Media pembelajaran televisi

Media pembelajaran televisi adalah upaya pembelajaran menggunakan televisi sebagai media pembelajaran. Media televisi dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak (film). Para guru dapat menggunakan televisi sebagai media pembelajaran yang menarik. dengan setting chanel-chanel pendidikan para guru dapat mengubah kelas yang pasif menjadi kelas yang aktif dan menarik bagi siswa. 
media pembelajaran televisi

Media televisi dalam pembelajaran terdiri dari 2 jenis. yaitu media televisi terbuka dan media televisi siaran terbatas.

1. Media televisi terbuka
Tv edukasi dan dicovery channel adalah contoh media televisi terbuka. Media televisi terbuka adalah media audiovisual gerak yang penyampaiannya melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari satu stasiun, kemudian pesan tadi diterima oleh pemirsa melalui pesawat televisi. guru dapat menyesuaikan antara jadwal pemutaran suatu program televisi dengan materi yang akan dipelajari. kemudian menggunakan program tersebut untuk proses pembelajaran di dalam kelas. 
 
2. Media televisi siaran terbatas
Media televisi siaran terbatas adalah media audiovisual gerak yang penyampaiannya didistribusikan melalui kabel (bukan channel TV). seperti penggunaan CCTV yang dimodifikasi untuk keperluan pembelajaran. para guru dapat merekam dan menayangkan berbagai hal yang akan dipelajari secara langsung dalam proses pembelajaran melalui berbagai kamera yang terhubung dengan televisi. media ini banyak digunakan dalam berbagai universitas fakultas keguruan yang biasanya digunakan dalam proses pembelajaran mikro teaching. media ini sangat membantu para mahasiswa dalam mengidentifikasi berbagai hasil presentasi, cara mengendalikan kelas, ataupun refleksi berbagai kegiatan yang telah dilakukan secara langsung (visual) sehingga mahasiswa dapat menilai dirinya sendiri.

media pembelajaran televisi juga dapat dikombinasikan dengan metode pembelajaran portofolio. misalnya : dengan memberi tugas kepada siswa untuk membuat portofolio berdasarkan informasi tentang pengetahuan yang mereka dapatkan dari televisi yang mereka tonton dirumah. hal ini juga sangat bermanfaat bagi siswa, terutama untuk merubah paradigma siswa bahwa televisi ternyata tak hanya sebagai media intertainment tetapi juga merupakan jendela informasi untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. jika kemudian hasilnya di diskusikan didalam kelas maka siswa akan melakukan pertukaran informasi yang sangat bermanfaat. 

hal ini juga berguna untuk mengubah atmosphere belajar yang membosankan menjadi pembelajaran yang interaktif. sedikit tip bagi para guru yang ingin menggunakan metode ini yaitu proses penyampaian ilmu pengetahuan melalui televisi hendaknya dilakukan dengan durasi yang tidak terlalu panjang. sehingga siswa tetap fokus pada proses pembelajaran. 
semoga bermanfaat ya.

Komentar