Thursday, April 18, 2013

Membuat PTK SD

PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi meningkat. PTK SD (sekolah dasar) adalah penelitian tindakan yang dilakukan di tingkat pendidikan dasar (SD). Penelitian ini biasanya dilakukan untuk melengkapi tugas akhir kuliah para guru Sekolah dasar (SD) ataupun sebagai bentuk upaya sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswanya.
Berikut ini adalah berbagai pengertian PTK (penelitian tindakan kelas) menurut para ahli.
  • Menurut Kemmis dan Taggart dalam Subyantoro (2009:7) Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleksif diri kolektif yang dilakukan oleh peserta-pesertanya dalam situasi social untuk meningkatkan penalaran dan keadilan praktik pendidikan dan praktik social mereka, serta pemahaman mereka terhadap praktik - praktik itu dan terhadap situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut.
  • Arikunto (2006:3) menyampaikan pengertian bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan.
  • Suhardjono (2006:57) penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru, bekerja sama dengan peneliti (atau dilakukan oleh guru sendiri yang bertindak sebagai peneliti) di kelas atau di sekolah tempat mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan proses dan praktis pembelajaran.
  •  Supardi (2006:104) yang mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas sebagai suatu bentuk investigasi yang bersifat reflektif partisipatif, kolaboratif dan spiral, yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan system, metode kerja, proses, isi, kompetensi, dan situasi.
Kendala mengambil PTK di internet
Terkait dengan berbagai PTK di SD (sekolah dasar). Tidak sedikit para guru yang secara instant mengambil berbagai judul ataupun paket PTK yang beredar luas di internet yang pada akhirnya justru menghambat pembuatan PTK. Terlebih bagi para guru yang membuat PTK sebagai tugas akhir. Berikut ini adalah berbagai kendala yang dihadapi jika anda mengambil judul  atau paket PTK di internet.
  • Revisi yang rumit
Karena mengambil ptk di internet merupakan cara instan. tentu saat anda dihadapkan pada proses revisi hal tersebut akan sangat menyulitkan dan sangat rumit. Karena ptk yang beredar di internet adalah ptk yang sudah jadi sedangkan anda masih dalam proses pembuatan. Banyak para guru SD yang menggunakan judul-judul atau PTK dari internet justru merasa sangat kesulitan bahkan harus gonta-ganti teori dan akhirnya harus mengulang dari awal.
  • Ketahuan dosen
Jika anda tak mengerti alur pembuatan PTK sebaiknya hindari mengambil judul atau PTK dari internet. Saat proses bimbingan atau pengajuan judul biasanya para dosen pembimbing selalu banyak tanya dan mengintrogasi anda. Nah......saat anda membawa PTK dari internet yang sudah jadi dan kemudian si dosen memberi pertanyaan bertubi-tubi seputar PTK anda sedangkan anda tak bisa menjawa. Pasti akan timbul kecurigaan bahwa PTK anda adalah hasil COPY PASTE.  Proses edit juga berpengaruh, saat ada bagian yang lupa atau terlewat pada proses edit PTK. Dan alhmadulillah terbaca oleh dosen, bersiaplah untuk di introgasi dan disemprot habis-habisan oleh dosen anda.
  • Tak nafsu makan dan gelisah saat tidur
Saat anda menggunakan PTK yang beredar di internet maka bersiaplah untuk tak nafsu makan dan selalu gelisah saat tidur. Anda akan lebih sering menggaruk kepala walaupun tak gatal. Karena anda akan dihadapkan pada proses revisi yang berat, pencarian buku referensi yang super sulit dan penambahan teori yang entah dimana rimbanya.  He he he he...........apalagi jika anda dapat dosen yang iseng. Anda bakal di kerjain habis-habisan.

Membuat PTK itu mudah. Lihat saja cara membuat judul PTK SD 

Posted by: agus diansyah pendidikan, Updated at: 12:46 AM

0 komentar:

Post a Comment

Google+ Followers