Guru Sebagai Fasilitator

FASILITATOR merupakan orang yang bertugas untuk memfasilitasi, jika kita menghubungkannya dengan peran seseorang, maka tugas kita adalah memfasilitasi kepentingan orang tersebut.


demikian halnya dengan pendidikan, guru dituntut sebagai fasilitator. artinya, guru bertindak sebagai seorang yang memfasilitasi kepentingan siswa sehingga apa yang di inginkan tercapai. guru harus dapat mengajak, merangsang, dan memberikan stimulus kepada siswa agar mampu mengoptimalkan kecerdasannya dan kecakapannya secara bebas, tetapi tetap bertanggung jawab.
fasilitator

sebagai fasilitator, guru merupakan agen pengetahuan (bukan pemilik pengetahuan). ia memastikan siswa memperoleh cukup informasi dan pengetahuan, baik melalui penjelasan atau kegiatan yang dirancangnya maupun melalui sources yang ia rekomendasikan. guru sebagai fasilitator berarti guru merancang situasi sehingga siswa berperan dalam mengarahkan pembelajaran, dan guru membantu siswa menemukan pengetahuan. karena siswa belum terbiasa dengan ide "menemukan pengetahuan" tentu pada awalnya mereka akan mengalami kesulitan. guru perlu hadir disana, memberikan bimbingan dan suport sehingga siswa mau mengeluarkan seluruh potensinya untuk menemukan cara meraih pengetahuan. Butuh waktu tambahan pada mulanya, tetapi sekali siswa tahu cara menemukan pengetahuan, mereka akan berkembang sangat pesat untuk meraih pengetahuan lainnya. 

Hal ini tentu berbeda jika siswa terus disuapi setiap hari coba menjejali dengan informasi yang disampaikan guru, coba mengingatnya, mengeluarkannya pada saat ujian dan melupakannya setelahnya.

Komentar