Tiger eye VS Sepah Bambu

Batu fosil atau yang lazim disebut batu sepah merupakan batu akik permata yang terbentuk dari percampuran mineral dengan Kayu atau batang tumbuh-tumbuhan. Ciri identik dari batu sepah dapat dilihat dari serat yang terdapat di dalam batu yaitu seratnya terlihat serat kayu. berdasarkan jenis nya banyak sekali aneka ragam batu sepah yang dapat kita jumpai di indonesia, tapi kali ini kita akan sedikit membahas tentang batu sepah yaitu Tiger eye dan Sepah bambu.


Tiger eye dan sepah bambu sama-sama merupakan jenis batu fosil yang berasal dari tumbuhan atau batang kayu yang menjadi batu. tapi jika kita bicara keindahan tentu saja sangat jauh berbeda. 

1. Ciri identik batu Tiger eye
Batu tiger eye sangat banyak dijumpai di berbagai belahan dunia termasuk indonesia. tapi batu jenis ini paling banyak berasal dari negara afrika. Ciri yang paling identik dari batu tiger eye adalah serat batu yang mirip dengan mata harimau dan efek kilau (giwang) yang terdapat pada permukaan batu. efek pantulan yang dihasilkan oleh batu tiger eye akan semakin terlihat jika terkena pantulan sinar matahari. efek pantul akan terlihat bergaris-garis di seluruh permukaan batu (terlihat dominan) berbeda dengan efek giwang pada batu cat eye yang hanya satu garis saja.

2. Ciri identik batu sepah Bambu
jika batu sepah lainnya serat yang terlihat adalah bagian batang nya, berbeda dengan batu sepah bambu. serat yang terlihat justru berasal dari pangkal rumpun bambu yang bergelombang-gelombang dan berongga. Batu sepah bambu tidak memiliki efek pantulan atau giwang tetapi memiliki serat yang indah. 

jika kita lihat dari ciri khas batu tiger dan sepah bambu di atas lantas kemudian kita bandingkan tentu saja kedua batu tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mengutip statement mas Ruby sang kolektor batu. bahwa apapun jenis nya batu akik atau batu permata satu sama lain tidaklah ada yang paling hebat atau paling bagus. semua sama nilai nya tergantung hobi masing-masing. bagi yang hobi batu giok tentu batu giok merupakan batu terbaik, tetapi bagi orang lain yang hobi batu sepah tentu batu sepah merupakan batu pujaan. artinya jelas bahwa kualitas dan nilai harga bergantung pada penilaian orang masing-masing. 

bagi orang yang tidak hobi cincin dan sedang membangun rumah mungkin lebih memilih membeli batu pondasi ketimbang beli batu bacan. wkwkwkwkwkw. hehehehehe. 

Apapun itu, keep enjoy with your hobby. 
semoga bermanfaat ya.


Komentar