Sesi Lepas landas : gajah dan harimau

Sesi ini berdurasi 5-10 menit. Rekan-rekan guru dapat memodifikasi sesi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi nyata dikelas masing-masing. Target utama dari sesi ini adalah mempersiapkan siswa dalam kondisi yang benar-benar siap untuk masuk pada proses pembelajaran. 
sesi lepas landas : gajah dan harimau

Pada kondisi seperti apa sesi ini digunakan? Hampir di semua bagian dari proses pembelajaran dapat disisipkan sesi ini. Terutama untuk mata pelajaran yang dimulai setelah waktu istirahat atau setelah jam olahraga. Mengapa demikian? Waktu-waktu tersebut adalah waktu dimana konsentrasi dan kesiapan belajar siswa mulai menurun.  Pada Waktu-waktu tersebut siswa sedang asik-asiknya dengan kegiatannya masing-masing dan cukup sulit untuk membawa siswa dalam keadaan yang siap. Berbeda pada pembelajaran jam-jam pertama. Siswa dalam keadaan fresh dan siap menerima pembelajaran.

Berikut ini adalah salah satu sesi lepas landas.
Gajah dan harimau.
Jelaskan kepada siswa. Jika anda memberi instruksi dengan aba-aba "gajah" maka siswa harus berdiri. Jika anda memberi instruksi dengan aba-aba "harimau" maka siswa harus duduk.

Aturan permainan
Siswa harus bergerak serempak dan secepat mungkin untuk mengikuti instruksi yang diberikan guru. Bagi siswa yang  tidak serempak atau salah mengikuti aba-aba. Siswa harus menyanyi lagu anak-anak didepan kelas. Bagi yang enggan untuk menyanyi siswa harus berdiri didepan kelas. Sampai sesi lepas landas berakhir.

Pelaksanaan
Beri aba-aba dengan perlahan dan teratur (gajah, harimau,gajah,harimau).  Setelah siswa paham dengan instruksi. Beri aba-aba dengan tempo agak cepat dan agak tidak teratur (gajah, harimau, harimau, gajah). Kemudian beri aba-aba cepat dan acak (gajah, gajah, harimau, gajah,harimau,harimau.....terserah anda yang penting acak).

Biasanya siswa yang kurang konsentrasi akan melakukan kesalahan gerakan. Beri hukuman lagu anak-anak. Komentari dengan komentar-komentar lucu yang mendorong siswa untuk menikmati sesi tersebut. Biasanya pada instruksi yang cepat dan acak. Akan tampak ekspresi yang lucu-lucu dan menegangkan bahkan cenderung berusaha untuk extra konsentrasi. Hal ini bisa kita komentari dengan harapan memecah ketegangan tersebut.

Tujuan.
Meningkatkan konsentrasi siswa untuk fokus pada guru.
Pengalihan kondisi dari kondisi individual menjadi kondisi berkelompok dan interaktif.
Menciptakan suasana yang menyenangkan tapi tetap dalam kondisi yang konsentrasi dan serius.
Membuat siswa fresh dengan gerakan naik dan turun. Terlebih pada siswa dengan tipe kinestetik dan aktif.

Akhiri sesi tersebut sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Dan siswa anda siap untuk belajar.
Pada artikel selanjutnya. Akan di share contoh sesi lepas landas yang lainnya.

Semoga membantu dan bermanfaat. Keep smile and enjoy your life.

Komentar

  1. trims, banyak yang saya dapat disini, yakin sangat bermanfaat, tetaplah posting artikel yang bermutu, sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi manfaat untuk orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims juga buat akmal. yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung di blog ini.

      Hapus

Posting Komentar