Wednesday, March 20, 2013

Cara cepat mengajukan judul skripsi

pengajuan Judul skripsi merupakan aktivitas paling awal dalam penyusunan skripsi. tetapi walaupun demikian anda tetap dituntut untuk memiliki gambaran menyeluruh tetang isi skripsi anda. beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu anda dalam pengajuan skripsi agar cepat di setujui oleh dosen. dan tentunya tak membuat anda kewalahan.

1. Buatlah 3 sampai 4 judul skripsi 
jika anda hanya mengajukan 1 judul, maka besar kemungkinan judul anda akan ditolak. terlebih lagi jika judul yang anda ajukan sudah basi dan banyak digarap mahasiswa. jika anda mengajukan lebih dari 1 judul dosen memiliki pertimbangan dan opsi yang yang lebih banyak pula. sehingga terbuka banyak peluang alternatif bagi dosen anda untuk menyetujui.

2. buatlah judul dengan spesifik
kebanyakan judul yang ditolak adalah judul yang terlalu general (umum). semakin spesifik judul yang anda ajukan maka akan semakin bagus.

3. up to date variabel
judul dengan variabel yang up to date atau sesuai dengan isu-isu terkini akan lebih mudah disetujui. apalagi jika anda memiliki referensi yang cukup. 

4. berbeda tingkatan
seperti yang kita bahas pada poin no 1. jika anda sudah memiliki 3 atau 4 judul. bedakan tingkatannya.
maksudnya adalah antara judul satu dengan yang lain tingkatannya harus berbeda. 
misalnya judul pertama (anda meneliti hubungannya) 
judul kedua (anda meneliti pengaruhnya)
judul ketiga (penelitian tindakan kelas)

5. bawa referensi
saat anda mengajukan judul sebaiknya anda membawa beberapa referensi. untuk judul-judul terbaru biasanya dosen akan menanyakan tentang referensi yang dimiliki. bahkan beberapa dosen menanyakan teori inti dari judul yang akan anda garap. jika anda gak bisa jawab. wah, bisa tertunda tuch.....

6. pilih waktu dan tempat yang tepat
menghadaplah ke dosen pada waktu dan tempat yang tepat. jika tidak, maka anda bakal kena semprot abis-abisan. lihat juga expresi nya kalo kira-kira agak mendung mendingan ke esokan harinya.

7. jangan memaksa
jika semua judul anda tidak ada yang disetujui, jangan memaksa. cobalah untuk terbuka dan minta pendapat dosen tentang judul yang cocok untuk digarap. 

8. konsultasikan judul anda pada yang berpengalaman
percuma jika judul anda disetujui tetapi justru menjadi batu sandungan. banyak mahasiswa yang judulnya di setujui tetapi gagal diwisuda. dalam artian bahwa judul yang anda ajukan adalah judul bisa anda garap. sehingga saat judul tersebut di acc anda bisa langsung menggarapnya dengan baik. judul dengan tingkatan sulit biasanya cepat di setujui tetapi banyak kendala yang akan anda hadapi. mengkonsultasikan judul merupakan hal yang penting terutama untuk mengetahui bentuk judul yang pas dengan minat dan bakat anda. 

5 komentar:

  1. terima kasih ^^ artikel ini membUAT saya tahu apa yg harus dilakukan sebelum ketemu dosen dan ajuin judul.. :D

    ReplyDelete
  2. saran yang bagus. doakan saya smoga judulnya cepat di acc. aamiin

    ReplyDelete
  3. wah saran yg baguss..
    smoga judul saya bisa di ACC..
    aminn..

    ReplyDelete
  4. artikel yang menraik gan semoga judul saya cepat di acc ,, aminnn

    ReplyDelete