Pentingnya Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran atau yang sering disebut sebagai Kurikulum merupakan bagian yang penting dari sebuah proses pembelajaran. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar. bahkan yang lebih memprihatinkan bahwa perangkat pembelajaran digunakan hanya sebatas administrasi dan formalitas. dalam artian bahwa sang guru mengaplikasikan sesuatu yang berbeda dari perangkat mengajarnya. 
pentingnya perangkat pembelajaran


berikut ini adalah beberapa alasan mengapa perangkat pembelajaran begitu penting bagi seorang guru

1. Perangkat pembelajaran sebagai panduan
perangkat pembelajaran benar-benar memberi arah bagi seorang guru. hal ini penting mengingat proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan terpola. tak sedikit guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru didalam kelas.memberi panduan dalam mengembangkan teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat yang lebih baik

2. Perangkat pembelajaran  sebagai Tolak ukur
seorang guru yang profesional tentu mengevaluasi setiap hasil mengajarnya. begitu pula dengan perangkat pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi diri nya sendiri sejauh mana perangkat pembelajaran yang telah dirancang teraplikasi di dalam kelas. hal ini penting untuk terus meningkatkan profesionalime seorang guru. hal ini bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas dikelas, strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran  dengan data yang ada di perangkat pembelajaran.

3.  Perangkat Pembelajaran sebagai Peningkatan Profesionalisme
Profesionalisme seorang guru dapat ditingkatkan dengan Perangkat pembelajaran. artinya Perangkat pembelajaran tidak hanya sebagai kelengkapan administrasi saja. tetapi lebih sebagai Media peningkatan profesionalisme. seorang guru harus benar-benar menggunakan dan mengembangkan Perangkat pembelajarannya. Memperbaiki segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya. jika tidak, maka kemampuan sang guru akan stagnant bahkan mungkin menurun. 

4. Mempermudah 
Memiliki perangkat pembelajaran sangat mempermudah seorang guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. dengan perangkat pembelajaran, seorang guru bisa dengan mudah menyampaikan materi hanya dengan melihat perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan mengingat.

Masih banyak alasan kenapa perangkat pembelajaran begitu penting bagi seorang guru. Semangat seorang guru dalam mengajar ternyata banyak ditentukan oleh pengaruh perangkat nya. layaknya sebuah senjata tentu saja antara semangat pemiliknya dan kehebatan senjata nya merupakan satu kesatuan yang utuh dan tak dapat dipisahkan untuk mencapai kemenangan.

Komentar

  1. admin boleh mintak tolong ga?
    untuk gambar di atas itu cover buku kah
    oh ya ini dikutip dari buku siapa?
    #Maaf klu ada salah-salah kata

    BalasHapus

Posting Komentar