Saturday, May 11, 2013

Cara membuat skripsi bab II


skripsi bab II merupakan bagian yang lebih dari cukup untuk membuat bagian kepala (otak) berputar-putar tak menentu. Kali ini Penulis mencoba share cara membuat skripsi bab II yang mungkin dapat mengurangi putaran otak anda. artikel ini di dedikasikan untuk rekan-rekan mahasiswa yang sedang menggarap skripsi.  Tanpa bermaksud lebih dari siapapun, semata-mata karena penulis tau rasa pahitnya menggarap skripsi. He he he ........alay.

Skripsi bab II adalah tinjauan pustaka dari penelitian yang akan kita buat. Singkatnya bab II berisi teori-teori yangg melatar belakangi seluruh kegiatan penelitian yang dilakukan. 

Langkah-langkah pembuatan skripsi  bab II
  1. Amati baik-baik judul skripsi  anda. Kemudian pecahkan menjadi beberapa bagian. Misalkan  judul anda "meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi perkembangbiakan mahluk hidup dengan tutor sebaya pada siswa SD". Judul tersebut jika kita pecah akan menjadi beberapa bagian yang kelak di bahas dalam Bab II   yaitu:
  • Pembelajaran IPA
  • Materi perkembangbiakan mahluk hidup
  • Tutor sebaya
  • Siswa sekolah dasar
Dari 4 poin diatas maka jadilah sebuah format untuk bab II seperti gambar dibawah ini.

cara membuat skripsi bab II





Jika kita cermati. Jelas bahwa format bab II merupakan hasil penjabaran dari poin-poin di judul skripsi . Hanya di tambah poin terakhir yaitu hipotesis tindakan.   Format diatas dapat anda kembangkan sesuai dengan penelitian anda.  Jadi deh. Format daftar isi untuk bab 2.
  1. Dari format bab II tersebut. anda sekarang sudah punya patokan dasar. Gunakan poin-poin tersebut untuk proses pencarian teori.
  2. Setelah anda mendapatkan banyak teori. Sekaranglah saatnya menyusun kata demi kata. Kalimat demi kalimat dan paragraf tentunya. Gunakan teori pengganti yang maknanya sama, Jika anda mentok  dalam mencari suatu teori.
  3. Jangan terpaku dengan buku, dalam mencari referensi. Gunakan fasilitas google book, blog-blog terkait atau artikel-artikel umum.
  4. Jika anda ingin lebih mudah dan cepat pada penggarapan skripsi bab II.  Pembuatan hipotesis sebaiknya dilakukan diawal. Kemudian buatlah sebuah kerangka pemikiran. Dan carilah teori nya berdasarkan garis kerangka pemikiran yang telah anda buat.

Kesalahan yang banyak terjadi pada penggarapan bab II.
  1. Kebanyakan mahasiswa tidak melakukan pemecahan judul untuk membuat format daftar isi. Tetapi malah menggunakan skripsi perpustakaan yang sudah jadi sebagai contoh. Alih-alih ingin cepat selesai    malah jadi terhambat karena bingung.
  2. Terpaku pada satu hal. Kemudian mandek. 
Ini juga merupakan kesalahan yang paling banyak dijumpai. Mandek karena bingung merangkai kata, mandek karena teori gak ketemu, mandek karena gak bisa membuat paragraf yang sinkron. Yang pada intinya adalah terpaku pada satu hal.  Padahal anda punya pembimbing skripsi. Tulis saja apa yang ada di otak anda kemudian print berikan ke orang lain atau ke dosen kesayangan anda. Minta pendapatnya kemudian serahkan ke dosen pembimbing.  Mengutip pepatah seorang teman "sebenarnya yang menjadi rahasia tuhan itu empat; jodoh, rejeki,maut. Yang ke empat bimbingan skripsi".  Keep moving guys.
  1. Tertekan.
Entah kenapa dalam posisi tertekan yang namanya manusia bakal ......blank, down, males, dan cupu dengan tatapan mata kosong. Nikmati dan jangan terburu-buru. Pembuatan skripsi gak mungkin Cuma dengan 1 X bimbingan, 1x revisi, atau 1x di semprot dosen.  Pembuatan skripsi itu bukan sulap.  Kita sedang belajar, wajar jika harus berulang-ulang direvisi.

Keep moving friends.


