Kumpulan Judul skripsi PAI termudah

Jika sebelumnya penulis telah share dengan berbagai tips tentang proposal skripsi, sidang skripsi dan proses pembuatan bab 1, 2 dan 3. kini penulis akan share beberapa judul yang mungkin bisa sobat gunakan sebagai inspirasi dalam membuat judul skripsi baru.
Judul-judul skripsi di bawah ini khusus untuk jurusan pendidikan agama islam.

Berikut ini adalah berbagai kumpulan judul skripsi

1. contoh Judul skripsi yang mengkaji tentang sebuah novel


Judul skripsi
Transformasi Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam novel Ayat-Ayat Cinta
Variabel (X)
Transformasi Nilai-Nilai Ajaran Islam
Variabel (y)
Novel ayat-Ayat Cinta


sobat bisa menggunakan judul ini dengan cara mengganti judul novelnya sesuai dengan minat sobat sendiri. Jadi deh judul terbaru nya. jika sobat ingin yang lebih susah sobat bisa mengganti variabel (X) nya.

2. Contoh judul skripsi tentang manajemen sekolah


Judul
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Penerapan Manajemen Sekolah berbasis Islam terpadu
Variabel (X)
Kepemimpinan Kepala Sekolah
Variabel (y)
Penerapan Manajemen Sekolah berbasis Islam terpadu

Untuk judul ini sobat tinggal mengganti variabel (y) nya saja. Pada contoh diatas variabel (y) nya tentang manajemen sekolah, sobat bisa ganti dengan manajemen kelas, manajemen lapangan basket atau ruang lingkup manajemen yang lainnya. 

3. Contoh judul skripsi ini variabel (X) nya tentang metode pembelajaran. 
Judul
Metode Bercerita Sebagai Penanaman Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Pra-Sekolah
Variabel (X)
Metode Bercerita
Variabel (y)
Penanaman Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Pra-Sekolah

sobat bisa mengganti metode bercerita dengan metode pembelajaran yang lainnya. seperti metode diskusi, metode stad, metode cooperative learning atau yang lainnya. jangan lupa untuk mengganti subyeknya juga. bisa SD, SMP atau SMA.

4. Judul yang satu ini termasuk kategori yang sulit sob.....
Judul
Konsep Tazkiyat Al-Nafs Al-Ghazali Sebagai Metode Dalam Pendidikan Akhlak
Variabel (X)
Konsep Tazkiyat Al-Nafs Al-Ghazali
Variabel (y)
Metode Dalam Pendidikan Akhlak

sama seperti cara sebelumnya sobat bisa mengganti variabel (X) atau variabel (Y). cuma ya tetap saja sulit, soalnya nieh judul kajian nya tentang konsep tokoh-tokoh islam terkenal yang sudah pasti kajian nya dalem banget. Tapi untuk mahasiswa yang suka dengan konsep tokoh-tokoh islam judul ini pasti terasa sangat mudah.

5. Judul ini penelitiannya dilakukan di luar ruangan sob. 
Judul
Penerapan Model Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak
Variabel (X)
Penerapan Model Pembelajaran Tadabbur Alam
Variabel (y)
Meningkatkan Kemandirian Anak

Walaupun terlihat simpel, tetapi sebenarnya judul ini termasuk sulit untuk dikaji. Judul-judul dengan format seperti ini masuk dalam kategori penelitian action reasearch dalam dunia pendidikan di kenal dengan sebutan PTK (penelitian tindakan kelas). 

peneliti nya dituntut untuk mampu membuktikan bahwa konsep yang di gunakan mampu mencapai solusi yang ditawarkan. Tapi meskipun begitu, judul seperti ini masuk dalam tipe penelitian kualitatif sehingga anda tidak perlu berhubungan dengan rumus-rumus kuantitatif yang rumit. 

Jikalau sobat ingin merubah judul tersebut menjadi lebih mudah. pada format diatas kata "meningkatkan" diganti dengan kata  "membangun."

soalnya untuk kata "meningkatkan" sobat harus mampu membuktikan bahwa ada peningkatan yang signifikan. jika tidak, maka bisa dibilang penelitian sobat gagal.

masih banyak contoh-contoh judul lainnya tetapi terlalu banyak jika penulis harus tulis di sini. Jika sobat butuh contoh aneka judul tersebut silahkan tulis alamat e-mail sobat di kolom komentar. Akan saya kirim melalui e-mail.

semoga bermanfaat ya.


Komentar

  1. iyanatulmasbakhah.1310110077@gmail.com

    BalasHapus
  2. Slamat malam om sy butuh judul biologi pendidikan....yang ptk ini email sy minta bantuan ka om....luizianothemadur@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar