Friday, January 4, 2013

Metode Pembelajaran Resitasi

Metode pembelajaran Resitasi adalah suatu Metode mengajar dimana siswa membuat resume sendiri dengan kalimatnya sendiri. hal ini dikondisikan agar siswa memiliki pemahaman yang bersifat long term memory. tujuan utama dari metode ini , yaitu siswa mampu mencurahkan segala idenya melalui tulisannya sendiri berdasarkan pengetahuan dan pemahamannya yang didapat dari proses pembelajaran didalam kelas. 

metode pembelajaran resitasi


pada metode resitasi ini guru harus benar-benar memberi pemahaman yang jelas agar definisi asli atau pemahaman aslinya tidak berubah. terkadang guru harus mengontrol satu persatu resume siswa dengan seksama untuk mendapakan hasil yang maksimal. metode resitasi bisa dikombinasikan dengan metode graphic organizer untuk meminimalisir masalah tersebut.

kelebihan metode resitasi
1. pengetahuan yang anak didik peroleh dari hasil belajar sendiri akan dapat diingat lebih lama
2. anak didik berkesempatan memupuk perkembangan dan keberanian mengambil inisiatif, bertanggung jawab dan berdiri sendiri.
3. mengurangi sikap teks book. 
4. jika dikombinasikan dengan metode graphic organizer siswa dapat memahami materi secara utuh dan sistematis

kelemahan metode resitasi
1. terkadang anak didik melakukan penipuan karena peserta didik hanya meniru hasil pekerjaan temannya tanpa mau bersusah payah ,mengerjakan sendiri.
2. terkadang tugas dikerjakan oleh orang lain 
3. sukar memberikan tugas yang memenuhi perbedaan individual.

untuk meminimalisir kelemahan metode ini, siswa jangan meresume terlalu banyak. satu atau dua sub materi saja sudah cukup. selain mempermudah guru mengkoreksi resume tersebut hal ini juga penting untuk menjaga motivasi siswa dalam meresume. karena jika sudah terlalu banyak biasanya siswa akan merasakan kejenuhan dan sia-sialah metode ini.

terlepas dari berbagai hal yang telah disebutkan diatas pada dasarnya kunci utama dari setiap metode yang diterapkan didalam kelas adalah semangat mengajar karena proses pembelajaran yang hidup biasanya hanya dimiliki oleh para guru yang punya semangat mengajar.
semoga bermanfaat ya.
lihat juga artikel :
- Metode Pembelajaran tusuk sate





Posted by: agus diansyah pendidikan, Updated at: 4:18 AM

2 komentar:

  1. Kunjungan pagi
    Sangat insviratif dan Menarik untuk saya baca Terimakasi suda membaerikan informasi.
    Masuk balik blig saya juga .,

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Google+ Followers