Revisi Skripsi, Siapa takut??

Untuk para mahasiswa yang sedang dalam semester akhir pasti akan berhadapan dengan skripsi. Tugas di akhir perkuliahan yang tentu saja membuat banyak mahasiswa stress, kalang kabut atau bahkan kebingungan. "bukan karena tingkat kesulitan dalam pengerjaannya. tetapi lebih kepada revisi dan bimbingan nya itu sendiri" dosen githu lho...........materi kuliah aja kadang bikin kesel apalagi skripsi. huuffftt.
revisi skripsi! siapa takut

tidak sedikit mahasiswa yang mandek berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun cuma karena hal yang satu ini.
yah....biasa lah dosen!!! maunya yang aneh-aneh. yang bikin aneh lagi terkadang antar pembimbing gak kompak. yang satu mau kebarat yang satu mau ke timur. tapi gak apalah. maju terus pantang mundur. 
tips dibawah ini mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan mahasiswa yang sedang sibuk-sibuknya menyusun dan harus berhadapan dengan dosen pembimbing skripsi.
1. Momentum
carilah waktu yang tepat saat melakukan bimbingan. Datanglah di awal bulan, jangan di jam istirahat, sore hari juga boleh. pokoknya yang penting momentnya tepat. sudah banyak mahasiswa kena semprot cuma gara-gara tidak mengindahkan waktu. jika perlu perhatikan ekspresi dosen, jikalau kiranya agak mendung. lebih baik anda tunda esok hari. he he he he. 
2. persiapan
 Sebagai bentuk upaya antisipasi. persiapan memegang peran yang cukup penting. persiapkan segalanya dengan matang baik fisik, mental, pengetahuan, dan jangan lupa seribu alasan tentunya. hal ini penting mengingat proses bimbingan adalah proses yang butuh mental baja. termasuk kesiapan anda terhadap kemungkinan terburuk terhadapa skripsi anda.
3. Maju terus
bicara soal bimbingan skripsi jangan pernah pake acara mundur. sekali saja anda mundur maka anda akan kehilangan kesempatan untuk wisuda. upayakan untuk terus maju. semakin rajin anda bimbingan maka akan semakin cepat di ACC. biasanya dosen punya limit tertentu untuk tiap mahasiswa. jika anda sudah melewati limit tersebut dosen akan melempar anda ke dosen pembimbing berikutnya. kesalahan yang banyak terjadi adalah para mahasiswa mandek saat akan melewati limit tersebut. padahal tinggal 1 kali pertemuan lagi dia akan di ACC.
4. Jangan takut Revisi
banyak mahasiswa disaat bimbingan berpikir bahwa skripsinya sudah betul semua. dengan PeDe nya dan super yakin nya gak akan ada revisi lagi. dalam hati berbisik "udah bagus nieh, pasti gak ada perbaikan lagi".  pulang dari rumah dosen  bawa coretan lagi deh........treus mandek berbulan-bulan.he he he. jangan pernah takut revisi bob. tugas dosen pembimbing emang corat-coret skripsi. lagipula kalaupun skripsi anda banyak kesalahan, itu artinya anda sedang belajar yang merupakan penanda bahwa tuh skripsi murni hasil buatan sendiri. 
5. maksimalkan pengetahuan tentang penelitian
semakin banyak referensi maka semakin terbuka banyak kemudahan. terutama referensi yang terkait dengan metode penelitian dan cara-cara membuat skripsi. semakin anda tahu, maka akan semakin mudah membuat skripsi. mahasiswa biasanya terbalik. referensi teori skripsi dibanyakin, tapi pengetahuan tentang pembuatan skripsi itu sendiri gak tahu. jika anda bimbingan dalam kondisi yang demikian maka bisa dipastikan akan banyak coretan dan kemungkinan judul anda akan di rombak ulang.  perdalam metode penelitian, instrumennya, analisis data dan metode pengumpulan data. pahami format nya dan hubungan didalamnya. 
6. banyak berdo'a
teruslah berdo'a dan bermunajat. dengan berdo'a segala kesempitan akan terbuka lebar, segala kesulitan akan menemukan jalan keluar, dan segala kendala akan teratasi. memberi semangat baru untuk terus maju dan menopang hati untuk tetap berdiri. 
7. ajaklah sahabat atau kekasih anda
mengajak sahabat atau kekasih untuk menemani anda saat bimbingan, ternyata obat paling manjur untuk cepat wisuda. disaat anda dimarahi atau skripsi anda di corat-coret anda bisa langsung curhat dengan teman atau bisa langsung pergi weekend dan melupakan hal tersebut. untuk kemudian bangun pagi dengan semangat baru dan langsung tancep gas bimbingan lagi. he he he he.................

mudah-mudahan bermanfaat. salam hormat untuk seluruh mahasiswa indonesia.

Komentar

  1. Setuju bgt sm tips point 3 maju terus!!

    BalasHapus
  2. sangat bermanfaat..tips ini mungkin akan menjadi pegangan saya disaat akan mengambil Tugas Akhir nantinya...

    BalasHapus

Posting Komentar