Bagaimana Cara membuat skripsi dalam bahasa inggris

Membuat skripsi dalam bahasa inggris sebenarnya mudah. Tapi itu hanya berlaku bagi mahasiswa yang pintar bahasa inggris.
Sementara bagi yang tidak menguasai bahasa inggris hal tersebut tentu terasa sulit. Tapi tak perlu khawatir, dimana ada kemauan disitu ada jalan. 

Nah, kali ini penulis akan mencoba share cara membuat skripsi dalam bahasa inggris khusus nya bagi rekan-rekan mahasiswa yang yang memiliki kemampuan terbatas dalam berbahasa inggris.

 1. Siap kan outline skripsi anda

Seperti contoh outline di bawah ini

 

cara membuat skripsi dalam bahasa inggris

 

2. Siap kan skripsi yang akan di ubah dalam bahasa inggris (dokumen word)

Persiapkan terlebih dahulu skripsi yang akan anda ubah. Jika anda belum membuatnya sebaiknya ada buat dulu konsepnya dalam bahasa indonesia. Jika sudah fix dapat langsung di ubah ke dalam bahasa inggris.

3. Langkah selanjutnya adalah conversi data skripsi anda pada google translate.

Untuk merubah data skripsi anda yang masih bahasa indonesia. Anda butuh alat bantu untuk mengkonversi menjadi bahasa inggris. Tapi sangat berat jika anda melakukannya dengan manual ( translate pake kamus). Dalam hal ini saya merekomendasikan google translate sebagai alat bantu anda. Karena selain gratis, google translate juga dapat mengkonversi data dalam jumlah banyak. Yang artinya adalah anda gak perlu repot buka kamus atau kursus bahasa inggris terlebih dahulu. Yang perlu dilakukan hanya tinggal meng copy data skripsi kemudian di paste di google translate. Dan dalam sekejap data anda sudah berubah ke dalam bentuk bahasa inggris.

4. Finishing

Proses finishing inilah yang lumayan memakan waktu anda. Finishing yang dimaksud adalah melakukan proses editing pada hasil konversi google translate. Ya... seperti yang kita ketahui, bahwa kelemahan google translate adalah pada gramatical. Artinya hasil konversi tidak sepenuhnya sesuai dengan tata bahasa yang benar. Bahkan beberapa kata tak bisa di translate ke dalam bahasa inggris. Nah, inilah masalah yang harus anda selesaikan. Pada proses ini anda bisa minta bantuan teman atau orang yang paham tentang grammar/tenses untuk melakukan cross cek ulang terhadap tata bahasa (grammar) dari hasil konversi.

Sebenarnya jika anda menguasai tenses. Proses finishing tidaklah sulit. Dalam 2-3 hari saja skripsi anda pasti sudah siap untuk di ajukan.

Semoga bermanfaat

Komentar