6 tips sukses jualan burung kicau melalui facebook

Jualan burung kicau kini tidak lagi melulu harus di kios burung. Terlebih lagi dengan perkembangan era digital seperti sekarang ini. Seseorang yang ingin membeli sesuatu, hanya perlu membuka ponsel dan terkoneksi dengan internet, langsung deh pantau-pantau dapet deh barang nya.

Begitu pula dengan transakasi jual beli burung kicau. Dari sekian banyak media online, salah satu media yang cukup ampuh untuk bisnis jual beli burung kicau adalah facebook.

Jaringan facebook yang luas serta menyentuh berbagai lapisan masyarakat membuat media ini benar-benar bisa diandalkan. 

cara jualan burung di facebook

Sayang nya hal ini belum bisa dimaksimalkan oleh para penggiat burung kicau. Bisa jadi karena keterbatasan pengetahuan, kurang nya informasi atau media ponsel yang belum mendukung. Padahal jika hal ini benar-benar bisa di fungsikan, para penggiat burung kicau pasti bisa meraih keuntungan yang sepadan.

Seorang teman bahkan tanpa kios burung bisa meraup ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam se bulan hanya bermodalkan ponsel dan media facebook. Padahal jika media ini benar-benar maksimal, maka harga jual burung kicau bisa kompetitif dan kejayaan burung kicau bisa terus meningkat.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba jualan burung kicau melalui facebook bisa mengikuti cara yang tertera di bawah ini.

1. Membuat akun facebook

Daftarkan diri sobat dengan mengisi seluruh form registrasi facebook yang tersedia. Cara nya adalah dengan masuk ke situs resmi facebook.com. Jika sobat sudah mempunyai akun facebook sobat bisa melewati step ini.

2. Bergabung dengan group jual beli lokal

Jika sobat sudah memiliki akun facebook langkah selanjutnya adalah bergabung dengan group jual beli lokal. Misalnya anda tinggal di daerah kalimantan, sobat cari aja group-group jual beli burung kicau khusus untuk daerah kalimantan.

Cobalah untuk bergabung dengan group jual beli sebanyak mungkin. Semakin banyak semakin bagus, lakukan interaksi sebaik mungkin, entah itu sekedar like atau berkomentar. Dalam dunia facebook ada istilah edge of facebook , istilah ini maksudnya semakin banyak anda berinteraksi maka semakin besar postingan sobat ditampilkan dalam facebook.

Kalo anda jarang berinteraksi ya facebook juga males menampilkan postingan jual sobat. hal ini dikarenakan facebook memprioritaskan yang aktif ketimbang yang pasif. Jangan lupa untuk melakukan pertemanan dengan sesama member group. 

3. Ikuti aturan group

Masing-masing group punya aturan main tersendiri. Cobalah untuk mempelajarinya dengan baik dan mematuhi aturan tersebut. Beberapa group mungkin memperbolehkan metode lelang, tapi group lainnya mungkin tidak.

Ada group yang harus menyertakan spec burung yang dijual secara lengkap, ada juga yang bebas. So....pastikan sobat mengikuti aturan main yang ada. 

4. Bersikap bijak dan hati-hati

Seperti yang kita tahu bahwa facebook merupakan media sosial, setiap individu berinteraksi tanpa bertatap muka. Itupun dengan orang yang beraneka ragam dari berbagai latar belakang yang berbeda pula.

Sehingga Kemungkinan terjadinya salah paham juga besar. Bahkan tak jarang karena salah omongan sedikit malah jadi bertengkar. Nah....disinilah perlunya bersikap bijak.

Sedangkan sikap hati-hati perlu juga kita tanamkan. Soalnya ini media online sob......jangan karena foto dan video nya bagus harganya juga murah, sobat langsung buru-buru bayar. Pantau dulu barangnya, ajak teman atau saudara.

Seandainya sreg baru deh dibayar. Hal ini berlaku juga untuk para penjual, sebisa mungkin tanamkan kepercayaan bahwa anda penjual yang baik, bila perlu kasih bonus dikit. entah itu cepuk makanan, tangkringan atau yang lainnya.

Dengan begitu kedepannya anda bisa terus laris manis. Gimana mau laris kalo jualannya pelit bener, tangkringan bekas aja pelitnya minta ampun. ha...ha...ha...ha.....ha...ha...ha. bahkan ada nieh sob, yang paling sering kita jumpai. ada penjual yang redaksi jual nya begini "dijual burung kacer gacor, gak usah banyak tanya, yang gak serius jauh-jauh, harga 1juta." 

ini kan lucu.....orang jualan kok gak boleh ditanya. Bahkan kesannya marah-marah jualannya.

Alhasil 

ya gak laku sob, boro-boro laku, di komen atau like aja kosong molompong. wkekekkekeke. padahal kadang kala justru berawal dari tanya-tanya itulah terjadinya transaksi jual beli. Kadang-kadang juga kita posting burung kacer, karena tanya-tanya malah jadi ngobrol murai batu, akhirnya malah jadi beli kacer sama murai batu.

Nah ini nieh sob manfaatnya jadi penjual yang ramah. 

5. Membangun branding

Bicara branding ini sebenarnya cakupannya luas banget. cuma yang jelas kunci nya adalah menjadi penjual sebaik mungkin, dan tanamkan kepercayaan pada pembeli anda.

Jangan lupa untuk terus memperluas jaringan anda, caranya bisa dengan menambah pertemanan, sekadar memberikan komentar positif atau hanya sekedar berbagi ilmu. 

6. Gaya SPG

Pernah lihat gaya SPG ponsel di mall-mall? disaat transaksi ponsel sudah deal biasanya si SPG nawarin memori, nawarin sarung ponsel lah, nawarin aksesoris, powerbank atau apadeh pokoknya si SPG nawarin aneka barang lainnya dengan harapan transaksi untuk jenis item barang lainnya bisa terjadi.

Nah trik ini ternyata ampuh banget sob, ketika deal transaksi jual burung kicau, kita juga bisa tuh nawarin barang lainnya seperti kandang, cepuk makanan, ataupun voer untuk si pembeli. 

Akhir kata semoga apa yang kita lakukan bisa menjadi berkah tersendiri, salam sukses selalu. semoga bermanfaat ya.....

baca juga tentang : Sukses jual burung lewat media online

Jaya selalu pecinta kicau

Komentar