata, wow. 100 kata telah anda kuasai dengan cara yang amat mudah. Jika anda rutin melakukannya dalam 10 hari saja. Berarti 100 x 10 hari=1.000 kosakata anda kuasai.

Konsepnya adalah bahwa sesuatu yang kita suka dan sesuatu yang amat kita benci sangatlah mudah menempel di otak bahkan tanpa perlu usaha untuk mengingatnya sekalipun. Selain itu benda-benda aneh, benda menarik, benda berwarna mencolok dan benda yang sering kita lihat juga amat mudah untuk diingat.  Hal tersebut dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan vocabulay bahasa inggris anda. 

Jika anda mampu mengingat ribuan atau bahkan jutaan kata. Maka bahasa inggris merupakan pelajaran yang paling termudah bagi anda. Mengapa demikian? Kebanyakan siswa bingung menjawab soal bahasa inggris hanya karena 1 sebab. "siswa tersebut tak tahu arti dari soal tersebut" dan tentu saja hal ini dikarenakan minimnya vocabulary. Terutama untuk soal-soal berbentuk teks. Wah sulit banget tuch.... Terlebih Jika kamu gak punya perbendaharaan vocabulary yang memadai.

Semoga bermanfaat ya.....keep smile anda enjoy your life.

6 komentar:

  1. Untuk mengingat yang saya senangi bisa sampai 1000 kata, tapi kalau yang saya benci rasanya tidak sampai sebanyak itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap individu tentu berbeda. untuk orang lain mungkin berlaku sebaliknya. vocab yang tidak di benci justru sulit untuk di ingat.

      Delete
  2. bahasa inggris menyenangkan bagi yang menguasi namun sebaliknya membosankan bagi yang tidak menguasai........

    ReplyDelete
  3. thanks i will try...:D

    ReplyDelete
  4. makasih gan, jadi termotivasi buat serius belajar b.ingg. tadinya boro2 belajar, dengerin lagunya aja males. _/\_

    ReplyDelete