phrasal verbs (frasa kata kerja)

phrasal verbs (frasa kata kerja) adalah penggabungan antara kata kerja dengan dengan kata-kata yang mengiringinya. kata pengiringnya dapat berupa kata keterangan (adverb) atau kata depan (preposition) atau bahkan sekaligus kedua-duanya, sehingga dengan penggabungan tersebut menyebabkan terbentuknya arti baru. frasa kata kerja sering disebut sebagai multi kata kerja (multiword verbs), sedangkan pengiring dari kata kerja disebut sebagai partikel kata (particles).
phrasal verbs
banyak phrasal verb mempunyai arti idiomatik ( arti baru) yang sangat penting untuk dipelajari secara khusus. hal ini dikarenakan phrasal verbs sering sekali digunakan dalam percakapan-percakapan dalam bahasa inggris, baik percakapan formal ataupun non formal. sebagai contoh take over (mengambil alih), get up (bangun), put off (menunda), pass away (meninggal). deal out (membagikan), turn out (menghasilkan) dan lainnya.

pengetahuan tentang phrasal verbs itu sendiri menjadi sesuatu yang penting bagi yang ingin menguasai bahasa inggris. pelajar yang tidak memiliki pengetahuan tentang phrasal verbs akan mengalami kesulitan dalam menterjemahkan atau menginterpretasikan suatu kalimat. 

berikut ini adalah contoh beberapa pharasal verbs 
1. all out : sekuat tenaga
2. about to : hampir/nyaris
3. be up for : sudah waktunya
4. be : bersama
5. have the best of : menang
6. have one up : menerima tamu
7. hot up : menjadi tegang
8. hoop down : datang kembali
9. one degree under : merasa kurang enak badan
10. one step ahead : selangkah lebih maju

Komentar