Pleci Buxtoni

Nama pleci buxtoni tentu tak asing di telinga para pecinta pleci. Dari sekian banyak jenis pleci, jenis buxtoni termasuk yang paling banyak di pelihara oleh pleci mania. Pola rawatan yang tidak ribet, gaya bukpar nya oke serta volumenya yang lumayan pedes di telinga tentu menarik banyak pecinta pleci untuk tetap merawat burung kecil satu ini. Meskipun jenis auriventer dan dakun maput sedang naik daun tetapi tetap saja buxtoni lebih memasyarakat. 

pleci buxtoni


Ciri-ciri pleci buxtoni
1. ukuran tubuhnya terbilang paling kecil diantara jenis pleci lainnya
2. bulu dada berwarna abu-abu dengan garis kuning di tengah nya
3. warna retina mayoritas berwarna coklat meskipun kadang kala ditemukan buxtoni mata keruh/putih

Karakter suara pleci buxtoni
suara pleci buxtoni termasuk keras melengking, nada panggilnya biasanya cieew..cieeww dengan nada runcing melengking. Riwikan pleci buxtoni biasanya sangat variatif dan dalam kondisi buka paruh volumenya bisa dua kali lipat dari volume biasanya. ketika memasuki fase ngalas ngerol buka paruh sangat pedas di telinga. untuk memancing suara pleci buxtoni sobat bisa memutar suara pleci betina agar ngalas nya lebih cepat.
Perawatan pleci buxtoni
untuk perawatan pleci buxtoni sebenarnya sederhana, sama seperti perawatan pleci lainnya.
1. pagi hari pleci buxtoni di embunkan di depan rumah
2. ketika matahari muncul jemurlah pleci pada hangatnya matahari pagi
3. setelah itu mandikan pleci dengan spray halus, jika pleci sudah bisa mandi sendiri biarkan pleci mandi di cepuk minumnya sendiri.
4. jam 10.00 pagi angkat burung kemudian angin-anginkan di teras
5. setelah itu kerodong burung sambil di masteri suara burung. 
4. jam 04.00 sore jemur kembali burung pleci buxtoni dan biarkan mandi sendiri
5. jam 05.00 sore angin-anginkan burung kemudian kerodong kembali agar burung bisa istirahat

ini video pleci buxtoni ku sedang belajar bunyi


Pemberian extra fooding untuk pleci buxtoni
1. pemberian jangkrik/ulat hongkong/kroto/ulat kandang 
untuk extra fooding jenis serangga sebaiknya diberikan secara teratur dan terukur. jangan terlalu banyak juga jangan kekurangan. jika sobat tidak mau repot ya siapkan buah timun untuk menetralisir birahinya. so...sobat bisa memberikan ekstra fooding berlebih tetapi tetap bisa dinetralisir.

2. untuk pemberian buah, lakukan selang-seling seminggu 2-3 kali. buah apel biasa untuk mendongkrak birahi sedangkan buah timun untuk menetralisir birahi. untuk buah sobat bisa variasikan sendiri bisa buah pisang, pepaya, tomat, atau jenis yang lainnya.

Racikan pakan voer untuk buxtoni
merujuk dari berbagai sumber sebenarnya para pleci mania punya racikan voer sendiri-sendiri. hanya saja secara umum mayoritas pecinta pleci menambahkan susu bubuk ke dalam voer pakannya. hal ini dilakukan untuk menambah kadar vitamin dan protein pada pakannya. selain sudah terbukti aman, ternyata susu bubuk juga terbukti mampu menambah kinerja kicau pleci buxtoni. sobat bisa menambahkan 1-2 sendok susu bubuk untuk 1 kotak voer. 

untuk sobat-sobat pecinta pleci yang ingin berimprovisasi bisa juga menambahkan pakan ikan hias, kacang hijau, bubuk jahe, tepung jangkrik, tepung belalang, hemp seed atau pakan lainnya. yang jelas seni memelihara pleci memang terletak pada pola rawatan dan racikan pakannya. kita di tantang untuk berimprovisasi agar pleci kesayangan kita bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

semoga bermanfaat ya....salam ngalas ngerol.




Komentar