Cara Membuat skripsi bab III


Kali ini penulis akan share tentang cara membuat bab 3 pada skripsi atau makalah. pada dasarnya skripsi Bab 3 secara garis besar , berisi :
1. Metode penelitian yang akan kita terapkan saat proses penelitian.
2. Seluruh seluk beluk subyek dan obyek penelitian
3. Seluruh teknik pengambilan data
4. Seluruh keterangan instrumen penelitian yang akan kita gunakan.
5. seluruh cara mengolah data penelitian untuk mendapatkan hasil penelitian.

Pokoknya segala yang terkait dengan metode penelitian dan proses pengambilan datanya akan dijabarkan di bab III. Untuk format bab III biasanya bergantung dari masing-masing jurusan dan universitas itu sendiri. Berikut ini adalah salah satu contoh format skripsi bab 3....

Contoh format skripsi bab III

cara membuat skripsi bab 3

  Cara membuat skripsi bab III

Mari kita buat langsung berdasarkan contoh format skripsi bab III di atas.

1. Metode Penelitian

siapkan 6 paragraf yang berisi metode penelitian yang akan diterapkan. Apakah metode kuantitatif atau kualitatif? Pokok nya dijabarin sejelas-jelasnya deh...bila perlu sisipkan beberapa teori tentang metode penelitian yang akan digunakan.

2. Setting Penelitian

sub bab setting penelitian di isi dengan subjek, lokasi dan waktu penelitian. Seperti contoh di bawah ini ya....

3. Populasi dan Sampel Penelitian

Populasi adalah seluruh objek yang akan di teliti sedangkan sampel penelitian adalah sebagian dari populasi yang kira-kira bisa mewakili seluruh populasi. Nah, silahkan agan isi dengan populasi dan sample penelitian yang akan diteliti.

4. Definisi Operasional Variabel

Definisi operasional variabel di isi dengan variabel yang akan diteliti. Agan jabarin deh definisinya satu persatu.

5. Teknik Pengumpulan Data

Sesuai dengan judul nya berarti sub bab ini di isi dengan teknik yang akan agan gunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Apakah dengan tes, non tes, angket, wawancara, study pustaka atau apapun deh. Pokoknya disini agan harus menjelaskan teknik pengumpulan data.

6. Desain Penelitian.

Nah pada sub bab yang terakhir ini. Agan isi dengan prosedur atau langkah-langkah bagaimana sebuah penelitian akan di ambil. Pada sub bab ini juga, agan sampaikan bagaimana data yang sudah diambil akan di olah. Sampaikan semua cara yang akan digunakan beserta bentuk rumus detil yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil penelitian.

Selesai deh.
Format diatas Cuma contoh ya..... agan bisa sesuaikan dengan format jurusan agan sendiri atau bisa liat di perpustakaan kampus. Tapi pada prinsipnya cara membuat nya sama.

semoga bermanfaat ya. dont be give up. keep learning.

Komentar

Posting Komentar