Sukses jualan burung kicau lewat media online

"Berawal dari hobi lantas berlanjut menjadi sebuah prestasi kemudian berkembang menjadi penghasilan." mungkin prinsip tersebut cukup sulit di kembangkan di dunia burung kicau. Bayangkan sob.....untuk satu jenis burung kicau yang sudah mapan saja, harganya tidak lah murah. Kita harus merogoh kantong ratusan bahkan hingga jutaan rupiah sebagai modal. Belum lagi biaya perawatan serta perlengkapan lainnya yang terbilang cukup banyak. Sehingga wajar bila banyak pecinta burung kicau memutuskan memelihara burung hanya sebatas klangenan di rumah. 

jual beli burung online

Tetapi meskipun demikian, bukan berarti prinsip tersebut sama sekali tidak bisa di raih. Selalu ada jalan keluar ketika rintangan menghadang. Bicara soal income dari dunia burung tentu erat kaitannya dengan kios burung. Seseorang yang melulu jualan lewat kios burung bertahun-tahun, lama kelamaan akan stagnan, bahkan perlahan tapi pasti omsetnya  semakin lama semakin menurun. terlebih lagi dengan era digital seperti sekarang ini. Segalanya serba praktis, serba online....so...kita juga harus ngikutin zaman. beberapa paparan berikut ini mungkin bisa menjadi tips bagi sobat-sobat semua yang berencana sukses dalam usaha jualan burung secara online.

Cara sukses jualan burung kicau lewat media online
1. Jualan burung melalui facebook
Lebarnya sayap facebook tak perlu kita ragukan lagi. Hampir sebagian besar manusia saat ini terlibat secara aktif melalui facebook. hal ini tentu membuka peluang besar bagi pemasaran burung kicau. yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memanfaat pasar tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal? jika anda berminat untuk jualan burung kicau melalui facebook, langkah pertama yang harus dilakukan adalah bergabung dengan group jual beli burung. Semakin banyak anda bergabung dengan group jual beli maka peluang tersebut semakin besar. Jika anda sudah bergabung, coba deh sobat perhatikan dan pelajari bagaimana mereka bertransaksi. Jikalau sobat sudah benar-benar paham aturan mainnya. sobat bisa coba-coba posting satu burung untuk di jual. siapa tahu langsung joss ada yang beli. 

2. Jualan burung melalui website jual beli barang bekas
kehandalan olx sebagai media jual beli online memang luar biasa. Ketika trend batu akik meledak di tahun 2014, transaksi jual beli yang terjadi melalui olx benar-benar mengejutkan. Hampir semua penghobi batu akik menggunakan olx. Bahkan olx yang terkenal karena rambahan pasar lokalnya, ketika itu transaksi bahkan merambah hingga skala nasional. yang namanya transaksi bahan batu antar provinsi hampir setiap hari terjadi. Nah.....hal ini ternyata tidak hanya terjadi pada batu akik saja, tetapi juga terjadi dengan burung kicau. meskipun lalu lintas transaksi jual beli tidak seramai batu akik. tetapi cukup bisa diandalkan sob.....bagi sobat-sobat yang ingin mencoba, sobat bisa langsung mengunjungi situs olx secara langsung dan membuat postingan penjualan burung kicau. 

3. Jualan burung melalui youtube
Berbeda dengan dua poin sebelumnya, pasar youtube lebih fokus pada burung-burung kelas yang sudah prestasi. Seperti burung murai batu, cucak rawa, kacer ataupun burung-burung impor yang punya nilai jual tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa youtube merupakan website berbasis video yang tentu saja mengedepankan performance. Jika sobat punya burung mahal dengan kemampuan yang lumayan bagus tapi bingung mau jual kemana. sobat bisa coba youtube, caranya adalah dengan membuat video burung yang akan dijual kemudian upload ke youtube. Pada bagian deskripsi, sobat bisa cantumkan keterangan burung yang akan dijual. 

4. Jualan burung melalui BBM
BBM ternyata tidak hanya berfungsi sebagai media sosial saja loh. Melalui BBM kita juga bisa melakukan transaksi jual beli. Tetapi khusus untuk BBM memang ada metode tertentu agar penjualan bisa terjadi. Sobat-sobat kudu paham beberapa tehnik pemasaran online, termasuk branding produk dan sedikit marketing online. Tetapi jika sobat bisa menguasainya, bukan tidak mungkin sobat bisa jadi the next succes bussinesman. Biasanya transaksi yang terjadi melalui BBM, penjualannya dalam partai besar. Terutama bagi para breader dan kios-kios burung antar provinsi.

Dari ke empat paparan diatas, anda bisa coba-coba ber eksperimen dengan salah satunya. Yang jelas jual beli secara online itu kunci utamanya adalah kepercayaan. Jangan sampai orang jadi kapok jual beli sama kita. soalnya, sekali saja orang black list kita maka semuanya akan semakin sulit. oke sob........good luck ya. semoga joss jualannya.






Komentar