Cara Membuat Karangan dalam bahasa inggris

Cara membuat karangan dalam bahasa inggris sebenarnya sangatlah mudah. Tetapi akan menjadi sangat sulit jika kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup baik. terutama penguasaan kosakata dan pola-pola kalimat yang sesuai dengan grammar. 

membuat karangan dalam bahasa inggris juga akan terasa membingungkan jika anda tak memiliki kemampuan dalam merangkai tiap paragraf. apalagi jika tugas karangan tersebut harus dikerjakan ber lembar-lembar. wah bikin rumit tuch...
agar lebih mudah cobain trik di bawah ini.

1. Membuat kerangka karangan
buatlah terlebih dahulu kerangka karangan yang sesuai dengan tema yang akan dibuat. misal tema nya adalah holiday (liburan). buatlah kerangka karangan yang terkait dengan holiday. ikuti kaidah what, when, who, why, where, how. antara 8-10 paragraf atau lebih.

2. Mengembangkan kerangka
dari kerangka karangan yang telah kamu buat. langkah selanjutnya adalah mengembangkan kerangka tersebut menjadi paragraf demi paragraf. tulis saja apa yang ada di pikiranmu jangan berpikir terlalu lama. hal ini disebut sesi brainstorming. jangan takut salah, tulis saja apa yang terlintas karena nanti ada proses revisi/editing.

3.  Editing
jika anda merasa karangan anda sudah cukup. langkah selanjutnya adalah proses editing. lakukan perbaikan secara bertahap. editing biasanya selalu terkait dengan koreksi pola kalimat, penggunaan tanda baca hingga sinkronisasi antar paragraf. 

4. Beri nilai seni pada karangan anda
saat belajar writting khususnya membuat karangan. banyak pelajar yang boring atau justru membenci writting. hal ini tidak lain disebabkan oleh ; tidak adanya nilai seni pada hasil tulisannya sendiri. coba lah untuk menyisipkan sedikit konflik atau bumbu-bumbu cerita pada karangan anda. kelak dikemudian hari motivasi anda dalam menulis akan tetap terjaga dengan baik. hal ini juga akan memberikan nilai plus bagi tulisan-tulisan anda karena karangan anda memiliki dinamika dan cerita yang unik untuk dibaca.

5. Beri pengantar dan ending yang indah
agar terlihat lebih pro. beri 1 paragraf pengantar pada awal tulisan anda dan akhiri dengan ending cerita yang indah. anda juga bisa menyisipkan beberapa kata mutiara dalam bahasa inggris sebagai moral message yang akan menambah bobot tulisan anda.

6. Gunakan pola yang anda kuasai
bagi yang pemula. sebaiknya jangan dulu memaksakan untuk membuat kalimat yang rumit-rumit. anda juga harus menghindari kalimat bahasa inggris yang kosakatanya tidak anda kuasai. buatlah karangan dengan pola yang anda kuasai. 

semakin sering anda menulis akan semakin mahir dalam mengarang. untuk meng upgrade skill writting anda. mintalah seseorang untuk mengkoreksi hasil tulisan anda. sering-seringlah membaca artikel berbahasa inggris karena dengan sering membaca berarti kita akan terus menambah kosakata baru.

semoga bermanfaat.

Komentar