Cara Membuat Descriptive Text

Untuk membuat Descriptive text anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang sesuatu yang akan anda deskripsikan dalam tulisan anda. descriptive text itu sendiri adalah teks yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat secara spesifik. anda dapat menulis tentang benda-benda yang anda suka, tempat-tempat favorit atau apa saja yang penting anda dapat mendeskripsikannya dengan jelas. mengapa demikian? karena sesuatu yang kita suka biasanya akan sangat mudah untuk dideskripsikan dan tentu saja anda tak akan kehabisan ide dalam menulis. 

bagi anda yang memiliki kosakata yang terbatas bisa disiasati dengan menuliskan beberapa topik, kemudian memilih salah satunya yang menurut anda kira-kira sepadan dengan kosakata yang anda kuasai. Buatlah kerangka tulisan yang akan anda buat untuk memudahkan anda dalam merangkai paragraf yang saling saling terkait.

cara membuat descriptive text


berikut ini adalah generic stucture dari Descriptive text :
1. identification
    indentification berisi identifikasi tentang topik yang akan anda deskripsikan. seperti : 
    i have many pets but my favourite one is cat.
2. Description berisi: deskripsi rinci tentang bagian – bagiannya, misalnya:
     tentang physical appearance  (ciri – ciri fisik), sifat – sifatnya (characteristics)dll.

Contoh teks deskriptif:
Miranda


Hi friends! This is my friend Miranda. She comes from Sulawesi. She was born in Makasar on June 12, 1980. her hobbies are singing and swimming. She also likes planting flowers very much. She lives at 12 Jalan Jaya. She lives together with her parents and two sisters. They are Mr. and Mrs Yudhatama, Sherina and Tiara.Miranda studies at SMP 7. Her older sister is in the first year
of SMA, and Tiara is still in SD. They all love one another.

Komentar