Cara membuat KIT sampling sendiri

Seperti yang kita tahu bahwa permainan keyboard akan lebih terasa lebih hidup dengan adanya sampling. Sehingga tak salah jika para player memburu aneka sampling terbaru yang mendekati suara alat musik aslinya. Terutama untuk KIT Battery 3 yang memang merupakan software utama untuk memutar suara-suara tersebut. Semakin bagus KIT sampling nya maka suara yang terdengar akan semakin indah. Yang menjadi permasalahan adalah sangat sedikit sekali KIT sampling yang bisa kita dapatkan dari internet, yahhh kalaupun ada itupun tidak gratis alias bayar. 

Penulis sendiri sudah hunting kesana kemari tapi rasanya masih sangat terbatas sekali. kalaupun ada yang gratis itupun kualitas suara nya tidak maksimal. Beranjak dari hal tersebut akhir nya penulis berinisiatif untuk membuat KIT sampling sendiri, dan akhirnya dapet deh....KIT sampling yang bagus.....hasil karya sendiri lho.......

Nah..bagi sobat sekalian yang juga ingin membuat KIT sampling sendiri, sobat bisa coba tutorial membuat KIT sampling battery dibawah ini...... contoh dibawah ini adalah KIT kendang koplo.

Cara membuat KIT sampling battery 3
a. Tahap persiapan
1. Siapkan program Reaper, OMB dan NI Battery 3
2. Siapkan aneka suara sampling yang ingin di buat. misalnya aneka suara kendang

b. Tahap pembuatan
1. Hubungkan antara Reaper, OMB dan NI battery 3
2. Setelah terhubung bukalah Program Reaper sobat


setelah itu klik kanan dan pilih insert virtual instrument on new track. kemudian pilih NI Battery 3 seperti gambar diatas.

3. Maka akan tampil window battery 3 seperti gambar di bawah ini. 

4. setelah itu sobat buka program OMB kemudian dan ubah setting midi out ke arah channel 1. jadi di channel 1 sobat ubah menjadi internal midi 1. sedangkan channel 2 sampai channel akhir harus JMsynth.


5. setelah klik ok maka sobat akan kembali ke window keyboard OMB seperti awal. Jika sobat klik salah satu tuts keyboard OMB maka kotak-kotak yang ada pada Battery 3 akan berkedip-kedip. nah pada tempat yang berkedip itulah sobat meletakan suara kendang. caranya adalah dengan klik kanan pada kotak yang berkedip dan klik add sample sobat pilih deh tuh...suara yang di inginkan.


lakukan langkah nomor 5 hingga suara kendang yang sobat inginkan masuk semua. kemudian simpan KIT tersebut dengan cara buka menu file dan klik Save KIT as.
jadi dehhhhhh KIT kendang buatan sobat sendiri......

selamat mencoba. semoga bermanfaat ya........

Komentar

  1. Bagaimana cara menghubungkan OMB dan Baterry3 ke Reaper. Apa gunanya Omb disini. Hanya Reaper dan Battery3 kan sdh bisa. Anda katakan chanel 1, tapi digambar kok chanel 10 dan 11, anda katakan membuat sendiri Kit sampling yg bagus tapi kok hanya teori softwarenya, saya kira anda memberi tahu cara membuat gendang wav nya

    BalasHapus

Posting Komentar