Wednesday, November 7, 2012

Kurikulum baru di tahun 2013

Mendikbud berencana menerapkan kurikulum baru yang akan diberlakukan di tahun 2013. Kemendikbud sedang melakukan pembahasan yang dibagi dalam tiga tahap. Yaitu pembahasan internal Kementerian, pembahasan dengan wakil presiden republik indonesia dan uji publik. Uji publik akan dilakukan di akhir tahun ini agar dapat segera di evaluasi. 
kurikulum baru di tahun 2013

Wakil menteri pendidikan dan kebudayaan Musliar kasim menyatakan bahwa kurikulum baru nantinya tidak hanya berkutat seputar teori tetapi akan ada eksperimen-eksperimen kecil dalam proses pembelajaran agar peserta didik dapat lekas memahami pelajaran. 

"Selama ini, kan, hanya duduk di kelas dan menghafal saja. Nanti tidak lagi seperti itu. Akan ada kombinasi dengan praktik-praktik kecil dan ringkas," kata Musliar kepada Kompas.com, Jumat (2/11/2012).

Mendikbud juga berencana agar soal ujian nasional berjumlah 20 soal berbeda/ruang. dan mulai tahun 2013 ruang ujian nasional tanpa pengawas.  hal ini dilatar belakangi oleh berbagai kecurangan yang terjadi dalam proses ujian nasional.

dalam kurikulum baru yang akan diterapkan di tahun 2013 juga akan lebih difokuskan untuk menyeimbangkan penguasaan ilmu pengetahuan (hard skill) dan kemampuan bersosialisasi (soft skill).

source:
1. kompas.com
2. kemendikbud
3. psb-psma.com




0 komentar:

Post a Comment

Data nilai siswa