19 komentar:

  1. ia nih gan,, sy jg pusing
    sy dari teknik mesin, mngmbil judul skripi "PERANCANGAN MESIN PEMOTONG PIPA PVC KAPASITAS MAKSIMUM Ø 4” JENIS PORTABLE DENGAN PENGGERAK MOTOR LISTRIK", dan saat ini sy sdang mnggrap bab2, sy bingung mulainya harus darimana pd bab 2 ini, mhon pencerahannya ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di mulai dengan mengumpulkan teori yg terkait dengan rancangan pipa dari para ahli, teori tentang motor listrik dan teori tentang mesin pemotong tentunya.
      untuk formatnya sebaiknya anda mengambil rujukan skripsi dari perpustakaan yang se tipe dengan skripsi anda.
      kemudian mengisi format tersebut dengan berbagai teori yang telah anda kumpulkan.
      semoga membantu.

      Delete
  2. sangat membantu infonya gan ^_^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. sudah bersedia mampir. smoga berkesan

      Delete
  3. Sangat bermanfaat sekali mas Agus ^^
    Tetapi bisa tidak jika contohnya skripsi pendidikan bahasa inggris ??
    saya baru menginjak smster 5, dan sungguh amat sangat bingung dengan penyusunan bab bab ini .,. :(
    mohon bantuannya mas ,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah. akan saya posting secepatnya. tentang contoh skripsi pendidikan bahasa inggris.
      terima kasih sudah bersedia mampir

      Delete
  4. assalamualaikum gan..
    mau nanya nih..
    kalo judul : Analisis dan Perancangan Media Pemasaran Meubel Berbasis Website Pada Merdeka Furniture
    gimana cara mecahnya di bab 2? btw, ane jurusan TI
    terimakasih sebelumnya.. nice blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya. judul yg anda buat terlalu rumit untuk digarap. jika di amati. ada dua proses berat yg akan dilalui. yaitu analisis dan perancangan media. terlebih untuk jurusan TI. isi skripsi untuk jurusan TI lebih detil dibandingkan jurusan lainnya.
      sebaiknya judul yg anda pilih adalah judul yang ringan tapi berbobot nilai A.
      dari judul anda, jika kita telaah dan dipecah. sangatlah mudah dan teori yang diperlukan mudah dicari. tetapi pada proses Bab III anda akan menemui banyak kendala.terutama dalam proses analisis dan merancang media yang akan digunakan.
      terima kasih telah berkunjung. semoga membantu.

      Delete
  5. terima kasih mas kegalauan sya jdi berkurang mngerjakan bab 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ane.

      Delete
  6. Makasih tulisannya sangat bermanfaat.....utk bab selanjutnya apa ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bab 3,4 dan 5 sedang dipersiapkan.
      semoga membantu. terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  7. Mas, apakah kerangka teoritis ini harus mengutip pendapat para ahli dan juga harus berdasarkan karya ilmiah orang lain?.bagaimana dgn penelitian terdahulu?bisa anda jelaskan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendapat para ahli atau karya ilmiah orang lain yang kita gunakan. fungsi dasar nya adalah memperkuat konsep yang kita sampaikan. tentu saja dalam hal ini kita bisa menggunakan yang lainnya. seperti jurnal ilmiah, berita2 dalam media masa2. informasi dari internet atau yang sejenisnya.
      yang terpenting adalah kutipan tersebut dapat memperkuat konsep yang kita sampaikan. dan bukan justru sebaliknya.
      tentang penelitian terdahulu biasanya tergantung dari kebijakan masing2 universitas.
      penelitian terdahulu biasanya di buat menjadi sub bab khusus dalam skripsi yang disebut dengan penelitian yang relevan.
      fungsi nya adalah melihat relevansi penelitian yang sedang dilakukan dengan penelitian yang terdahulu.
      terima kasih sudah bersedia mampir. smoga bermanfaat

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Wahhh... Saya baru aja galau tentang skripsi.. Saya mau tanya nih mas. Kalau judul saya : "Penerapan Electronic Data Processing terhadap Pengawasan Stock PT. X"

    Itu bab 2 nya gimana ya mas? Trus Bab-bab selanjutnya gimana??? Saya bingung mesti mulai darimana... Mohon bantuannya ya Mas.. Terima kasih. :)

    ReplyDelete
  10. saya bingung mengerjakan bab 2 dengan judul "Perancangan dan implementasi cluster web server menggunakan metode Failover" mohon bantuannya mas makasi

    ReplyDelete