Cara mendongkrak performa pleci

Kemampuan pleci untuk berkicau lantang tentu tak perlu kita ragukan lagi. Tetapi apa jadinya, jika pleci kesayangan kita tampil biasa saja di lapangan. Burung yang selama ini kita jagokan pada faktanya hanya burung biasa. berkicau kurang ngotot, volume rendah, bahkan hanya loncat-loncat. Ketika turun di lapangan ternyata jauh dari apa yang kita perkirakan. Belum lagi faktor penjurian yang terkadang masih belum memuaskan. wahhh pasti bikin gemes......


Dalam hal ini jelas bahwa kita butuh sesuatu untuk mendongkrak performa pleci kesayangan kita, baik itu hanya sebatas burung rumahan atau di atas gantangan. ada beberapa faktor yang biasanya mempengaruhi performance pleci untuk tampil maksimal. yuk ah kita bahas satu-persatu
1. Stamina
Berbeda dengan sistem penjurian burung kicau di luar negeri, dimana penjurian dilakukan dengan memantau burung satu demi satu. Di indonesia tidaklah demikian, burung kicau sesuai dengan jenis nya di gantang secara serentak di atas gantangan untuk di nilai berbarengan. secara otomatis Stamina burung merupakan merupakan faktor penting untuk bisa memenangkan arena perlombaan. Sehebat atau semerdu apapun burung sobat jika stamina nya rendah maka akan sulit untuk bisa masuk dalam daftar pemenang. sehingga tak salah bila banyak para pecinta pleci mania yang melakukan olah latih stamina bagi pleci kesayangan nya. seperti proses penjemuran, proses pengumbaran dan koloni rutin. 

2. Pola rawatan harian
Pola rawatan yang tepat sangat berpengaruh besar bagi performa pleci. seperti yang kita tahu bahwa masing-masing pleci memiliki karakternya masing-masing. ada yang suka di embun kan ada yang tidak, ada yang suka makan buah, ada juga yang hanya suka dengan extrafooding saja. dari sini jelas bahwa sebagai pecinta pleci, kita di tuntut untuk benar-benar memahami karakter pleci kesayangan kita. Pola rawatan yang tepat dan konsisten sangat penting sob, soal nya burung pleci yang rawatan nya berubah-ubah akan membuat pleci kesayangan kita menurun performa nya. 

3. Pola makan dengan racikan khusus
yang namanya makhluk hidup seluruh energinya bergantung pada makanannya. sama seperti pleci juga sob, berbeda makanan nya tentu berbeda pula energi yang di keluarkan. sehingga bukan rahasia umum lagi bahwa yang namanya pleman, pasti punya racikan khusus untuk pleci kesayangan nya. Bahkan hampir sebagian besar pecinta pleci melakukan trial and error untuk menciptakan racikan khusus untuk pleci kesayangan nya. dan ini berlaku bukan untuk indonesia saja sob, bahkan di luar negeri pun demikian. Sebut saja singapura yang lebih dulu trend dengan burung ini. konon katanya masing-masing pecinta pleci disana sangat menjaga rahasia racikan tersebut secara turun-temurun. 

4. Pola latihan
jam terbang tak pernah bisa di tampik sob, semakin sering di uji tanding maka pleci sobat akan semakin hebat. di singapura dan malaysia bahkan pleci sudah di turunkan di arena gantangan sejak masih muda. lagipula burung pleci berbeda dengan burung kicau lainnya sob, burung yang satu ini tidak mengenal istilah mental drop seperti murai batu ataupun burung kacer. so.....tidak menjadi masalah jika sobat ingin menurunkan pleci nya di arena meskipun burung tersebut masih sangat muda.

dibawah ini penulis siapkan suara koloni pleci untuk memancing pleci kesayangan sobat agar rajin berkicau.



semoga bermanfaat ya.




Komentar