Koloni pleci, cara cepat buka paruh

Bagi para pecinta kicau, tentu burung pleci sudah tidak asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, trend memelihara pleci semakin di gandrungi oleh pecinta kicau. Bicara tentang pleci tentu harus bicara juga tentang proses buka paruh. Betapa tidak sob, beraneka eksperimen di lakukan untuk mendongkrak performa pleci sampai pada puncak performanya. Ada yang meracik minuman, setelan  harian, ataupun racikan pakan khusus nya. Dan justru disinilah asyik nya memelihara burung pleci. Sang juragan merasa tertantang untuk mencetak pleci-pleci berprestasi dengan gaya racikan atau pola rawatannya masing-masing.
koloni pleci lampung
sumber : group pleci mania lampung.
koloni pleci yang diadakan di bom kalianda

Pada postingan kali ini, penulis akan coba share tentang sistem koloni yang memang merupakan cikal bakal terbentuk nya pleci dengan karakter tahan banting. Mengapa demikian? Pleci prestasi yang pesat perkembangan nya, rata-rata memang pleci yang sering di koloni. 

Semakin sering di koloni maka akan semakin mapan. Melalui proses koloni, mental pleci akan semakin terasah. Disisi yang lain, proses koloni juga terbukti ampuh menambah variasi kicauan si pleci, ketika di koloni si pleci akan merekam kicauan pleci lainnya yang kemudian akan di jadikan variasi.
koloni pleci lampung
koloni sendiri
sumber gambar : group pleci mania lampung dari akun om meddy

Okelah langsung saja yuk kita coba koloni pleci dengan cara sebagai berikut.
1. Pleci di letakkan di bawah dipertemukan dengan pleci-pleci lainnya.
2. Dempetkan sangkar, sambil si pleci di beri makanan. Bisa berupa ulat hongkong, ulat kandang atau kroto kecil.
3. Biarkan pleci makan, mandi atau saling saut-sautan dalam beberapa menit.
4. Setelah beberapa menit, gantang pleci dengan jarak yang cukup. Hal ini kita lakukan untuk memancing pleci saling saut-sautan.
5. Beberapa pleci yang belum terbiasa, biasa nya hanya diam atau loncat-loncat saja. Tapi jangan khawatir sob, dalam beberapa kali koloni si pleci akan terbiasa dan pada akhirnya akan tampil maksimal.
6. Jika di kombinasi dengan racikan pakan dan pola rawatan yang pas, biasanya performa pleci akan meningkat pesat.

Untuk beberapa jenis seperti pleci jenis auriventer, para pleci mania biasanya tidak menerapkan sistem koloni. Tapi jika kita merujuk pada singapura, mereka tetap melakukan koloni untuk auriventer layaknya koloni buxtoni dan dakun. 



Komentar