Proker osis

Proker (program kerja) osis biasanya disusun oleh pengurus osis pada awal periode kepengurusan. seperti kita tahu bahwa proker adalah rangkaian seluruh rencana kegiatan yang akan dilaksanakan untuk satu periode kepengurusan. So....penting banget bagi pengurus osis yang baru untuk membuat proker osis yang benar-benar berkualitas. Hal ini dikarenakan, perkembangan osis ke depannya sangat bergantung pada suksesnya sebuah kegiatan. 

Terkait dengan hal tersebut sob.....kadang kala nieh, tidak semua anggota memahami proses pembuatan proker osis. Bahkan buruk nya lagi bila seluruh pengurus sama sekali tidak memiliki kemampuan dalam pembuatan proker. jika sudah demikian, maka bisa dipastikan jalan nya kegiatan osis akan tersendat-sendat. 

Harus nya sebelum tongkat estafet kepengurusan di serahkan, para kakak tingkat sebaiknya mengikut sertakan calon-calon pengurus, untuk terlibat aktif tidak hanya dalam kegiatan saja, tetapi juga dalam proses pembuatan proker. sehingga ketika terjadi pergantian kepengurusan osis. Pengurus-pengurus yang baru sudah memiliki pengetahuan dan ilmu yang mumpuni untuk melajutkan tongkat estafet.

Pada dasarnya Pembuatan format proker harus  menyertakan se-detil mungkin tentang kegiatan yang akan di rencanakan. Seperti jenis kegiatan, waktu, tema, tempat, pendanaan dan lain sebagainya. Beberapa sekolah bahkan memiliki format tersendiri yang memang dirancang khusus sesuai dengan keadaan sekolah. seperti contoh proker osis dibawah ini

Contoh proker osis
proker osis
Proker osis diatas dibuat berdasarkan bidang masing-masing pada pengurus osis. formatnya materi kegiatan, bentuk kegiatan, pelaksanaan, sasaran, dana, penanggung jawab, hambatan dan keterangan.
Beberapa sekolah ada juga yang menyatukan program kerja masing-masing bidang dalam satu format. sebagian yang lain ada yang membagi proker osis menjadi dua bagian yaitu proker jangka panjang dan proker jangka pendek. Apapun bentuk proker osisnya, sepanjang bisa menghadirkan informasi yang cukup tentang kegiatan yang direncanakan ya tidak masalah. 

Mekanisme pembuatan proker osis
proker osis sebaiknya dibuat berdasarkan kebutuhan organisasi, biasanya dibuat melalui rapat pengurus yang dimusyawarahkan secara bersama-sama. proker yang baru juga merujuk pada proker sebelumnya sebagai bahan pertimbangan. terutama dengan memaksimalkan kegiatan-kegiatan unggulan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terjadi pada kegiatan sebelumnya. lebih bagus lagi, jika menyertakan evaluasi kegiatan-kegiatan sebelumnya sebagai bahan referensi. 

Jadi yang namanya pembuatan proker itu bukan sembarangan asal tulis rencana saja. tetapi benar-benar berdasarkan berbagai pertimbangan yang matang dan dasar yang jelas. 

semoga bermanfaat ya.








Komentar