Pendidikan anak usia dini | PENDIDIKAN

Pendidikan usia dini bagi dunia pendidikan bisa dibilang hal yang baru. Jika sebelumnya anak-anak usia 3-5 tahun di didik di rumah, kini tidak lagi. Pemerintah berusaha membangun pendidikan-pendidikan formal yang bisa memfasilitasi anak-anak usia dini untuk bisa mengenyam pendidikan dalam lembaga formal ataupun non formal. Sehingga tumbuhlah berbagai istilah-istilah baru seperti PAUD, playgroup, usia pra sekolah dan lain sebagai nya. yang menjadi pertanyaan adalah "sudahkan semua itu memberi kontribusi positif bagi bangsa ini" atau justru hanya menambah masalah baru bagi dunia pendidikan. 

Faktanya miskonsepsi terhadap hal tersebut masih sering terjadi, sebut saja lembaga PAUD yang mestinya menjadi suport pendidikan di rumah. kini seolah berubah menjadi tempat penitipan anak, Para orang tua beranggapan bisa menitipkan anak-anak mereka selagi mereka bekerja dan tak perlu lagi memberikan pendidikan dirumah karena mereka sudah mendapatkan pendidikan di PAUD. 

Disisi yang lain, lembaga-lembaga playgroup elite menekan habis-habisan para siswa nya dengan seabrek tugas-tugas berat demi mendongrak popularitas lembaga mereka. Walaupun orientasi tujuannya adalah "meningkatkan kualitas peserta didik" tapi rasanya tak layak jika harus dibebani dengan berbagai tugas berat. Sejatinya anak-anak usia dini merasakan belajar sambil bermain, bukan belajar sambil tertekan. 

Saya pribadi kadang-kadang bingung, Tugas anak-anak yang levelnya hanya Playgroup dan TK kok rasanya setara dengan level siswa SD dan SMP. Tugas-tugas dan PR-PR mereka begitu padat. Bukan kan ini sama saja memberi beban berat kepada anak usia dini.

dibawah ini sengaja saya kumpulka berbagai artikel yang terkait pendidikan usia dini. semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari itu semua.


Artikel Pendidikan



Skripsi

Jangan menggunakan Wikipedia sebagai referensi skripsi.

Dalam proses pembuatan skripsi, terutama kajian-kajian teori yang kita gunakan merupakan hal yang sangat penting. Dalam skripsi bahkan a...

Google+ Followers

PENDIDIKAN © 2014. All Rights Reserved.
Template SimpleCips By SEOCIPS.COM , Powered By Blogger