Rahasia Menampilkan pleci menjadi juara

Sudah  menjadi rahasia umum bahwa untuk menampilkan pleci menjadi juara tidaklah mudah. Semua trik sudah dicoba, semua setelan serta doping sudah digunakan, tapi hasilnya malah mengecewakan, padahal sang juragan tau persis kualitas burungnya, akhirnya datang rasa kesal dan kecewa sehingga malas menampilkan plecinya kembali di arena kontes, baik dimulai dari kelas latihan, lokal, regional bahkan nasional. lalu apa yang salah??..Ternyata teman-teman itu melupakan tahapan-tahapan yang harus dilalui dulu dalam menampilkan pleci di arena lomba, sangat tidak memungkinkan untuk menampilkan pleci yang baru kita beli, bahkan seorang pemain pleci pun perlu waktu untuk menampilkan jagoan yang baru saja dia take over dari tangan orang lain. Tahapan apa yang harus dilakukan ketika kita men take over jagoan baru?..

rahasia menampilkan pleci menjadi juara


Berikut ulasannya dengan catatan kandang, tangkringan tidak dirubah dari sebelumnya.  
1. Segera perbaiki pola makan dan staminanya dengan memberikan voer sebagai makanan untuk semua jenis zosterops (pleci) yang kandungan bahan-bahan nya akan memberikan dukungan yang penuh untuk meningkatkan stamina, semangat dan birahi dari pleci jagoan kita lebih baik dari sebelumnya. berikan Voer selama 3 hari tanpa memberikan buah, hanya Voer ,air dan EF seperti biasa.  

2. Buatlah koloni yang cocok dengan pleci kesayangan sobat. ketika jagoan baru kita sampai dirumah, koloni yang dirumah harus segera di sesuaikan, singkirkan dulu pemimpin koloni yang ada di rumah, lalu lihat apakah ada anggota koloni lain yang bersaing untuk mendapatkan posisi pemimpin koloni? sebisa mungkin segera lakukan penggantian anggota koloni sampai akhirnya kita yakin betul bahwa jagoan baru kita telah menjadi pemimpin koloni yang baru. Jumlah yang ideal adalah 4 ekor pleci jantan dengan jagoan kita termasuk didalamnya. Cara melihatnya adalah dengan melihat apakah pleci jantan dari koloni tersebut berani saling memanggil satu sama lain, apabila tidak saling dilihatkan,dan apabila si jagoan baru kita bersuara keras, maka anggota koloninya tidak berani bersuara keras lagi. hal ini penting untuk menjaga mentalnya. 

3. Segera cari betina yang cocok dengan jagoan baru kita. Betina yang cocok dengan jagoan kita adalah kunci utama dalam suatu transfomasi yang lazim disebut sebagai “karakter mood”. Sebagai burung yang hidup secara berkoloni, maka pleci bukanlah jenis burung yang merupakan tipikal burung fighter murni (seperti .Murai batu, kacer, ciblek) maka diperlukan suatu stimulant (ransangan) yang mampu mentransformasi (merubah) karakter pleci dari burung koloni menjadi berkarakter fighter. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, pertarungan diantara pejantan dalam koloni adalah untuk memperebutkan the alfa female (betina dominan), inilah yang kita gunakan sebagai dasar agar pleci kita bisa stabil dan tampil ngotot dalam setiap kontes yang diikutinya. 

Cara melihat betina yang cocok adalah jodoh dengan PC jagoan kita.
pleci pasangan tidak harus satu spesies. Caranya adalah dengan mendekatkan beberapa betina dengan PC kita, apabila didekatkan dan kemudian dijauhkan ada reaksi yang terlihat (gelisah/langsung ngalas nada call) itu biasanya 65% cocok, coba kemudian dijadikan satu dalam 1 kandang, apabila mereka saling mengrooming(ndisik) satu dengan yang lainnya maka itu mungkin sudah cocok. coba lagi pisahkan esok harinya, apabila si cowoknya gelisah dan memanggil-manggil ceweannya, maka bisa dipastikan 100% cocok. tinggal dipelihara dan dicari setelan moodnya yang pas.

ada yang 2 hari sekali dijadikan satu, ada yang H-2 saja dijadikan satu trus hari H nya dipisah dan ditrek dilapangan atau malah hanya dilapangannya saja baru ditemuin lagi (dtrek bareng). Inilah SETELAN YANG SESUNGGUH nya dari trik menampilkan pleci di arena kontes, perlu kejelian dari pemilik burung untuk menemukan “karakter mood” jagoannya. Ini harus dicoba berulang-ulang sampai dapat settingan nya, tidak perlu di bawa ke lapangan,cukup sambil dtrek sama –sama dengan punya teman, dari situ baru kita jadikan patokan apakah terbukti memang begitu ketika diaplikasikan ke lapangan kontes. 

4. Buatlah siklus rutin untuk mengulang (repetition) dari transformasi karakter mood tadi dengan menetapkan jadwal latihan atau lombanya, siklus ini mencakup kapan dipertemukan dengan ceweannya, kapan harus ditrek dengan jantan lain sebelum digantang, Ef yang bisa menambah durasi kerja pleci kita yang diaplikasikan hari/harinya. misalnya jadwal jemur pagi jam 6 samapai jam 9, ef UH 3 pagi dan sore, H-1 jadikan satu kandang dengan betinanya, hari H dipisahkan dilapangan, buah diganti papaya dan diberikan kroto, ditrek dengan jantan lain 1 sesi sebelum gantang.

Hal-hal seperti inilah yang sering menjadi dasar utama dari pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana menampilkan pleci di arena kontes. Padahal kemungkinannya luar biasa berbeda antara satu PC dan PC lainnya. hal ini semata-mata hanya untuk memoles kinerjanya saja, bukan cara untuk MENAMPILKANNYA, jangan salah presepsi, bahwa siklus ini HANYA bisa dilakukan apabila kita sudah memiliki dan melewati tahap 1 dan 2 diatas sebelumnya bukan dimulai dari bagian ini dulu. Ini lah persoalan yang sering melanda pemain pleci yang pada akhirnya menyerah karena memang salah dari awalnya. ini bagian yang sangat penting untuk dipahami. 

5.Setelah mendapatkan siklus yang rutin tadi, bisa dipastikan pleci anda akan senantiasa maksimal, tampil ngotot dan layak mendapatkan predikat sebagai juara. Demikian ulasan ini dibuat berdasarkan pengalaman Renan KM yang tealh mengorbitkan banyak pleci jawaranya seperti Borju, Marjinal, Baron, Jaro Selatan dan Hercules ke tangga juara latihan, lokal, regional bahkan nasional.

Komentar