Batu cincin biduri bulan

Batu biduri bulan terdiri dari potassium alumunium silicate, batu biduri bulan mempunyai nilai keras 6-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan tergolong pada batu mulia tanggung (half-edelsteen). Batu biduri bulan telah dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai perhiasan selama berabad-abad. Di India batu ini termasuk batu yang sakral. Batu biduri bulan amat indah, memberi kesan misterius dan mistik. Cahayanya yang dipancar seperti bulan purnama dan harganya sangat mahal.

batu biduri bulan


Warna batu biduri bulan bermacam-macam, ada yang putih, kuning, abu-abu, coklat, merah muda, jingga, hijau dan ada pula yang tidak berwarna. Berhati-hatilah membeli batu yang satu ini karena banyak yang palsu. Batu biduri bulan yang palsu dibuat oleh kulit kerang yang telah digosok halus. Adapun batu opal kelas rendah dan murah yang jernih biasanya juga di jual sebagai batu biduri bulan.

Keindahan pada batu ini dinilai oleh para ahli seni sebagai batu permata yang cantik dan ideal untuk perhiasan beraura feminim. di negara-negara Eropa batu ini sudah dikenal sejak abad ke-19 dan merupakan perhiasan populer pada periode Art Nouveau serta banyak menghiasi sejumlah besar hasil karya seni pada era-era di kala itu.


Orang-orang eropa kala itu menyakini batu biduri bulan sebagai batu kedamaian cinta dan bisa mengobati kesulitan tidur (insomnia) ada juga yang mengatakan sebagai ‘Batu Mimpi’ karena dipercaya mengenakan batu ini saat tidur akan selalu mengalami mimpi-mimpi yang indah. Struktur kimia pada batu biduri bulan terdiri dari potassium alumunium silicate dengan rumus kimia (Na, K) AlSi 3 O 8. 

Komentar