Ciri Khas batu bacan

Bagi para penghobi batu cincin, tak lengkap rasanya jika tidak mengkoleksi batu permata bernama batu bacan. berdasarkan beberapa sumber ternyata sebenarnya ada 9 jenis warna batu bacan. tetapi yang terkenal hanya 2 jenis saja yaitu bacan doko dan bacan palmea. kali ini penulis akan share sedikit tentang ciri khas batu bacan yang asli.

ciri khas bacan doko
Bacan doko


hingga saat ini harga batu bacan masih tetap tinggi. untuk bacan doko saja yang sudah siap pakai per butir bisa seharga 5 juta rupiah. terkait dengan hal tersebut tidak sedikit para penghobi yang tertipu terhadap batu bacan yang murah dan ternyata batu tersebut bukanlah bacan yang asli.
ciri khas batu bacan
Batu bacan sintetis

berikut ini adalah beberapa ciri khas batu bacan yang mengindikasikan bahwa batu tersebut adalah asli batu bacan.
1. Warna
Perhatikan warna batu, untuk batu bacan doko warna nya hijau tua (green dark) sedangkan bacan palmea berwarna kebiruan.

2. Serat
Perhatikan serat di dalam batu. jika serat batu terlihat bening mulus berarti itu bukan lah batu bacan melainkan batu bacan sintetis. Bila perlu gunakan kaca pembesar untuk melihat serat batu.

3. Tingkat kekerasan (skala moch)
Batu bacan memiliki tingkat kekerasan 7 skala moch. gunakan diamond selector untuk mengukur tingkat kekerasan batu. ini sangatlah penting, tak perlu malu untuk meminta penjual untuk mengecek tingkat kekerasan batu.
ciri khas batu bacan


4. Daya tahan
Batu bacan bila dipanasi akan mengeluarkan semacam minyak. dan bila di usap, bekas hangusnya kan hilang. sedangkan untuk batu bacan sintetis bila dipanaskan bekas hangusnya tidak bisa hilang.

5. Tekstur dan mineral
untuk batu bacan dengan harga tinggi dan super wah. sebaiknya sobat melakukan uji laboratorium terlebih dahulu. hal ini dilakukan untuk melihat tekstur dan mineral yang terdapat pada batu tersebut. percuma juga kita beli mahal kalo toh ternyata batu bacan tersebut ternyata palsu. tidak sedikit loh... yang ternyata tertipu oleh para pedagang nakal. udah keluar uang banyak ehhhhhh ternyata bacan nya palsu.

6. Harga
Batu bacan yang asli dan siap pakai harga nya tinggi. jika sobat-sobat sekalian mendapati ada batu bacan dengan harga yang sangat murah bukan tidak mungkin batu tersebut adalah batu bacan palsu. apalagi jika batu tersebut hanya seharga 100-200 ribu rupiah. ahhhhhh bukan bacan itu mah bacin. wkwkwkwkwkwkw

Semoga bermanfaat ya. Have a nice day.



Komentar